Google Web Search Gadget

There was an error in this gadget

09 April 2011

Fisika SMA X RPP11




FISIKA X RPP 11

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Sekolah             : SMA
Kelas / Semester           : X (sepuluh) / Semester II
Mata Pelajaran            : FISIKA


Standar Kompetensi
                 5.   Menerapkan konsep kelistrikan dalam berbagai penyelesaian masalah dan                berbagai produk teknologi.

Kompetensi Dasar
                5.1  Memformulasikan besaran-besaran listrik rangkaian tertutup sederhana
                        (satu loop).

Indikator
l  Memformulasikan besaran kuat arus dalam rangkaian tertutup sederhana.
l  Memformulasikan besaran hambatan dalam rangkaian seri dan pararel.
l  Memformulasikan besaran tegangan dalam rangkaian tertutup sederhana dengan menggunakan hukum II Kirchhoff.

A. Tujuan Pembelajaran
         Peserta didik dapat:
l  Menjelaskan pengertian kuat arus listrik.
l  Menyebutkan hukum Ohm.
l  Menyebutkan hukum I Kirchoff.
l  Menjelaskan aplikasi hukum I Kirchoff.
l  Menjelaskan pengertian sumber potensial listrik atau gaya gerak listrik (ggl).
l  Menyebutkan contoh sumber potensial listrik.
l  Membedakan bahan konduktor dan bahan isolator.
l  Menjelaskan faktor yang mempengaruhi hambatan listrik.
l  Membuat termometer suhu tinggi sederhana.
l  Menjelaskan pengertian resistor.
l  Menentukan nilai hambatan pada resistor.
l  Menjelaskan pengertian potensiometer.
l  Membedakan susunan hambatan listrik secara seri dan secara pararel.
l  Menentukan nilai hambatan total yang disusun secara campuran (seri dan pararel).
l  Menentukan nilai arus pada rangkaian yang memiliki beberapa hambatan dan sumber tegangan.
l  Menjelaskan pengertian hambatan dalam.
l  Menyebutkan hukum II Kirchoff.
l  Menjelaskan aplikasi hukum II Kirchoff.
l  Mempelajari hukum I dan hukum II Kirchoff.

B. Materi Pembelajaran
            Arus Listrik dan Hambatan Listrik

C. Metode Pembelajaran
             1.  Model   : -  Direct Instruction (DI)
                                  -  Cooperative Learning
             2.   Metode : -  Diskusi kelompok
                                   -  Eksperimen
  -  Observasi
-  Ceramah

D. Langkah-langkah Kegiatan

PERTEMUAN PERTAMA

            a. Kegiatan Pendahuluan
l  Motivasi dan Apersepsi:
Apakah jumlah arus masuk ke percabangan sama dengan jumlah arus keluar dari percabangan?
Faktor apakah yang mempengaruhi hambatan listrik?
l  Prasyarat pengetahuan:
l  Apakah yang dimaksud dengan kuat arus listrik?
l  Apakah yang dimaksud dengan resistivitas hambatan?
l  Pra eksperimen:
      -   Berhati-hatilah menggunakan peralatan laboratorium.
     
            b. Kegiatan Inti
l  Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
l  Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian kuat arus listrik.
l  Perwakilan peserta didik diminta untuk menyebutkan hukum Ohm.
l  Perwakilan peserta didik diminta untuk menyebutkan hukum I Kirchoff.
l  Peserta didik memperhatikan penjelasan guru mengenai penerapan hukum I Kirchoff untuk menyelesaikan soal analisis dan soal hitungan.
l  Peserta didik memperhatikan contoh soal mengenai penerapan hukum I Kirchoff yang disampaikan oleh guru.
l  Guru memberikan beberapa soal mengenai penerapan hukum I Kirchoff untuk dikerjakan oleh peserta didik.
l  Guru mengoreksi jawaban peserta didik apakah sudah benar atau belum. Jika masih terdapat peserta didik yang belum dapat menjawab dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.
l  Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian sumber potensial listrik atau gaya gerak listrik (ggl).
l  Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk menyebutkan contoh sumber potensial listrik atau ggl (gaya gerak listrik).
l  Peserta didik dalam setiap kelompok mendiskusikan perbedaan bahan konduktor dan bahan isolator.
l  Peserta didik mendiskusikan dengan kelompoknya mengenai faktor yang mempengaruhi hambatan listrik.
l  Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal.
l  Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.

l  Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk mengambil bohlam lampu pijar, dua buah baterai masing-masing1,5 V, potensiometer 1 kΩ, dan multimeter.
l  Guru mempresentasikan langkah kerja untuk membuat termometer suhu tinggi sederhana dengan memanfaatkan pengaruh perubahan suhu terhadap resistivitas kawat konduktor (Kegiatan 11.1 halaman 126).
l  Peserta didik dalam setiap kelompok melakukan eksperimen sesuai dengan langkah kerja yang telah dijelaskan oleh guru.
l  Guru memeriksa eksperimen yang dilakukan peserta didik apakah sudah dilakukan dengan benar atau belum. Jika masih ada peserta didik atau kelompok yang belum dapat melakukannya dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.

            c. Kegiatan Penutup
l  Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
l  Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
l  Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.


PERTEMUAN KEDUA

            a. Kegiatan Pendahuluan
l  Motivasi dan Apersepsi:
l  Bagaimana menentukan nilai hambatan listrik dari sebuah resistor?
l  Bagaimana menentukan hambatan pengganti untuk hambatan yang disusun secara pararel?
l  Prasyarat pengetahuan:
l  Apakah yang dimaksud dengan resistor?
l  Apakah kelebihan rangkaian yang hambatannya disusun secara pararel?
        
            b. Kegiatan Inti
l  Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
l  Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian resistor.
l  Peserta didik memperhatikan penjelasan guru menentukan nilai hambatan listrik dari sebuah resisitor.
l  Peserta didik memperhatikan contoh soal menentukan nilai hambatan listrik dari sebuah resistor yang disampaikan oleh guru.
l  Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian potensiometer.
l  Peserta didik dalam setiap kelompok mendiskusikan perbedaan susunan hambatan seri dan pararel.
l  Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal.
l  Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
l  Peserta didik memperhatikan contoh soal menentukan hambatan total yang disusun secara campuran (seri dan pararel) yang disampaikan oleh guru.
l  Peserta didik memperhatikan penjelasan guru menentukan nilai arus pada rangkaian yang memiliki beberapa hambatan dan sumber tegangan.
l  Peserta didik memperhatikan contoh soal menentukan nilai arus pada rangkaian yang memiliki beberapa hambatan dan sumber tegangan yang disampaikan oleh guru.
l  Guru memberikan beberapa soal menentukan nilai arus pada rangkaian yang memiliki beberapa hambatan dan sumber tegangan untuk dikerjakan oleh peserta didik.
·         Guru mengoreksi jawaban peserta didik apakah sudah benar atau belum. Jika masih terdapat peserta didik yang belum dapat menjawab dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.

            c. Kegiatan Penutup
·         Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
l  Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
l  Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.


PERTEMUAN KETIGA

            a. Kegiatan Pendahuluan
·       Motivasi dan Apersepsi:
-      Apakah syarat sebuah sumber tegangan dikatakan ideal?
-      Bagaimana menentukan arus listrik yang mengalir pada sumber tegangan yang memiliki hambatan dalam?
·       Prasyarat pengetahuan:
-      Apakah yang dimaksud dengan sumber tegangan yang ideal?
-      Apakah yang dimaksud dengan hambatan dalam?
·         Pra eksperimen:
      -   Berhati-hatilah menggunakan peralatan laboratorium.

            b. Kegiatan Inti
·         Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
·         Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian hambatan dalam.
·         Perwakilan peserta didik diminta untuk menyebutkan hukum II Kirchoff.
·         Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk mengambil papan rangkaian, hambatan R1 = 20 Ω, R2 = 40 Ω, R3 = 60 Ω, R4 = 80 Ω, R5 = 100 Ω, multimeter, sumber GGL 9 V dan 18 V.
·         Guru mempresentasikan langkah kerja untuk mempelajari hukum I dan
hukum II Kirchoff (Kegiatan 11.3 halaman 150-151).
l  Peserta didik dalam setiap kelompok melakukan eksperimen sesuai dengan langkah kerja yang telah dijelaskan oleh guru.
l  Guru memeriksa eksperimen yang dilakukan peserta didik apakah sudah dilakukan dengan benar atau belum. Jika masih ada peserta didik atau kelompok yang belum dapat melakukannya dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.
l  Peserta didik memperhatikan penjelasan guru mengenai penerapan hukum II Kirchoff untuk menyelesaikan soal analisis dan soal hitungan.
l  Peserta didik memperhatikan contoh soal mengenai penerapan hukum II Kirchoff yang disampaikan oleh guru.
l  Guru memberikan beberapa soal mengenai penerapan hukum II Kirchoff untuk dikerjakan oleh peserta didik.

l  Guru mengoreksi jawaban peserta didik apakah sudah benar atau belum. Jika masih terdapat peserta didik yang belum dapat menjawab dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.

            c. Kegiatan Penutup
·         Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
l  Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
l  Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.

E. Sumber Belajar
a.  Buku Fisika SMA dan MA Jl.1B (Esis) halaman 119-141 dan 150-151
 b.  Buku referensi yang relevan
             c.  Alat dan bahan praktikum
                    
F. Penilaian Hasil Belajar
             a. Teknik Penilaian:
                     -  Tes tertulis
                     -  Tes unjuk kerja
             b. Bentuk Instrumen:
    -  Tes PG
    -  Tes uraian
    -  Uji petik kerja produk
            c. Contoh Instrumen:
 -  Contoh tes PG
Dalam waktu 20 s terjadi aliran muatan dari baterai sebesar 0,1 C. Kuat arus listrik yang dihasilkan baterai adalah ....
 A. 20 A                                        D. 5   mA
 B.   2 A                                         E. 0,5 mA
 C. 50 mA       
-  Contoh tes uraian
Empat buah lampu dengan hambatan masing-masing 140 Ω dihubungkan secara seri.
 a. Berapakah hambatan total dari empat lampu tersebut?
 b. Berapakah hambatan total bila lampu disusun secara pararel?

                                                         ...............,...................
Mengetahui
Kepala SMA                                                                           Guru Mata Pelajaran



.........................                                                                         ..............................
NIP.                                                                                          NIP.                         

No comments: