BIOLOGI X SILABUS 1
SILABUS
SEKOLAH : SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA)
MATA PELAJARAN : BIOLOGI
KELAS/SEMESTER : X (SEPULUH)/I
STANDAR KOMPETENSI : 1. Memahami hakekat Biologi sebagai ilmu
ALOKASI WAKTU : 4 x 45 menit
Kompetensi dasar | Kompetensi sebagai Hasil Belajar | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar |
1.1 Mengidentifikasi ruang lingkup Biologi 1.2 Mendeskripsikan objek dan permasalahan biologi pada berbagai tingkat organisasi kehidupan (molekul, sel, jaringan, organ, individu, populasi, ekosistem, dan bioma | · Menemukan benda-benda yang menjadi objek biologi · Menemukan gejala/fenomena yang menjadi objek biologi · Mengamati ciri-ciri makhluk hidup · Mendeskripsikan ciri-ciri makhluk hidup · Menyebutkan objek biologi · Menyebutkan permasalahan biologi · Menyebutkan tingkat organisasi kehidupan dalam biologi · Mendeskripsikan cabang ilmu biologi berdasarkan objek, masalah dan tingkat organisasi kehidupannnya. · Mengumpulkan informasi dan membuat struktur keilmuan, perkembangan dan prosepk cabang biologi · Membuat makalah | · Pengertian Biologi sebagai ilmu · Ciri-ciri makhluk hidup · Tiga aspek keilmuan biologi meliputi: 1. Objek 2. Permasalahan 3. Tingkat organisasi · Cabang-cabang ilmu biologi dapat di analisis berdasarkan “kue biologi” | · Mendiskusikan ciri-ciri makhluk hidup · Diskusi mengidentifikasi objek biologi, permasalahan biologi, dan tingkat orgasasi kehidupan · Diskusi menentukan objek, permasalahan, dan tingkat organisasi kehidupan pada beberapa cabang ilmu biologi · Tugas mengumpulkan informasi dan membuat makalah tentang cabang ilmu biologi, perkembangan, dan prospeknya | · Mendeskripsikan karakteristik Biologi sebagai ilmu · Menyimpulkan ciri-ciri makhluk hidup · Menarik kesimpulan ruang lingkup biologi berdasarkan hasil pengamatan · Menggambar model struktur keilmuan biologi berdasarkan objek, permasalahan, dan tingkat organisasi kehidupan · Menentukan objek, permasalahan, dan tingkat organisasi kehidupan dari contoh cabang ilmu biologi · Membuat makalah tentang struktur keilmuan, perkembangan, dan prospek salah satu cabang ilmu biologi | · Jenis tagihan: Uji kompetensi tertulis · Instrumen peninalian: Soal uji kompetensi tertulis · Jenis tagihan: 1. Uji kompetensi tertulis 2. Makalah · Instrumen penilaian: 1. Soal uji kompetensi tertulis 2. Lembar penilaian makalah | 1 45 Menit 3 45 menit | · Buku kerja Biologi 1A. Ign. Khristiyono P.S, Esis, · Buku Biologi X Dyah aryulina dkk, Esis, Bab I · Makhluk hidup dan benda mati yang ada di sekitar sekolah · Buku kerja Biologi 1A. Ign. Khristiyono P.S, Esis · Buku Biologi X , Dyah aryulina dkk, Esis, BAB I · Koran, majalah, jurnal, buku sumber, dan internet |
SILABUS
SEKOLAH : SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA)
MATA PELAJARAN : BIOLOGI
KELAS/SEMESTER : X (SEPULUH)/I
STANDAR KOMPETENSI : 2. Memahami prinsip-prinsip pengelompokan makhluk hidup
ALOKASI WAKTU : 14 45 menit
Kompetensi dasar | Kompetensi sebagai Hasil Belajar | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar |
2.1 Mendeskripsikan ciri-ciri, replikasi dan peran virus dalam kehidupan 2.2 Mendeskripsikan ciri-ciri Archaeobacteria dan Eubacteria dan peranannya bagi kehidupan 2.3 Menyajikan ciri-ciri umum filum dalam Kingdom Protista dan perannya bagi kehidupan 2.4 Mendeskripsikan ciri-ciri dan jenis-jenis jamur berdasarkan hasil pengamatan, percobaan, dan kajian literatur serta peranannya bagi kehidupan | · Menyimpulkan prinsip dan dasar klasifikasi makhluk hidup. · Menggambar struktur virus berdasarkan foto ultra mikroskopis · Memberi nama bagian-bagian tubuh virus · Mengurutkan proses-proses reproduksi virus · Mengumpulkan informasi peran virus bagi manusia · Membuat kegiatan tentang virus · Menggambar sel bakteri berdasarkan pengamatan mikroskopis · Mendeskripsikan struktur dan fungsi sel bakteri · Mengelompokkan Eubacteria · Membuat tabel perbedaan Eubakteria dan Archaebacteria · Membuat produk olahan bahan makanan dengan menggunakan bakteri · Mengamati jenis-jenis Protista dengan menggunakan mikroskop · Menggunakan mikroskop · Membuat preparat · Menggambar Protista berdasarkan hasil pengamatan -pengamatan Protista · Mendeskripsikan ciri-ciri Protista · Megenlompokkan Protista berdasarkan ciri yang dapat diamati · Mengumpulkan informasi tentang Protista · Mengamati struktur jamur · Menggambar struktur tubuh jamur · Mengelompokkan jamur · Mendeskripsikan ciri-ciri jamur · Membuat produk makanan menggunakan jamur | · Prinsip dan dasar klasifikasi makhluk hidup · Ciri-ciri virus meliputi : 1. Ciri benda mati virus 2. Ciri hidup virus · Struktur tubuh virus · Cara reproduksi virus · Peran virus bagi manusia meliputi : 1. Peran yang menguntungkan 2. Peran yang merugikan · Pengertian prokari E · Ciri-ciri Eubacteria 1. Bentuk sel dan koloni Eubacteria 2. Struktur sel Eubacteria 3. Cara hidup Eubacteria 4. Reproduksi bakteri · Klasifikasi Eubacteria · Perbedaan Archaebacteria dan Eubacteria · Contoh-corntoh archaebacteria · Peranan bakteri bagi manusia Ciri-ciri Protista meliputi: 1. Protista yang menyerupai tumbuhan. 2. Protista yang menyerupai hewan 3. Protista yang menyerupai jamur · Peranan Protista bagi manusia meliputi: 1. Peranan yang mengutungkan 2. Peranan yang merugikan Ciri-ciri jamur meliputi: 1. Ciri struktur 2. Cara hidup Macam-macam spora yang dihasilkan jamur meliputi: 1. Spora aseksual 2. Spora seksual Klasifikasi jamur Peranan jamur bagi manusia Proses produksi yang memanfaatkan jamur | · Diskusi prinsip dan dasar klasifikasi makhluk hidup · Mengamati dan menggamti struktur tubuh virus · Diskusi ciri-ciri virus · Menggambar skema reproduksi virus · Mengumpulkan informasi tentang peran virus bagi manusia · Tugas membuat kajian tentang virus dan penyakit yang disebabkannya · Pengamatan bentuk bakteri (Kegiatan 4..1) · Diskusi ciri-ciri struktur Eubacteria · Pengamatan bentuk-bentuk Cyanobacteria (Kegiatan 4.2) · Diskusi ciri-ciri Archaeobacteria · Diskusi peranan bakteri bagi manusia · Praktek pembuatan yoghurt (Kegiatan 4.4) · Praktikum pengamatan Protista yang hidup di air kolam · Diskusi untuk mendeskripsikan ciri-ciri Protista · Diskusi tentang klasifikasi Protista yang diamati · Tugas mengumpulkan informasi tentang protista · Praktikum pengamatan jamur · Menggambar struktur jamur berdasarkan hasil pengamatan · Diskusi sturktur tubuh jamur berdasarkan hasil pengamatan · Surevi/kunjungan ke lokasi produksijamur misalnya pabrik tempe, oncom, dll | · Menggambar struktur tubuh virus berdasarkan foto ultramikroskopis · Mendeskripsikan ciri-ciri virus · Membandingkan ciri virus dan ciri hewan/tumbuhan · Menggambar skema reproduksi virus · Mengidentifikasi peran virus bagi manusia · Membuat kajian tentang virus dan penyakit yang disebabkannya · Menjelaskan pengertian prokariot · Menggambarkan berbagai bentuk sel dan koloni Eubakteria · Memberi keterangan struktur dan fungsi sel bakteri · Membedakan struktur Eubakteria dan Archaeobacteria · Mendeskripsikan peran bakteri bagi manusia · Mendeskripsikan ciri-ciri protista yang menyerupai hewan, menyerupai tumbuhan, dan menyerupai jamur · Mengelompokkan contoh Protista yang diamati · Mengidentifikasi Protista yang menguntungkan dan merugikan manusia · Mendeskripsikan ciri-ciri jamur · Mendeskripsikan cara jamur memperoleh makanan · Membedakan spora aseksual dan seksual · Memberikan alassan pemisahan jamur dari tumbuhan dalam kalsifikasinya · Melaporkan proses pembuatan suatu produk yang menggunakn jamur | · Jenis tagihan: 1. Uji kompetensi tertulis 2. Makalah · Instrumen penilaian: 1. Soal uji kompetensi tertulis 2. Lembar penilaian · Jenis tagihan: 1. Laporan hasil praktikum pengamatan bakteri 2. Uji Kompetensi tertulis · Instrumen penilaian: 1. Lembar penilaian laporan hasil praktikum 2. Soal uji kompetensi tertulis Jenis tagihan: 1. Laporan hasil pengamatan praktikum 2. Uji kompetensi tertulis 3. Makalah Instrumen penilaian: 1. Lembar observasi kegiatan praktikum 2. Lembar penilaian laporan hasil praktikum 3. Lembar penilaian makalah 4. Soal uji kompetensi tertulis Jenis tagihan: 1. Laporan hasil pengamatan 2. Uji kompetensi tertulis Instrumen penilaian: 1. Lembar observasi praktikum 2. Lembar penilaian laporan hasil praktikum 3. Soal uji kompetensi tertulis | 2 45 menit 4 45 menit 4 45 menit 4 45 menit | · Buku kerja Biologi 1A, Ign. Khristiyono P.S, Esis · Buku Biologi X, Dyah aryulina dkk, Esis, BAB II dan Bab III · Berbagai informasi tentang virus dan penyakit yang disebabkan virus · Buku kerja Biologi 1A, Ign. Khristiyono P.S, Esis · Buku Biologi X , Dyah aryulina dkk, Esis, BAB IV · Biakan bakteri · Air kolam · Mikroskop, kaca objek, dan kaca penutup · Buku kerja 1A, Ign. Khristiyono P.S, Esis · Buku Biologi X, Dyah Aryulina, dkk, Bab X · Air kolam · Mikroskop, kaca obyek, dan kaca penutup · Berbagai informasi tentang Protista dari berbagai sumber (koran, majalah, buku, atau internet) · Buku kerja 1A, Ign. Khristiyono P.S, Esis · Buku biologi, X Dyah aryuliana dkk, Esis. Bab IV · Contoh jamur · Bahan-bahan pembuat tempe dan tape |
No comments:
Post a Comment