09 April 2011

Fisika SMA XI Silabus 2




FISIKA XI SILABUS 2

Silabus


Sekolah                         : SMA ..............................
Kelas / Semester           : XI (Sebelas) / II (Dua)
Mata Pelajaran            : FISIKA

Standar Kompetensi   : 2. Menerapkan konsep dan prinsip mekanika klasik sistem kontinu dalam menyelesaikan masalah.


Kompetensi
Dasar
Materi
Pembelajaran
Kegiatan pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar

Teknik
Bentuk
Instrumen
Contoh
Instrumen



2.1 Memformulasikan hubungan antara konsep torsi, momentum sudut, dan momen inersia berdasarkan hukum II Newton serta penerapannya dalam masalah benda tegar.


Momen Inersia dan Dinamika Benda Tegar
-      Merumuskan dan menerapkan konsep momen inersia dan dinamika rotasi dalam diskusi pemecahan masalah di kelas.
-      Merumuskan dan menerapkan keseimbangan benda titik dan benda tegar dengan menggunakan resultan gaya dan momen gaya dalam diskusi kelas.



-      Mengkaji daftar pustaka untuk mencari informasi tentang hukum II Newton tentang gerak translasi dan rotasi.

-      Mengkaji daftar pustaka untuk mencari informasi tentang teorema usaha-energi secara umum.



-      Merumuskan dan menerapkan hukum kekekalan momentum sudut dalam diskusi pemecahan masalah di kelas.
·      Mengaplikasikan konsep momen inersia untuk berbagai bentuk benda tegar.


-      Menganalisis pengaruh momen gaya pada sebuah benda dalam kaitannya dengan gerak rotasi benda tersebut.




·      Mengungkap analogi hukum II Newton tentang gerak translasi dan gerak rotasi.


-      Menganalisis teorema usaha- energi secara umum.




-      Menganalisis hukum kekekalan momentum sudut pada gerak rotasi.




Tes tertulis





Tes tertulis





Tes tertulis






Tes tertulis








Tes tertulis



Tes uraian






Tes isian






Tes uraian








Tes PG








Tes uraian



Sebuah cincin emas tipis bermassa
100 gram memiliki momen inersia
sebesar 10 kg m2. Berapakah jari-jari
cincin emas tipis tersebut?



Seorang tukang air memompa air
menggunakan pompa tradisional. Agar
air keluar maksimal, diberikan gaya 40 N
dan pompa sepanjang 80 cm itu harus
digerakkan dengan sudut 600. Momen
gaya yang bekerja pada pompa adalah ....

Sebuah katrol pejal dengan massa 0,8 kg
digantungi beban bermassa 1,2 kg.
Percepatan gerak beban adalah ....
(abaikan gesekan tali dengan katrol).

Bola pejal bermassa 3 kg dengan jari-jari
0,1 m menggelinding pada lantai dengan
kecepatan v = 10 ms-1, maka energi
kinetik bola adalah  .... Joule.
A. 40                              D. 140
B. 60                              E. 160
C.100



Tentukan momentum sudut sebuah
silinder berjari-jari 70 cm dan bermassa
100 gram yang menggelinding tanpa
slip dengan kecepatan rotasi konstan
360 rpm.



10 x 40’



Buku Fisika SMA dan MA Jl. 2B (Esis)
h. 1-58, buku referensi yang relevan, dan lingkungan.





















Kompetensi
Dasar
Materi
Pembelajaran
Kegiatan pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar


Teknik
Bentuk
Instrumen
Contoh
Instrumen


2.2 Menganalisis hukum-hukum yang berhubungan dengan fluida statik dan dinamik serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.

Statika Fluida dan Dinamika Fluida
2  Menerapkan konsep massa jenis tekanan hidrostatik, prinsip hukum Archimedes, dan hukum Pascal melalui percobaan.
-      Mengkaji daftar pustaka untuk mencari informasi tentang aplikasi hukum dasar fluida statik pada masalah fisika sehari-hari.






·  Mendiskusikan karakteristik fluida ideal, persamaan kontinuitas, hukum Bernoulli, dan penerapannya secara klasikal dalam memecahkan masalah.


·  Mengkaji daftar pustaka untuk mencari informasi tentang aplikasi hukum dasar fluida dinamik pada masalah fisika sehari-hari.
·      Menganalisis hukum dasar fluida statik.



-      Menerapkan hukum dasar fluida statik pada masalah fisika sehari-hari.




·      Menganalisis hukum dasar fluida dinamik.



·      Menerapkan hukum dasar fluida dinamik pada masalah fisika sehari-hari.





Tes unjuk kerja





Tes tertulis









Tes tertulis








Tes tertulis





Uji petik kerja produk





Tes PG









Tes uraian





Tes isian









Eksperimen membuktikan berlakunya hukum Archimedes (Kegiatan 12.1 h.73).





Peristiwa berikut terjadi karena adanya gaya angkat oleh fluida, kecuali ....
A. posisi pesawat makin lama makin tinggi
B. kapal selam bisa naik atau turun dalam air
C. balon udara dapat naik ke atas
D. kapal laut bisa terapung
E. orang dapat mengambang di laut Mati

Berapakah gaya angkat yang disebabkan oleh prinsip Bernoulli pada sebuah sayap seluas 80 m2 bila laju udara pada sisi atas sayap adalah 340 m/s dan di bawah sayap 290 m/s?

Air terjun setinggi 10 meter dengan debit 50 m3s-1 dimanfaatkan untuk memutar turbin yang menggerakkan generator listrik. Jika 25% energi air dapat berubah menjadi energi listrik dan g = 10 m/s2, maka daya keluaran generator adalah ....



12 x 40'

Buku Fisika SMA dan MA Jl. 2B (Esis)
h. 59-128, buku referensi yang relevan, lembar kerja, alat dan bahan praktikum.



























Standar Kompetensi: 3. Menerapkan konsep termodinamika dalam mesin kalor.


Kompetensi
Dasar
Materi
Pembelajaran
Kegiatan pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk
Instrumen
Contoh
Instrumen
3.1 Mendeskripsikan sifat-sifat gas ideal  monoatomik.

Teori Kenetik Gas
-  Merumuskan hubungan antara tekanan, volume, dan suhu melalui percobaan.






·  Menerapkan konsep tekanan, volume, suhu, kecepatan, dan energi kinetik dalam diskusi pemecahan masalah.




·  Mengkaji daftar pustaka untuk mencari informasi tentang energi dalam suatu molekul gas.



c.     Mendeskripsikan persamaan umum gas ideal pada persoalan fisika sehari-hari.




-      Menganalisis hubungan antara tekanan, volum, dan temperatur suatu gas serta merumuskannya dalam suatu persamaan gas umum.






-      Menganalisis energi dalam suatu molekul gas dengan memanfaatkan prinsip ekipartisi energi.




Tes unjuk kerja





Tes tertulis










Tes tertulis










Uji petik kerja produk





Tes uraian










Tes PG








Eksperimen menganalisis hubungan antara volum dan tekanan pada suhu tetap (Kegiatan 14.1 h.133) dan eksperimen menyelidiki hubungan antara tekanan dan suhu pada volum konstan (Kegiatan 14.2 h.135).

Sebuah silinder tertutup dengan volum 10 L mengandung udara kering pada kondisi standar (po = 1 atm, suhu
to = 0 0C). Air (massa molekul= 18) sebanyak 3 gram ditambahkan ke dalamnya dan mengakibatkan suhu sistem meningkat hingga 100 0C sehingga air yang dimasukkan tadi menguap seluruhnya. Tentukan tekanan di dalam tabung.

Sebanyak 0,002 kg gas He (massa molekul = 4 g/mol) berada dalam sebuah wadah bersuhu 47 0C dan bertekanan 1,2 x 105 Pa. Energi dalam gas tersebut adalah .... (dalam kJ)
A. 0,99                          D. 3,99
B. 1,99                          E. 4,99
C. 2,99





6 x 40'




Buku Fisika SMA dan MA Jl. 2B (Esis) h. 129-158, buku referensi yang relevan, lembar kerja, alat dan bahan praktikum.















Kompetensi
Dasar
Materi
Pembelajaran
Kegiatan pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk
Instrumen
Contoh
Instrumen
3.2 Menganalisis perubahan keadaan gas ideal dengan menerapkan hukum  termodinamika.

Termodinamika
-  Mengkaji daftar pustaka untuk mencari informasi tentang proses adibatik, diatermik, dan kuasistatik.
-  Menganalisis karakteristik proses isobarik, isokhorik, isotermik, dan adiabatik dalam diskusi kelas.








·  Menghitung usaha, kalor, dan energi dalam dengan menggunakan prinsip hukum termodinamika dalam diskusi kelas.
·  Menghitung efisiensi mesin kalor dan koefisien performans mesin pendingin dalam diskusi pemecahan masalah.



-      Menganalisis berbagai proses yang berkaitan dengan pertukaran energi dalam gas dengan lingkungan.
-      Menganalisis proses gas ideal berdasarkan grafik tekanan-volume (p-V).








-      Mendeskripsikan usaha, kalor, dan energi dalam berdasarkan hukum termodinamika.


-      Mendeskripsikan prinsip kerja mesin Carnot.



Tes tertulis







Tes tertulis
















Tes tertulis







Tes tertulis



Tes uraian







Tes PG
















Tes isian







Tes uraian






Jelaskan perbedaan antara proses adibatik, diatermik, dan kuasistatik.









Perhatikan pernyataan berikut:
·     Gas tidak melakukan usaha pada proses isokhorik.
·     Gas menerima atau mengerjakan usaha pada proses isokhorik.
·     Gas mengalami perubahan energi pada proses isotermik.
·     Gas selalu memperoleh usaha pada proses adiabatik.
Pernyataan-pernyataan di atas yang berkaitan dengan proses termodinamika adalah ....
A. 1, 2, dan 3                 D. 2, 3, dan 4
B. 1 dan 4                      E. 3 dan 4
C. 1 dan 2
·        


Dalam suatu proses, lingkungan melakukan kerja pada gas sebesar 1.000 J. Bila gas membuang kalor sebanyak 600 J selama proses itu, maka perubahan energi dalam gas adalah ....


Sebuah mesin kalor bekerja pada siklus Carnot dengan suhu reservoir 60 0C dan 100 0C. Tentukan besar efisiensi mesin tersebut.



8 x 40'



Buku Fisika SMA dan MA
Jl. 2B (Esis)
h. 159-195, buku referensi yang relevan, dan lingkungan.
















                                                                                                                                                                                                ........................,.........................
Mengetahui
Kepala SMA .................                                                                                                                                                           Guru Mata Pelajaran


.....................................                                                                                                                                                              .....................................
NIP.                                                                                                                                                                                          NIP                

No comments: