FISIKA XII RPP 10
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : SMA
Kelas / Semester : XII (Dua belas) / Semester II
Mata Pelajaran : FISIKA
Standar Kompetensi
4. Menunjukkan penerapan konsep fisika inti dan radioaktivitas dalam teknologi dan kehidupan sehari-hari.
Kompetensi Dasar
4.1 Mengidentifikasi karakteristik inti atom dan radioaktivitas.
Indikator
1. Mendeskripsikan karakteristik inti atom.
2. Mendeskripsikan karakteristik radioaktivitas.
3. Mendeskripsikan prinsip kesetaraan massa dan energi pada konsep energi ikat inti.
A. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat:
1. Menjelaskan pengertian nukleon.
2. Menjelaskan konsep partikel penyusun atom.
3. Membedakan nomor atom dan nomor massa atom.
4. Menghitung jumlah proton, elektron, dan neutron suatu atom berdasarkan nomor atom dan nomor massanya.
5. Menjelaskan konsep isotop, isoton, dan isobar pada atom.
6. Mengklasifikasikan unsur ke dalam isotop, isoton, dan isobar.
7. Menghitung jari-jari inti atom berdasarkan nomor massa atom.
8. Menjelaskan konsep satuan massa atom.
9. Menjelaskan pengertian defek massa.
10. Menghitung energi ikat rata-rata per nukleon.
11. Menjelaskan pengertian radioaktivitas.
12. Menganalisis peristiwa radioaktivitas yang terjadi pada inti atom yang tidak stabil.
13. Membedakan peluruhan alfa, beta, dan gamma.
14. Menghitung laju peluruhan dan waktu paroh pada inti atom yang tidak stabil.
B. Materi Pembelajaran
Inti Atom dan Radioaktivitas
C. Metode Pembelajaran
1. Model : - Direct Instruction (DI)
- Cooperative Learning
2. Metode : - Diskusi kelompok
- Observasi
- Ceramah
D. Langkah-langkah Kegiatan
PERTEMUAN PERTAMA
a. Kegiatan Pendahuluan
l Motivasi dan Apersepsi:
l Apakah partikel penyusun inti atom?
l Mengapa isotop-isotop dari unsur yang sama mempunyai sifat kimia yang sama?
l Prasyarat pengetahuan:
- Apakah yang dimaksud dengan nukleon?
- Apakah yang dimaksud dengan isotop?
b. Kegiatan Inti
l Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
l Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian nukleon.
l Peserta didik memperhatikan penjelasan guru mengenai partikel penyusun inti.
l Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan perbedaan nomor atom dan nomor massa atom.
l Peserta didik memperhatikan penjelasan guru menentukan jumlah proton, elektron, dan neutron suatu atom berdasarkan nomor atom dan nomor massanya.
l Peserta didik memperhatikan contoh soal menentukan jumlah proton, elektron, dan neutron suatu atom berdasarkan nomor atom dan nomor massanya yang disampaikan oleh guru.
l Guru memberikan beberapa soal menentukan jumlah proton, elektron, dan neutron suatu atom berdasarkan nomor atom dan nomor massanya untuk dikerjakan oleh peserta didik.
l Guru mengoreksi jawaban peserta didik apakah sudah benar atau belum. Jika masih ada peserta didik yang belum dapat menjawab dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.
l Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian isotop.
l Peserta didik memperhatikan penjelasan guru mengenai contoh isotop umum dari beberapa unsur.
l Peserta didik mendiskusikan dengan kelompoknya mengenai pengertian isobar dan isoton.
l Peserta didik dalam setiap kelompok mendiskusikan contoh isoton dan isobar dari beberapa unsur.
l Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal.
l Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
l Peserta didik memperhatikan contoh soal mengklasifikasikan unsur ke dalam isotop, isoton, dan isobar yang disampaikan oleh guru.
l Guru memberikan beberapa soal mengklasifikasikan unsur ke dalam isotop, isoton, dan isobar untuk dikerjakan oleh peserta didik.
l Guru mengoreksi jawaban peserta didik apakah sudah benar atau belum. Jika masih ada peserta didik yang belum dapat menjawab dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.
c. Kegiatan Penutup
l Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
l Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
l Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.
PERTEMUAN KEDUA
a. Kegiatan Pendahuluan
l Motivasi dan Apersepsi:
l Mengapa massa inti hasil pengukuran selalu lebih kecil di banding perhitungan?
l Atom apakah yang memiliki inti paling stabil?
l Prasyarat pengetahuan:
l Apakah yang dimaksud dengan defek massa?
l Bagaimana grafik energi ikat rata-rata per nukleon?
b. Kegiatan Inti
l Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan ukuran inti.
l Peserta didik memperhatikan penjelasan guru menghitung jari-jari inti atom berdasarkan nomor massa atom.
l Peserta didik memperhatikan contoh soal menentukan jari-jari inti atom berdasarkan nomor massa atom yang disampaikan oleh guru.
l Guru memberikan beberapa soal menentukan jari-jari inti atom berdasarkan nomor massa atom untuk dikerjakan oleh peserta didik.
l Guru mengoreksi jawaban peserta didik apakah sudah benar atau belum. Jika masih terdapat peserta didik yang belum dapat menjawab dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.
l Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan satuan massa atom.
l Perwakilan peserta didik diminta untuk menjelaskan pengertian defek massa.
l Peserta didik memperhatikan penjelasan guru mendapatkan rumusan energi ikat rata-rata per nukleon.
l Peserta didik memperhatikan penjelasan guru mengenai grafik energi ikat rata-rata per nukleon.
l Peserta didik memperhatikan contoh soal menentukan energi ikat per nukleon dari sebuah atom yang disampaikan oleh guru.
l Guru memberikan beberapa soal menentukan energi ikat per nukleon dari sebuah atom untuk dikerjakan oleh peserta didik.
l Guru mengoreksi jawaban peserta didik apakah sudah benar atau belum. Jika masih terdapat peserta didik yang belum dapat menjawab dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.
l Peserta didik memperhatikan penjelasan guru mengenai kurva kestabilan unsur-unsur berdasarkan nomor atom.
c. Kegiatan Penutup
l Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
l Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.
PERTEMUAN KETIGA
a. Kegiatan Pendahuluan
1. Motivasi dan Apersepsi:
l Apakah peristiwa radioaktivitas terjadi pada inti yang tidak stabil?
l Sinar apakah yang membelok sesuai dengan arah pembelokan muatan negatif?
1. Prasyarat pengetahuan:
- Apakah yang dimaksud dengan radioaktivitas?
- Apakah yang dimaksud dengan sinar beta (β)?
b. Kegiatan Inti
l Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
l Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian radioaktivitas.
l Peserta didik memperhatikan penjelasan guru mengenai peristiwa radioaktivitas yang terjadi pada inti atom yang tidak stabil.
l Peserta didik dalam setiap kelompok mendiskusikan perbedaan sinar alfa (α), sinar beta (β), dan sinar gamma (γ).
l Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal.
l Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
l Peserta didik memperhatikan perbedaan peluruhan alfa, beta, dan gamma yang disampaikan oleh guru.
l Peserta didik memperhatikan contoh soal menuliskan reaksi lengkap dari peluruhan alfa, beta, dan gamma yang disampaikan oleh guru.
l Guru memberikan beberapa soal menuliskan reaksi lengkap dari peluruhan alfa, beta, dan gamma untuk dikerjakan oleh peserta didik.
l Guru mengoreksi jawaban peserta didik apakah sudah benar atau belum. Jika masih terdapat peserta didik yang belum dapat menjawab dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.
c. Kegiatan Penutup
l Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
l Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
l Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.
PERTEMUAN KEEMPAT
a. Kegiatan Pendahuluan
l Motivasi dan Apersepsi:
- Faktor apakah yang mempengaruhi laju peluruhan suatu sampel radioaktif?
- Dapatkah suatu unsur radioaktif meluruh secara terus-menerus?
l Prasyarat pengetahuan:
- Apakah yang dimaksud dengan peluruhan?
- Apakah yang dimaksud dengan deret radioaktif?
b. Kegiatan Inti
l Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian peluruhan.
l Peserta didik memperhatikan penjelasan guru untuk mendapatkan persamaan laju peluruhan.
l Perwakilan peserta didik diminta untuk menyebutkan faktor yang mempengaruhi laju peluruhan.
l Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian waktu paroh.
l Peserta didik memperhatikan rumusan untuk mendapatkan persamaan waktu paroh, konstanta peluruhan, dan aktivitas peluruhan yang disampaikan oleh guru.
l Peserta didik memperhatikan contoh soal menentukan waktu paroh, konstanta peluruhan, dan aktivitas peluruhan yang disampaikan oleh guru.
l Guru memberikan beberapa soal menentukan waktu paroh, konstanta peluruhan, dan aktivitas peluruhan untuk dikerjakan oleh peserta didik.
l Guru mengoreksi jawaban peserta didik apakah sudah benar atau belum. Jika masih terdapat peserta didik yang belum dapat menjawab dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.
l Peserta didik memperhatikan penjelasan guru mengenai deret radioaktif.
c. Kegiatan Penutup
l Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
l Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.
E. Sumber Belajar
a. Buku Fisika SMA dan MA Jl. 3B (Esis) halaman 87-118
b. Buku referensi yang relevan
c. Lingkungan
F. Penilaian Hasil Belajar
a. Teknik Penilaian:
l Tes tertulis
b. Bentuk Instrumen:
l Tes PG
l Tes isian
l Tes uraian
c. Contoh Instrumen:
l Contoh tes PG
Gambaran dari suatu inti atom dapat diketahui dari ....
A. massa atom
B. nomor atom
C. jumlah nukleon dalam inti
D. nomor atom dan nomor massa
E. semua jawaban salah
l Contoh tes isian
Ketika inti melakukan peluruhan beta negatif, maka sifat inti yang dihasilkan dibandingkan inti asal adalah ....
l Contoh tes uraian
Hituglah defek massa, energi ikat, dan energi ikat per nukleon dari:
a. inti nitrogen b. inti helium
...............,...................
Mengetahui
Kepala SMA Guru Mata Pelajaran
......................... ..............................
NIP. NIP.
No comments:
Post a Comment