09 April 2011

Fisika SMA XII RPP3



FISIKA XII RPP 3

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Sekolah             : SMA
Kelas / Semester           : XII (Dua belas) / Semester I
Mata Pelajaran            : FISIKA

Standar Kompetensi
            1.   Menerapkan konsep dan prinsip gejala gelombang dalam menyelesaikan masalah.

        Kompetensi Dasar
                         1.3  Menerapkan konsep dan prinsip gelombang bunyi dan cahaya dalam teknologi.

Indikator
1.      Menerapkan konsep dan prinsip gelombang bunyi dalam teknologi.
2.      Menerapkan konsep dan prinsip gelombang cahaya dalam teknologi.

A. Tujuan Pembelajaran
         Peserta didik dapat:
1.      Memberikan contoh penerapan konsep gelombang bunyi dalam kehidupan sehari-hari.
2.      Menjelaskan prinsip kerja dari teknologi yang didasarkan pada konsep gelombang bunyi.
3.      Memberikan contoh penerapan konsep gelombang elektromagnetik dalam kehidupan sehari-hari.
4.      Menjelaskan prinsip kerja dari teknologi yang didasarkan pada konsep gelombang cahaya.

B. Materi Pembelajaran
         Gelombang Bunyi dan Gejala Gelombang Elektromagnetik

C. Metode Pembelajaran
1.      Model  :  -  Direct Instruction (DI)
                                  -  Cooperative Learning
              2.  Metode  : -  Diskusi kelompok
                       -  Observasi
   -  Ceramah

D. Langkah-langkah Kegiatan

                                                             PERTEMUAN PERTAMA

a. Kegiatan Pendahuluan
l  Motivasi dan Apersepsi:
-      Sebutkan manfaat gelombang ultrasonik bagi kehidupan manusia.
l  Prasyarat pengetahuan:
-      Bagaimana sifat gelombang ultrasonik ketika berpindah dari satu medium ke medium lain?

b. Kegiatan Inti
l  Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok, masing-masing kelompok terdiri dari 4-5 siswa laki-laki dan perempuan yang berbeda kemampuannya.
l  Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan contoh penerapan gelombang bunyi dalam kehidupan sehari-hari.
l  Guru membagi tugas kelompok.
l  Masing-masing kelompok mendapatkan tugas untuk menjelaskan prinsip kerja dari teknologi yang didasarkan pada konsep gelombang bunyi.
l  Tugas kelompok diberikan 1 minggu sebelum proses pembelajaran dilaksanakan.
l  Setiap kelompok diminta melaporkan hasil pengamatannya dalam bentuk karya tulis.
l  Setiap kelompok diminta untuk mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelompok yang lain.
l  Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.

c. Kegiatan Penutup
l  Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
l  Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
l  Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.


PERTEMUAN KEDUA

  a. Kegiatan Pendahuluan
l  Motivasi dan Apersepsi:
   -   Mengulang materi yang telah disampaikan pada pertemuan sebelumnya.
l  Prasyarat pengetahuan:
     -   Mempersiapkan materi yang belum dipresentasikan.

  b. Kegiatan Inti
l  Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
l  Peserta didik dalam setiap kelompok memperhatikan presentasi kelompok lain yang belum maju pada pertemuan sebelumnya.
l  Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk memberikan pertanyan kepada kelompok yang presentasi.
l  Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.

         c. Kegiatan Penutup
l  Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
l  Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
l  Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.



PERTEMUAN KETIGA

a. Kegiatan Pendahuluan
l  Motivasi dan Apersepsi:
-      Apakah manfaat film polaroid?
l  Prasyarat pengetahuan:
-      Bagaimana prinsip kerja film polaroid?

b. Kegiatan Inti
l  Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok, masing-masing kelompok terdiri dari 4-5 siswa laki-laki dan perempuan yang berbeda kemampuannya.
l  Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan contoh penerapan konsep  gelombang elektromagnetik dalam kehidupan sehari-hari.
l  Guru membagi tugas kelompok:
-       2 kelompok diberi tugas untuk menjelaskan fungsi dan prinsip kerja CD.
-       2 kelompok diberi tugas untuk menjelaskan fungsi dan prinsip kerja OHP.
-       2 kelompok diberi tugas untuk menjelaskan fungsi dan prinsip kerja mesin fotokopi.
-       2 kelompok diberi tugas untuk menjelaskan fungsi dan prinsip kerja scanner.
-       2 kelompok diberi tugas untuk menjelaskan fungsi dan prinsip kerja printer.
l  Tugas kelompok diberikan 1 minggu sebelum proses pembelajaran dilaksanakan.
l  Setiap kelompok diminta melaporkan hasil pengamatannya dalam bentuk karya tulis.
l  Setiap kelompok diminta untuk mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelompok yang lain.
l  Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.

c. Kegiatan Penutup
l  Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
l  Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
l  Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.


PERTEMUAN KEEMPAT

  a. Kegiatan Pendahuluan
l  Motivasi dan Apersepsi:
   -   Mengulang materi yang telah disampaikan pada pertemuan sebelumnya.
l  Prasyarat pengetahuan:
     -   Mempersiapkan materi yang belum dipresentasikan.
  b. Kegiatan Inti
l  Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
l  Peserta didik dalam setiap kelompok memperhatikan presentasi kelompok lain yang belum maju pada pertemuan sebelumnya.
l  Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk memberikan pertanyan kepada kelompok yang presentasi.
l  Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.

         c. Kegiatan Penutup
l  Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
l  Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
l  Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.

E. Sumber Belajar
  a. Buku Fisika SMA dan MA Jl. 3A (Esis) halaman 45-80
  b. Buku referensi yang relevan
  c. Lingkungan

F. Penilaian Hasil Belajar
        a. Teknik Penilaian:
-      Tes tertulis
-      Penugasan
        b. Bentuk Instrumen:
-      Tes PG
-      Tes uraian
-      Tugas rumah
       c. Contoh Instrumen:
-      Contoh tes PG
Warna biru di langit terjadi karena cahaya matahari mengalami ....
 A. difraksi                                          D dispersi
 B. refraksi                                           E. polarisasi
 C. interferensi
-      Contoh tes uraian
Suatu bunyi ultrasonik dengan frekuensi 2,5 Mhz dikirim ke darah dalam pembuluh darah. Darah tersebut bergerak mendekati sumber ultrasonik dengan laju 20 cm/s.
a. Berapakah frekuensi ultrasonik yang diterima oleh darah?
b. Berapakah frekuensi yang diterima sumber?
-      Contoh tugas rumah
Buatlah artikel tentang pemanfaatan gelombang elektromagnetik pada produk teknologi dalam keseharian.

                                  ...............,...................
Mengetahui
Kepala SMA                                                                           Guru Mata Pelajaran



.........................                                                                       ..............................
NIP.                                                                                        NIP.

No comments: