09 April 2011

Fisika SMA XI RPP4




FISIKA XI RPP 4

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Sekolah             : SMA
Kelas / Semester           : XI (Sebelas) / Semester I
Mata Pelajaran            : FISIKA

Standar Kompetensi
              1.    Menganalisis gejala alam dan keteraturannya dalam cakupan mekanika benda titik.

Kompetensi Dasar
             1.4.  Menganalisis hubungan antara gaya dengan gerak getaran. 

Indikator
1.      Mendeskripsikan karakteristik gerak pada getaran pegas.
2.      Menjelaskan hubungan antara periode getaran dengan massa beban berdasarkan data pengamatan.
3.      Menganalisis gaya simpangan, kecepatan, dan percepatan pada gerak getaran.

A. Tujuan Pembelajaran
         Peserta didik dapat:
1.      Menjelaskan pengertian osilasi (getaran).
2.      Menjelaskan pengertian periode.
3.      Menjelaskan pengertian amplitudo.
4.      Menjelaskan pengertian frekuensi.
5.      Menjelaskan pengertian frekuensi sudut.
6.      Menjelaskan osilasi pegas pada bidang datar.
7.      Menjelaskan hubungan antara periode getaran dengan massa beban.
8.      Menganalisis simpangan benda yang berosilasi.
9.      Menganalisis kecepatan benda yang berosilasi.
10.  Menganalisis percepatan benda yang berosilasi.
11.  Menghitung simpangan, kecepatan, dan percepatan pada benda yang berosilasi.
12.  Menyebutkan syarat perubahan panjang pegas yang digantungi beban.

B. Materi Pembelajaran
          Gaya Pegas

C. Metode Pembelajaran1
             1.  Model   :  -  Direct Instruction (DI)
                                   -  Cooperative Learning
             2.  Metode :  -  Diskusi kelompok
                                   -  Eksperimen
                                   -  Observasi
                         -  Ceramah





D. Langkah-langkah Kegiatan                                                         

PERTEMUAN PERTAMA

a. Kegiatan Pendahuluan
l  Motivasi dan Apersepsi:
      -   Bagaimana syarat benda dikatakan berosilasi (bergetar)?
l  Prasyarat pengetahuan:
      -   Apakah yang dimaksud dengan osilasi (getaran)?
l  Pra eksperimen:
                              -   Berhati-hatilah menggunakan pegas.

b. Kegiatan Inti
l  Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
l  Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian osilasi (getaran).
l  Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk mengambil pegas, statip, dan beban.
l  Guru mempresentasikan langkah kerja untuk melakukan eksperimen
mengetahui osilasi pada pegas.
l  Peserta didik dalam setiap kelompok melakukan eksperimen sesuai dengan langkah kerja yang telah dijelaskan oleh guru.
l  Guru memeriksa eksperimen yang dilakukan peserta didik apakah sudah dilakukan dengan benar atau belum. Jika masih ada peserta didik atau kelompok yang belum dapat melakukannya dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.
l  Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan besaran-besaran dalam gerak getaran pegas.
l  Peserta didik dalam setiap kelompok mendiskusikan pengertian periode, amplitudo, frekuensi, dan frekuensi sudut.
l  Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal.
l  Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.

         c. Kegiatan Penutup
l  Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
l  Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
l  Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.


PERTEMUAN KEDUA

a. Kegiatan Pendahuluan
l  Motivasi dan Apersepsi:
      -   Bagaimana syarat terjadinya osilasi pegas pada bidang datar?
l  Prasyarat pengetahuan:
      -   Apakah yang dimaksud dengan posisi setimbang?
l  Pra eksperimen:
                              -   Berhati-hatilah menggunakan pegas.
b. Kegiatan Inti
l  Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
l  Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk mengambil pegas, statip, dan beban.
l  Guru mempresentasikan langkah kerja untuk melakukan eksperimen
mengetahui osilasi pegas pada bidang datar.
l  Peserta didik dalam setiap kelompok melakukan eksperimen sesuai dengan langkah kerja yang telah dijelaskan oleh guru.
l  Guru memeriksa eksperimen yang dilakukan peserta didik apakah sudah dilakukan dengan benar atau belum. Jika masih ada peserta didik atau kelompok yang belum dapat melakukannya dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.
l  Peserta didik memperhatikan penjelasan guru untuk mendapatkan persamaan frekuensi osilasi benda (frekuensi sudut).
l  Peserta didik memperhatikan rumusan untuk menentukan hubungan antara periode getaran dengan massa beban yang disampaikan oleh guru.
l  Peserta didik memperhatikan contoh soal menentukan hubungan antara periode getaran dengan massa beban yang disampaikan oleh guru.
l  Guru memberikan beberapa soal menentukan hubungan antara periode getaran dengan massa beban untuk dikerjakan oleh peserta didik.
l  Guru mengoreksi jawaban peserta didik apakah sudah benar atau belum. Jika masih terdapat peserta didik yang belum dapat menjawab dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.

         c. Kegiatan Penutup
l  Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
l  Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
l  Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.

PERTEMUAN KETIGA

  a. Kegiatan Pendahuluan
l  Motivasi dan Apersepsi:
      -    Bagaimana mendapatkan persamaan kecepatan osilasi benda?
l  Prasyarat pengetahuan:
      -    Bagaimana mendapatkan persamaan simpangan osilasi benda?
           
  b. Kegiatan Inti
l  Peserta didik memperhatikan rumusan untuk mendapatkan persamaan simpangan osilasi benda yang disampaikan oleh guru.
l  Guru menjelaskan rumusan untuk mendapatkan persamaan kecepatan osilasi benda.
l  Peserta didik memperhatikan contoh soal menentukan simpangan dan kecepatan osilasi benda yang disampaikan oleh guru.
l  Guru memberikan beberapa soal menentukan simpangan dan kecepatan osilasi benda untuk dikerjakan oleh peserta didik.
l  Guru mengoreksi jawaban peserta didik apakah sudah benar atau belum. Jika masih terdapat peserta didik yang belum dapat menjawab dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.
l  Peserta didik memperhatikan rumusan untuk mendapatkan persamaan percepatan osilasi benda yang disampaikan oleh guru.
l  Peserta didik memperhatikan contoh soal menentukan percepatan osilasi benda yang disampaikan oleh guru.
l  Guru memberikan beberapa soal menentukan percepatan osilasi benda untuk dikerjakan oleh peserta didik.
l  Guru mengoreksi jawaban peserta didik apakah sudah benar atau belum. Jika masih terdapat peserta didik yang belum dapat menjawab dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.

   c. Kegiatan Penutup
l  Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
l  Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
l  Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.


PERTEMUAN KEEMPAT

   a. Kegiatan Pendahuluan
l  Motivasi dan Apersepsi:
      -    Apa yang terjadi jika sebuah pegas digantungi beban?
l  Prasyarat pengetahuan:
      -    Apakah syarat terjadinya perubahan panjang pada pegas yang         digantungi beban?

  b. Kegiatan Inti
l  Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
l  Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk mengambil pegas, statip, dan beban.
l  Guru mempresentasikan langkah kerja untuk melakukan eksperimen
mengetahui pengaruh beban yang digantung pada pegas.
l  Peserta didik dalam setiap kelompok melakukan eksperimen sesuai dengan langkah kerja yang telah dijelaskan oleh guru.
l  Guru memeriksa eksperimen yang dilakukan peserta didik apakah sudah dilakukan dengan benar atau belum. Jika masih ada peserta didik atau kelompok yang belum dapat melakukannya dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.
l  Peserta didik memperhatikan contoh soal menentukan periode osilasi, panjang maksimum, dan panjang minimum pegas saat berisolasi yang disampaikan oleh guru.
l  Guru memberikan beberapa soal menentukan periode osilasi, panjang maksimum, dan panjang minimum pegas saat berisolasi untuk dikerjakan oleh peserta didik.
l  Guru mengoreksi jawaban peserta didik apakah sudah benar atau belum. Jika masih terdapat peserta didik yang belum dapat menjawab dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.



   c. Kegiatan Penutup
l  Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
l  Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
l  Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.

E. Sumber Belajar
  a. Buku Fisika SMA dan MA Jl. 2A (Esis) halaman 107-112
  b. Buku referensi yang relevan
  c. Alat dan bahan praktikum

F. Penilaian Hasil Belajar
        a. Teknik Penilaian:
-      Tes tertulis
-      Tes unjuk kerja
        b. Bentuk Instrumen:
-      PG
-      Uraian
-      Uji petik kerja produk
        c. Contoh Instrumen:
-      Contoh tes PG
Sebuah pegas yang digantungi beban mengalami osilasi dengan
periode 0,2 s. Jika konstanta pegas 1000 N/m, maka massa beban adalah ....
  A. 25.000 kg                                    D. 200 g
  B. 200 kg                                          E. 100 g
      C. 100 kg
-      Contoh tes uraian
Sebuah pegas memiliki konstanta 1.000 N/m. Pegas berada di atas lantai datar yang licin di mana salah satu ujung pegas diikatkan pada tempat yang tetap, sedangkan ujung lainnya ditambatkan benda bermassa 0,5 kg. Benda disimpangkan sejauh 10 cm dari posisi setimbang. Tentukan: a) frekuensi osilasi benda, b) simpangan sebagai fungsi waktu, c) kecepatan sebagai fungsi waktu, dan d) percepatan sebagai fungsi waktu.

                                  ...............,...................
Mengetahui
Kepala SMA                                                                           Guru Mata Pelajaran



.........................                                                                       ..............................
NIP.                                                                                        NIP.

No comments: