BIOLOGI X RPP4
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran : Biologi
Kelas/Semester : X (Sepuluh)/ 1
Pertemuan : 5 dan 6
Alokasi Waktu : 4 jam pelajaran
Standar Kompetensi : 2. Memahami prinsip-prinsip pengelompokan makhluk hidup
Kompetensi Dasar : 2.2 Mendeskripsikan ciri-ciri Archaeobacteria dan Eubacteria dan peranannya bagi kehidupan
Tujuan : Siswa mampu memahami prokariot yang meliputi struktur, fungsi tubuh, klasifikasi, dan peranan Eubacteria dan Archaeobacteria
I. Indikator
· Menjelaskan pengertian prokariotik
· Menggambarkan berbagai bentuk sel dan koloni Eubaeteria
· Memberi keterangan struktur dan fungsi sel bakteri
· Membedakan struktur Eubakteria dan Archeobacteria
· Mendeskripsikan peran bakteri bagi manusia
II. Materi Ajar
· Pengertian prokariot
· Ciri-ciri Eubacteria
1. Bentuk sel dan kloloni Eubacteria
2. Sturktur sel Eubacteria
3. Cara hidup Eubacteria
4. reproduksi bakteri
· Klasifikasi Eubacteria
· Perbedaan Archaeobacteria dan Eubacteria
· Contoh-corntoh Archaeobacteria
· Peranan bakteri bagi manusia
III. Metode Pembelajaran
· Diskusi-Penugasan-Pengamatan
IV. Langkah Langkah Pembelajaran
Pertemuan 5 (2 jam pelajaran)
A. Kegiatan awal (10 menit)
· Guru menanyakan beberapa penyakit yang disebabkan oleh bakteri dan beberapa makanan yang melibatkan bakteri dalam pembuatannya.
· Guru bersama siswa menyimpulkan arti penting bakteri bagi manusia.
B. Kegiatan inti (70 menit)
· Guru meminta siswa untuk menyiapkan alat dan bahan pengamatan bakteri dengan menggunakan Kegiatan 4.1 dan 4.2.
· Siswa menyiapkan alat dan bahan, dan melakukan pengamatan struktur bakteri.
C. Kegiatan akhir (10 menit)
· Siswa mengembalikan alat dan bahan pengamatan.
· Siswa menyusun laporan hasil pengamatan.
· Siswa mengumpulkan laporan.
Pertemuan 6 (2 jam pelajaran)
A. Kegiatan awal (15 menit)
· Guru menanyakan kembali hasil pengamatan bakteri.
· Guru dan siswa mendiskusikan ciri umum prokariot.
· Guru dan siswa mendiskusikan kelompok dalam prokariot.
B. Kegiatan inti (65 menit)
· Guru bersama siswa mengidentifikasi berbagai bentuk sel dan koloni Eubakteri.
· Guru bersama siswa mendiskusikan struktur dan fungsi sel bakteri.
· Guru bersama siswa mendiskusikan berbagai contoh Eubakteria.
· Guru bersama siswa mendiskusikan perbedaan Eubakteria dan Archaebacteria.
· Guru bersama siswa mendiskusikan peranan bakteri bagi manusia.
C. Kegiatan akhir (10 menit)
· Guru menugaskan siswa melakukan praktek pembuatan yoghurt dengan menggunakan kegiatan 4.4 sebagai Kegiatan mandiri di rumah.
VI. Alat/Bahan/Sumber
· Buku kerja Biologi 1A, Esis
· Buku Biologi , SMA Kelas X, Esis, Bab IV
· Biakan bakteri
· Air kolam
· Mikroskop, kaca objek, dan kaca penutup
VII. Penilaian
· Laporan hasil pengamatan bakteri
· Uji kompetensi tertulis
No comments:
Post a Comment