Google Web Search Gadget

There was an error in this gadget

09 April 2011

Fisika SMA XII Silabus1




FISIKA XII SILABUS 1

Silabus

Sekolah                        : SMA ..............................
Kelas / Semester          : XII (Dua belas) / I (Satu)
Mata Pelajaran           : FISIKA

Standar Kompetensi: 1. Menerapkan konsep dan prinsip gejala gelombang dalam menyelesaikan masalah


Kompetensi
Dasar
Materi
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar

 Teknik
Bentuk
Instrumen
Contoh
Instrumen



1.1  Mendeskripsikan gejala dan ciri-ciri gelombang secara umum.


Gejala dan Ciri-ciri Gelombang

·  Mendemonstrasikan gelombang transversal dan longitudinal.

·  Mengkaji literatur untuk membedakan karakteristik gelombang mekanik dan elektromagnetik.

·  Meneunjukkan sifat-sifat umum gelombang (pemantulan, pembiasan, superposisi, interferensi, difraksi, polarisasi, dan dispersi) melalui percobaan.




·  Merumuskan persamaan gelombang (simpangan, kecepatan, fase, dan energi) melalui diskusi kelas.
-      Mengidentifikasi karakteristik gelombang transversal dan gelombang longitudinal.
-         

-      Mengidentifikasi karakteristik gelombang mekanik dan gelombang elektromagnetik.


-      Menyelidiki sifat-sifat gelombang (pemantulan, pembiasan, superposisi, interferensi,, difraksi, polarisasi dan dispersi) serta penerapannnya dalam kehidupan sehari-hari.



-      Mengidentifikasi persamaan gelombang berjalan dan gelombang stasioner.


Tes tertulis



Tes tertulis



Tes tertulis










Tes tertulis


Tes isian





Tes uraian




Tes PG















Tes uraian


Gelombang dengan arah osilasi tegak lurus arah rambatan gelombang dinamakan ....



Apakah perbedaan antara  gelombang mekanik dan elektromagnetik? Berikan contohnya masing-masing.


Gelombang y1 dan y2 mempunyai panjang gelombang yang sama yaitu 0,25 m. Jika posisi gelombang y1 terlihat 2 m dari posisi awal perambatan, maka posisi y2 jika interferensi konstruktif adalah ....
A. 2 dan 1,8 m   D. 2 dan 2,05 m
B. 2 dan 1,9 m   E. 2 dan 2,15 m
C. 2 dan 1,75 m



Sebuah tali bermassa 100 g digetarkan dengan laju 10 m/s dan amplitudo 0,1m. Massa jenis tali 100 kg/m3 dan luasnya 2 cm3. Jika dalam perambatan dihasilkan energi sebesar 5 J/s, tentukan persamaan gelombangnya.

8x40’

Buku Fisika SMA dan MA Jl.3A (Esis)
h. 1-44, buku referensi yang relevan dan lingkungan
























Kompetensi
Dasar
Materi
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Materi
Pembelajaran
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar

 Teknik
Bentuk
Instrumen
Contoh
Instrumen

1.2  Mendeskripsikan gejala dan ciri-ciri gelombang bunyi dan cahaya.

Gelombang Bunyi dan Gejala Gelombang Elektromagnetik

·  Melakukan percobaan atau pengamatan gejala dan ciri-ciri gelombang bunyi (misalnya, resonansi, interferensi, dan efek Doppler).


·  Mendiskusikan gejala dan ciri gelombang bunyi ( termasuk nada dan taraf intensitas) dan cahaya berdasarkan kajian literatur.

·  Melakukan percobaan gejala dan ciri gelombang cahaya (misalnya: interferensi, difraksi, dan lain-lain)

-      Mendeskripsikan gejala dan ciri-ciri gelombang bunyi












-      Mendeskripsikan gejala dan ciri gelombang cahaya




Tes tertulis











Tes tertulis











Tes tertulis



Tes urain












Tes isian











Tes PG










Sebuah kereta api sedang bergerak mendekati stasiun dengan laju 31,8 m/s. Kereta tersebut membunyikan sirine dengan frekuensi 136 Hz. Berapakah frekuensi yang didengar oleh anak yang sedang duduk di stasiun?





Intensitas bunyi dapat ditingkatkan dengan cara ....





















Busa sabun  tampak berwarna-warni bila terkena sinar matahari merupakan
peristiwa ....
A. difraksi        D. polarisasi
  B. dispersi        E. Interferensi
  C. refraksi

8x40'

Buku Fisika SMA dan MA Jl. 3A (Esis)
h. 45-88, buku referensi yang relevan, dan lingkungan.









Kompetensi
Dasar
Materi
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar

 Teknik
Bentuk
Instrumen
Contoh
Instrumen

1.3. Menerapkan konsep dan prinsip gelombang bunyi dan cahaya dalam teknologi.

Gelombang Bunyi dan Gejala Gelombang Elektromagnetik

·   Melakukan kajian literatur pemanfaatan bunyi dan gelombang cahaya dalam kehidupan secara individu melalui berbagai sumber.

·   Memaparkan pemanfaatan bunyi dalam teknologi melalui kajian literatur (misalnya pada NDT atau USG).









·   Memaparkan pemanfaatan cahaya dalam teknologi (misalnya pada teknologi mesin  fotokopi, CD, OHP dan scanner).

-      Menerapkan konsep dan prinsip gelombang bunyi dalam teknologi.




















-      Menerapkan konsep dan prinsip gelombang cahaya dalam teknologi.

Tes tertulis








Tes tertulis













Penugasan



Tes PG









Tes uraian

















Tugas rumah


Warna biru di langit terjadi karena cahaya matahari mengalami ....
A. difraksi     D dispersi
B. refraksi      E. polarisasi C. interferensi
C.          



Suatu bunyi ultrasonik dengan frekuensi 2,5 Mhz dikirim ke darah dalam pembuluh darah. Darah tersebut bergerak mendekati sumber ultrasonik dengan laju
20 cm/s.
-    Berapakah frekuensi ultrasonik yang diterima oleh darah?
-    Berapakah frekuensi yang diterima sumber?


Buatlah artikel tentang pemanfaatan gelombang elektromagnetik pada produk teknologi dalam keseharian.
8x40'

Buku Fisika SMA dan MA Jl.3A (Esis)
h. 44-88, buku referensi yang relevan, dan lingkungan.







































Standar Kompetensi: 2. Menerapkan konsep kelistrikan dan kemagnetan dalam berbagai penyelesaian masalah dan produk teknologi.

Kompetensi
Dasar
Materi
Pembelajaran
Kegiatan pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar

 Teknik
Bentuk
Instrumen
Contoh
Instrumen

2.1 Memformulasikan gaya listrik, kuat medan listrik, fluks, potensial listrik, dan energi potensial listrik serta penerapannya pada keping sejajar.

Hukum Coulomb, Hukum Gauss, Potensial Listrik, dan Kapasitor
·  Mengidentifikasi karakteristik gaya elektrostatik dan medan listrik melalui peragaan secara klasikal.



·  Merumuskan gaya Coulomb, medan listrik, potensial listrik, dan hukum kekekalan energi mekanik dalam medan listrik, serta kapasitor melalui diskusi kelas.

·   Melakukan kajian literatur tentang hubungan antara energi potensial listrik dengan medan listrik dan potensial listrik.







·  Menghitung gaya Coulomb, medan listrik, potensial dan energi potensial, kapasitor rangkaian, serta energi kapasitor dalam diskusi pemecahan masalah.

-      Mendeskripsikan gaya elektrostatik (hukum Coulomb) pada muatan titik.








-      Mengaplikasikan hukum Coulomb dan Gauss untuk mencari medan listrik bagi distribusi muatan kontinyu.


-      Memformulasikan energi potensial listrik dan kaitannya dengan gaya , medan listrik, dan potensial listrik.






-      Memformulasikan prinsip kerja kapasitor keping sejajar.

Tes tertulis














Tes tertulis








Tes tertulis












Penugasan










Tes PG








Tes uraian











Tes isian










Tugas rumah



Jari-jari lintasan elektron terdalam pada atom besi adalah 1,5x10-12 m.
besar gaya Coulomb antara inti besi (q = 26e) dan elektron dilintasan terdalam adalah ....
A. 4 x 10-14 N        D. 2,7 x 10-3 N
B. 6 x 10-8 N          E. 7 x 10-2 N
C. 1 x 10-4 N           




Bola konduktor yang berdiameter
d = 15 cm membawa muatan netto q = 6,4 μC yang tersebar merata di permukaan. Tentukan medan listrik pada jarak 5 cm dari pusat bola dan 17 cm dari permukaan bola.



Sebuah cincin tipis berjari-jari
24 cm mengandung muatan yang terdistribusi kontinyu sebesar
350 nC. Pada jarak 28 cm tepat di depan sumbu cincin, terdapat muatan uji sebesar 85 nC. Besarnya energi yang dibutuhkan untuk memindahkan muatan uji ini sejauh 57 cm dari posisi mula-mula
adalah ....




Buatlah artikel tentang pemanfaatan kapasitor dalam peralatan elektronika.


8x40'

Buku Fisika SMA dan MA
 Jl. 3A (Esis)
h. 107-112, buku referensi yang relevan, alat dan bahan praktikum.



Kompetensi
Dasar
Materi
Pembelajaran
Kegiatan pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
 Teknik
Bentuk
Instrumen
Contoh
Instrumen
2.2. Menerapkan induksi magnetik dan gaya magnetik pada beberapa produk teknologi.

Kemagnetan, Hukum Biot-Savart, dan Hukum Ampere
·       Melakukan percobaan untuk mengidentifikasi karakteristik medan listrik di sekitar kawat berarus dan gaya magnetik.





·       Memformulasikan kuat medan magnetik dan gaya magnetik pada berbagai keadaan (alat) dalam diskusi kelas.



·       Merancang dan membuat motor listrik sederhana secara berkelompok.
-      Mendeskripsikan induksi magnetik sekitar kawat berarus.



]

-      Mendeskripsikan gaya magnetik pada kawat berarus dan muatan bergerak.



-      Menerapkan prinsip induksi magnetik dan gaya magnetik dalam teknologi.


Tes tertulis








Tes tertulis








Penugasan



Tes PG








Tes uraian








Tugas rumah



Besarnya kuat medan magnet yang dihasilkan pada jarak 1 cm oleh kawat lurus yang dialiri arus sebesar 12 A adalah ....
A. 2,4 x 10-4 T         D. 2,4 x 10-5 T
B. 1,8 x 10-4 T         E. 1,2 x 10-5 T
C. 1,4 x 10-4 T
C.         




Sebuah muatan positif 0,2 C bergerak dengan laju 2 m/s dalam medan magnet yang besarnya 5 Wb/m2. Arah kecepatan itu sejajar dengan arah medan magnet. Tentukan besarnya gaya yang dialami muatan tersebut.

Buatlah artikel tentang aplikasi gaya Lorentz pada produk teknologi dalam kehidupan
sehari-hari.

8x40'

Buku Fisika SMA dan MA
 Jl. 3A (Esis)
h.143-190, buku referensi yang relevan, alat dan bahan praktikum.











Kompetensi
Dasar
Materi
Pembelajaran
Kegiatan pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
 Teknik
Bentuk
Instrumen
Contoh
Instrumen
2.3 Memformulasikan konsep induksi Faraday dan arus bolak-balik serta penerapannya.

GGL Induksi, Induktansi, dan Arus Bolak-Balik
· Mendemonstrasikan karakteristik induksi elektromagnetik dan pengukuran arus bolak-balik.


· Mendiskusikan formulasi induksi Faraday dalam berbagai keadaan dan karakteristik pengukurannya.
·   Melakukan kajian literatur tentang arus induksi dan ggl induksi.




· Menghitung ggl dan arus induksi dalam berbagai keadaan serta  parameter arus bolak-balik dalam berbagai pemecahan masalah.
-      Memformulasikan konsep induksi elektromagnetik.



-      Menerapkan konsep induksi elektromagnetik pada teknologi.
-      Memformulasikan konsep arus induksi dan ggl induksi.



-      Memformulasikan konsep arus dan tegangan bolak-balik.


Tes tertulis





Tes unjuk kerja




Tes tertulis






Tes tertulis









Tes uraian





Uji petik kerja produk



Tes isian






Tes PG










Sebuah kumparan yang terdiri dari 100 lilitan mempunyai jari-jari 5 cm dan hambatan 25 Ω. Hitunglah laju perubahan medan magnet agar menghasilkan arus sebesar 4 A.

Eksperimen membuat dinamo mini     (Proyek Ilmiah h.197).




Kumparan kawat dengan jari-jari 5 cm diletakkan tegak lurus pada suatu medan magnet yang fluksnya berubah dari 1,5 Wb/m2 menjadi 2,1 Wb/m2 dalam waktu ½ Π menit. GGL yang terjadi pada kumparan adalah ....

Sebuah kumparan memiliki hambatan
R = 1 Ω dan induktansi L = 0,3 H.
Arus listrik dalam kumparan jika dihubungkan dengan tegangan
20 volt DC adalah ....
A. 10 A                             D. 28,6 A
B. 15,4 A                          E. 30 A
C. 20 A

12x40'

Buku Fisika SMA dan MA Jl. 3A (Esis)
h. 191-246, buku referensi yang  relevan, alat dan bahan praktikum







































           
                                                                                                                                                                                                ........................,.........................
Mengetahui
Kepala SMA .................                                                                                                                                                           Guru Mata Pelajaran



.....................................                                                                                                                                                              .....................................
NIP.                                                                                                                                                                                          NIP.                           

No comments: