BIOLOGI XII SILABUS2
SILABUS
TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN : SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA)
MATA PELAJARAN : BIOLOGI
KELAS / SEMESTER : XII (Duabelas) / II
ALOKASI WAKTU : 8 × 45 menit
STANDAR KOMPETENSI : Memahami teori evolusi serta implikasinya pada salingtemas
Kompetensi Dasar | Kompetensi Sebagai Hasil Belajar | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar |
4.1 Menjelaskan teori, prinsip, dan mekanisme evolusi biologi 4.2 Mengkomunikaskan hasil studi evolusi biologi 4.3 Menjelaskan kecenderungan baru tentang teori evolusi | · Menemukan adanya gejala keanekaragaman · Menyusun hipotesis asal terbentuknya keanekaragaman hayati · Menggambar skema teori evolusi Darwin · Menghubungkan penemuan hukum hereditas, substansi genetika dan mutasi dengan teori evolusi Darwin · Menjelaskan mekanisme seleksi alam dengan menggunakan kasus Beston betularia · Menjelaskan berbagai bukti evolusi · Membuat skema percobaan untuk membuktikan evolusi biologi dan kimia · Mengumpulkan informasi dari berbagai pandangan baru tentang teori evolusi | · Hipotesis asal-usul kehidupan · Teori evolusi Darwin · Bukti-bukti yang mendukung evolusi Darwin · Teori evolusi biologi dan kimia · Hukum Hardi-Weinberg · Mutasi DNA dan dampaknya · Teori evolusi netral · Beberapa pandangan baru tentang teori evolusi | · Membaca buku untuk menyusun peta konsep · Diskusi teori keanekaragaman makhluk hidup · Diskusi pertentangan teori Abiogenesis dan Biogenesis · Diskusi memahami teori evolusi · Diskusi percobaan Harold Urey · Diskusi hukum Hardy-Weinberg · Menonton VCD tentang evolusi · Diskusi pengaruh mutasi pada mekanisme seleksi alam · Diskusi teori evolusi, netral | · Mendeskripsikan berbagai pemikiran tentang asal-usul kehidupan · Mendeskrisikan teori evolusi menurut Darwin · Menujukkan bukti-bukti evolusi · Mendeskripsikan eksperimen yang mendasari munculnya teori evolusi biologi dan kimia · Menerapkan hukum Hardy-Weinberg · Mendeskripsikan peranan mutasi bagi proses evolusi · Menjelaskan teori evolusi netral | · Jenis tagihan: 1.Uji kompetensi · Bentuk instrumen: 1.Soal uji kompetensi tertulis · Jenis tagihan: 1.Uji kompetensi · Bentuk instrumen: 1.Soal uji kompetensi tertulis · Jenis tagihan Uji Kompetensi · Bentuk instrumen Soal tes tertulis | 2 X 45 menit 4 X 45 menit 2 X 45 menit | · Buku Biologi kelas XII, Dyah aryulina, Esis · Buku kerja siswa IIIB. Ign. Khristoyono. Esis · Buku Biologi kelas XII, Dyah aryulina, Esis · Buku kerja siswa IIIB. Ign. Khristoyono. Esis · VCD tentang evoluis · Buku Biologi kelas XII, Dyah aryulina, Esis · Buku kerja siswa IIIB. Ign. Khristoyono. Esis |
SILABUS
TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN : SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA)
MATA PELAJARAN : BIOLOGI
KELAS / SEMESTER : XII (Dua Belas) / II
ALOKASI WAKTU : 8 × 45 menit
STANDAR KOMPETENSI : Memahami prinsip-prinsip dasar berteknologi serta implikasinya pada salingtemas
Kompetensi Dasar | Kompetensi Sebagai Hasil Belajar | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar |
5.1 Menjelaskan arti, prinsip, dasar, dan jenis-jenis bioteknologi 5.2 Menjelaskan dan menganalisis peran bioteknologi serta implikasi hasil-hasil bioteknologi pada salingtemas | · Mengumpulkan berbagai informasi produk dan proses bioteknologi tradisional · Menjelaskan proses rekayasa genetika dalam bioteknologi · Mengumpulkan berbagai metode bioteknologi modern dan produknya · Menganalisis berbagai produk bioteknologi dan dampaknya | · Pengertian bioteknologi · Perbedaan bioteknologi tradisional dan modern · Rekayasa genetika · Tanaman transgenik dan dampaknya | · Diskusi pengertian bioteknologi tradisional dan modern · Diskusi penerapan rekayasa genetika pada bioteknologi · Melakukan kegiatan membuat yogurt dan ekstroksi DNA · Diskusi Salingtemas · Membuat kliping | · Menjelaskan pengertian bioteknologi · Membedakan bioteknologi tradisional dan modern · Menjelaskan prinsip rekayasa genetika dan hasilnya · Membuat produk bioteknologi tradisional · Mengekstraksi DNA · Mengumpulkan informasi berbagai produk rekayasa genetika dan dampaknya · Membuat imajinasi tentang rekayasa genetika | · Jenis tagihan: 1. Laporan hasil kegiatan 2. Uji Kompetensi · Bentuk instrumen: 1.Lembar penilaian laporan 2.Soal uji kompetensi tertulis · Jenis tagihan 1.Tugas fiksi ilmiah 2.Laporan diskusi salingtemas · Bentuk instrumen: 1. Lembar penilaian makalah | 6 X 45 menit 2 X 45 menit | · Buku Biologi kelas XII, Dyah aryulina, Esis · Buku kerja siswa IIIB. Ign. Khristoyono. Esis · Buku Biologi kelas XII, Dyah aryulina, Esis · Buku kerja siswa IIIB. Ign. Khristoyono. Esis |
No comments:
Post a Comment