09 April 2011

Biologi SMA X Silabus 1



BIOLOGI X SILABUS 1
SILABUS

SEKOLAH                                                              :  SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA)

MATA PELAJARAN                                              :  BIOLOGI

KELAS/SEMESTER                                                :  X (SEPULUH)/I

STANDAR KOMPETENSI                                     :  1. Memahami hakekat Biologi sebagai ilmu

ALOKASI WAKTU                                                                :  4 x 45  menit

 

Kompetensi dasar

 

Kompetensi sebagai Hasil Belajar


Materi Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Indikator

Penilaian

Alokasi Waktu

Sumber  
Belajar

1.1     Mengidentifikasi ruang lingkup Biologi









 

1.2     Mendeskripsikan  objek dan permasalahan biologi pada berbagai tingkat organisasi kehidupan (molekul, sel, jaringan, organ, individu, populasi, ekosistem, dan bioma










·    Menemukan benda-benda yang menjadi objek biologi
·    Menemukan gejala/fenomena yang menjadi objek biologi
·    Mengamati ciri-ciri makhluk hidup
·    Mendeskripsikan ciri-ciri makhluk hidup




·    Menyebutkan objek biologi
·    Menyebutkan permasalahan biologi
·    Menyebutkan tingkat organisasi kehidupan dalam biologi
·    Mendeskripsikan cabang ilmu biologi berdasarkan objek, masalah dan tingkat organisasi kehidupannnya.
·    Mengumpulkan informasi dan membuat struktur keilmuan, perkembangan dan prosepk cabang biologi
·    Membuat makalah

·    Pengertian Biologi sebagai ilmu
·    Ciri-ciri makhluk hidup









·    Tiga aspek keilmuan biologi meliputi:
1.  Objek
    2.   Permasalahan
    3.   Tingkat organisasi

·    Cabang-cabang ilmu biologi dapat di analisis berdasarkan “kue biologi”



·    Mendiskusikan ciri-ciri makhluk hidup










·    Diskusi mengidentifikasi objek biologi, permasalahan biologi, dan tingkat orgasasi kehidupan
·    Diskusi menentukan objek, permasalahan, dan tingkat organisasi kehidupan pada beberapa cabang ilmu biologi
·    Tugas mengumpulkan  informasi dan membuat makalah tentang cabang ilmu biologi, perkembangan, dan prospeknya

·    Mendeskripsikan karakteristik Biologi sebagai ilmu
·    Menyimpulkan ciri-ciri makhluk hidup







·    Menarik kesimpulan ruang lingkup biologi berdasarkan hasil pengamatan
·    Menggambar model struktur keilmuan biologi berdasarkan objek, permasalahan, dan tingkat organisasi kehidupan
·    Menentukan objek, permasalahan, dan tingkat organisasi kehidupan dari contoh cabang ilmu biologi
·    Membuat makalah tentang struktur keilmuan, perkembangan, dan prospek salah satu cabang ilmu biologi

·    Jenis tagihan:
Uji kompetensi  tertulis

·    Instrumen peninalian:
    Soal uji kompetensi tertulis



·    Jenis tagihan:
1.    Uji kompetensi  tertulis
2.     Makalah

·    Instrumen penilaian:
1.     Soal uji kompetensi tertulis
2.     Lembar penilaian makalah






1  45 Menit











3  45 menit

·    Buku kerja Biologi 1A. Ign. Khristiyono P.S, Esis,
·    Buku Biologi X Dyah aryulina dkk, Esis, Bab I
·    Makhluk hidup dan benda mati yang ada di sekitar sekolah

·    Buku kerja Biologi 1A. Ign. Khristiyono P.S, Esis
·    Buku Biologi X , Dyah aryulina dkk, Esis, BAB I
·    Koran, majalah, jurnal, buku sumber, dan internet
SILABUS

SEKOLAH                                                              :  SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA)

MATA PELAJARAN                                              :  BIOLOGI

KELAS/SEMESTER                                                :  X (SEPULUH)/I

STANDAR KOMPETENSI                                     :  2. Memahami prinsip-prinsip pengelompokan makhluk hidup

ALOKASI WAKTU                                                                :  14  45 menit

 

Kompetensi dasar

 

Kompetensi sebagai Hasil Belajar


Materi Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Indikator

Penilaian

Alokasi Waktu

Sumber Belajar

2.1  Mendeskripsikan ciri-ciri, replikasi dan peran virus dalam kehidupan













 


2.2      Mendeskripsikan ciri-ciri Archaeobacteria dan Eubacteria dan peranannya bagi kehidupan












2.3      Menyajikan ciri-ciri umum filum dalam Kingdom Protista dan perannya bagi kehidupan




















 

2.4      Mendeskripsikan ciri-ciri dan jenis-jenis jamur berdasarkan hasil pengamatan, percobaan, dan kajian literatur serta peranannya bagi kehidupan

·    Menyimpulkan prinsip dan dasar klasifikasi makhluk hidup.
·    Menggambar struktur virus berdasarkan foto ultra mikroskopis
·    Memberi nama bagian-bagian tubuh virus
·    Mengurutkan proses-proses reproduksi virus
·    Mengumpulkan informasi peran virus bagi manusia
·    Membuat kegiatan tentang virus




·    Menggambar sel bakteri berdasarkan pengamatan mikroskopis
·    Mendeskripsikan struktur dan fungsi sel bakteri
·    Mengelompokkan Eubacteria
·    Membuat tabel perbedaan Eubakteria dan Archaebacteria
·    Membuat produk olahan bahan makanan dengan menggunakan bakteri






·    Mengamati jenis-jenis Protista dengan menggunakan mikroskop
·    Menggunakan mikroskop
·    Membuat preparat
·    Menggambar Protista berdasarkan hasil pengamatan -pengamatan Protista
·    Mendeskripsikan ciri-ciri Protista
·    Megenlompokkan  Protista berdasarkan ciri yang dapat diamati
·    Mengumpulkan informasi tentang Protista  










·    Mengamati struktur jamur
·    Menggambar struktur tubuh jamur
·    Mengelompokkan jamur
·    Mendeskripsikan ciri-ciri jamur
·    Membuat produk makanan menggunakan jamur










·    Prinsip dan dasar klasifikasi makhluk hidup
·    Ciri-ciri  virus meliputi :
1.    Ciri benda mati virus
2.    Ciri hidup virus
·    Struktur tubuh virus
·    Cara reproduksi virus
·    Peran virus bagi manusia meliputi :
1.    Peran yang    menguntungkan
    2.    Peran yang merugikan






·     Pengertian prokari E
·     Ciri-ciri Eubacteria
1.    Bentuk sel dan koloni Eubacteria
2.    Struktur sel Eubacteria
3.    Cara hidup Eubacteria
4.    Reproduksi bakteri
·     Klasifikasi Eubacteria
·     Perbedaan Archaebacteria dan Eubacteria
·     Contoh-corntoh archaebacteria
·     Peranan bakteri bagi manusia



  Ciri-ciri Protista meliputi:
1.    Protista yang  menyerupai tumbuhan.
2.    Protista yang menyerupai hewan
3.    Protista yang menyerupai jamur
·       Peranan Protista bagi manusia meliputi:
1.    Peranan yang mengutungkan
2.    Peranan yang merugikan












 Ciri-ciri jamur meliputi:
1.   Ciri struktur
2.   Cara hidup
Macam-macam spora yang dihasilkan jamur meliputi:
1.   Spora aseksual
2.   Spora seksual
Klasifikasi jamur
Peranan jamur bagi manusia
Proses produksi yang memanfaatkan jamur

·    Diskusi prinsip dan dasar klasifikasi makhluk hidup
·    Mengamati dan  menggamti struktur tubuh virus
·    Diskusi ciri-ciri virus
·    Menggambar skema reproduksi virus
·    Mengumpulkan informasi tentang peran virus bagi manusia
·    Tugas membuat kajian tentang virus dan penyakit yang disebabkannya





·    Pengamatan bentuk bakteri (Kegiatan 4..1)
·    Diskusi ciri-ciri struktur Eubacteria
·    Pengamatan bentuk-bentuk Cyanobacteria (Kegiatan 4.2)
·    Diskusi ciri-ciri Archaeobacteria
·    Diskusi peranan bakteri bagi manusia
·    Praktek pembuatan yoghurt (Kegiatan 4.4)






·    Praktikum pengamatan Protista yang hidup di air kolam
·    Diskusi untuk mendeskripsikan ciri-ciri Protista
·    Diskusi tentang klasifikasi Protista yang diamati
·    Tugas mengumpulkan informasi tentang protista
















·    Praktikum pengamatan jamur
·    Menggambar struktur jamur berdasarkan hasil pengamatan
·    Diskusi sturktur tubuh jamur berdasarkan hasil pengamatan
·    Surevi/kunjungan ke lokasi produksijamur misalnya pabrik tempe, oncom, dll

·      Menggambar struktur tubuh virus berdasarkan foto ultramikroskopis
·      Mendeskripsikan ciri-ciri virus
·      Membandingkan ciri virus dan ciri hewan/tumbuhan
·      Menggambar skema reproduksi virus
·      Mengidentifikasi peran virus bagi manusia
·      Membuat kajian tentang virus dan penyakit yang disebabkannya


·      Menjelaskan pengertian prokariot
·      Menggambarkan berbagai bentuk sel dan koloni Eubakteria
·      Memberi keterangan struktur dan fungsi sel bakteri
·      Membedakan struktur Eubakteria dan Archaeobacteria
·      Mendeskripsikan peran bakteri bagi manusia





·      Mendeskripsikan ciri-ciri protista yang menyerupai hewan, menyerupai tumbuhan, dan menyerupai jamur
·      Mengelompokkan contoh Protista yang diamati
·      Mengidentifikasi Protista yang menguntungkan dan merugikan manusia














·      Mendeskripsikan ciri-ciri jamur
·      Mendeskripsikan cara jamur memperoleh makanan
·      Membedakan spora aseksual dan seksual
·      Memberikan  alassan pemisahan jamur dari tumbuhan dalam kalsifikasinya
·      Melaporkan proses pembuatan suatu produk yang menggunakn jamur




·    Jenis tagihan:
1.    Uji kompetensi tertulis
2.    Makalah
·    Instrumen penilaian:
1.    Soal uji kompetensi tertulis
2.    Lembar penilaian






·    Jenis tagihan:
1.    Laporan  hasil praktikum pengamatan bakteri
2.    Uji Kompetensi tertulis
·    Instrumen penilaian:
1.  Lembar penilaian laporan hasil praktikum
2.   Soal uji kompetensi tertulis

  Jenis tagihan:
1.   Laporan hasil pengamatan praktikum
2.   Uji kompetensi tertulis
3.   Makalah
 Instrumen        penilaian:
1.   Lembar observasi kegiatan praktikum
2.   Lembar penilaian laporan  hasil praktikum
3.   Lembar penilaian makalah
4.   Soal uji kompetensi tertulis


  Jenis tagihan:
1.   Laporan hasil pengamatan
2.   Uji kompetensi tertulis
   Instrumen penilaian:
1.   Lembar observasi praktikum
2.   Lembar penilaian laporan hasil praktikum
3.   Soal uji kompetensi tertulis

2  45 menit
















4  45 menit
















4  45 menit
























4  45 menit

·    Buku kerja Biologi 1A, Ign. Khristiyono P.S, Esis
·    Buku Biologi X, Dyah aryulina dkk, Esis, BAB II dan Bab III
·    Berbagai informasi tentang virus dan penyakit yang disebabkan virus


·    Buku kerja Biologi 1A, Ign. Khristiyono P.S, Esis
·    Buku Biologi X , Dyah aryulina dkk, Esis, BAB IV
·    Biakan bakteri
·    Air kolam
·    Mikroskop, kaca objek, dan kaca penutup





·    Buku kerja 1A, Ign. Khristiyono P.S, Esis
·    Buku Biologi X, Dyah Aryulina, dkk, Bab X
·    Air kolam
·    Mikroskop, kaca obyek, dan kaca penutup
·    Berbagai informasi tentang Protista dari berbagai sumber (koran, majalah, buku, atau internet)






·    Buku kerja 1A, Ign. Khristiyono P.S, Esis
·    Buku biologi, X Dyah aryuliana dkk, Esis. Bab IV
·    Contoh jamur
·    Bahan-bahan pembuat tempe dan tape

No comments: