09 April 2011

Biologi SMA X RPP 4



BIOLOGI X RPP4

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Mata Pelajaran          : Biologi
Kelas/Semester           : X (Sepuluh)/ 1
Pertemuan                  : 5 dan 6
Alokasi Waktu            : 4 jam pelajaran

Standar Kompetensi      :  2.   Memahami prinsip-prinsip pengelompokan makhluk hidup

Kompetensi Dasar         :     2.2          Mendeskripsikan ciri-ciri Archaeobacteria dan Eubacteria dan peranannya bagi kehidupan
Tujuan                           :  Siswa mampu memahami prokariot yang meliputi struktur, fungsi tubuh, klasifikasi, dan peranan Eubacteria dan Archaeobacteria



I.                   Indikator
·         Menjelaskan pengertian prokariotik
·         Menggambarkan berbagai bentuk sel dan koloni Eubaeteria
·         Memberi keterangan struktur dan fungsi sel bakteri
·         Membedakan struktur Eubakteria dan Archeobacteria
·         Mendeskripsikan peran bakteri bagi manusia

II.                Materi Ajar
·         Pengertian prokariot
·         Ciri-ciri Eubacteria
1.      Bentuk sel dan kloloni Eubacteria
2.      Sturktur sel Eubacteria
3.      Cara hidup Eubacteria
4.      reproduksi bakteri
·         Klasifikasi Eubacteria
·         Perbedaan Archaeobacteria dan Eubacteria
·         Contoh-corntoh Archaeobacteria
·         Peranan bakteri bagi manusia

III.             Metode Pembelajaran
·         Diskusi-Penugasan-Pengamatan

IV.              Langkah Langkah Pembelajaran

Pertemuan 5 (2 jam pelajaran)

A.     Kegiatan awal (10 menit)
·         Guru menanyakan beberapa penyakit yang disebabkan oleh bakteri dan beberapa makanan yang melibatkan bakteri dalam pembuatannya.
·         Guru bersama siswa menyimpulkan arti penting bakteri bagi manusia.
B.     Kegiatan inti (70 menit)
·         Guru meminta siswa untuk menyiapkan alat dan bahan pengamatan bakteri dengan menggunakan Kegiatan 4.1 dan 4.2.
·         Siswa menyiapkan alat dan bahan, dan melakukan pengamatan struktur bakteri.
C.     Kegiatan akhir (10 menit)
·         Siswa mengembalikan alat dan bahan pengamatan.
·         Siswa menyusun laporan hasil pengamatan.
·         Siswa mengumpulkan laporan.

Pertemuan 6 (2 jam pelajaran)

A.     Kegiatan awal (15 menit)
·         Guru menanyakan kembali hasil pengamatan bakteri.
·         Guru dan siswa mendiskusikan ciri umum prokariot.
·         Guru dan siswa mendiskusikan kelompok dalam prokariot.
B.     Kegiatan inti (65 menit)
·         Guru bersama siswa mengidentifikasi berbagai bentuk sel dan koloni Eubakteri.
·         Guru bersama siswa mendiskusikan struktur dan fungsi sel bakteri.
·         Guru bersama siswa mendiskusikan berbagai contoh Eubakteria.
·         Guru bersama siswa mendiskusikan perbedaan Eubakteria dan Archaebacteria.
·         Guru bersama siswa mendiskusikan peranan bakteri bagi manusia.
C.     Kegiatan akhir (10 menit)
·         Guru menugaskan siswa melakukan praktek pembuatan yoghurt dengan menggunakan kegiatan 4.4 sebagai Kegiatan mandiri di rumah.

VI. Alat/Bahan/Sumber
·         Buku kerja Biologi 1A, Esis
·         Buku Biologi , SMA Kelas X, Esis, Bab IV
·         Biakan bakteri
·         Air kolam
·         Mikroskop, kaca objek, dan kaca penutup

VII. Penilaian
·         Laporan hasil pengamatan bakteri
·         Uji kompetensi tertulis

No comments: