Google Web Search Gadget

There was an error in this gadget

09 April 2011

Fisika SMA XII Silabus2




FISIKA XII SILABUS 2

Silabus


Sekolah                        : SMA ..............................
Kelas / Semester          : XII (Dua belas) / II (Dua)
Mata Pelajaran           : FISIKA
Standar Kompetensi: 3. Menganalisis berbagai besaran fisis pada gejala kuantum dan batas-batas berlakunya relativitas Einstein dalam paradigma fisika modern.

Kompetensi
Dasar
Materi
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar

 Teknik
Bentuk
Instrumen
Contoh
Instrumen

 3.1 Menganalisis secara kualitatif gejala kuantum yang mencakup hakikat dan sifat-sifat radiasi benda hitam serta penerapannya.


Pendahuluan Teori Kuantum











-  Menafsirkan data radiasi benda hitam dalam diskusi kelas.




-  Merumuskan radiasi benda hitam (termasuk hukum pergeseran Wien), postulat Planck dan dualisme gelombang partikel cahaya dalam diskusi kelas.










·  Memaparkan hasil kajian literatur tentang perilaku radiasi benda hitam yang berkaitan dengan gejala pemanasan global.
·      Mendeskripsikan fenomena radiasi benda hitam.









-      Mendeskripsikan hipotesis Planck tentang kuantum cahaya.





·      Menerapkan karakteristik radiasi benda hitam untuk menjelaskan gejala pemanasan global.


Tes tertulis











Tes tertulis












Tes tertulis



Tes isian








Tes PG












Tes uraian








Suatu benda hitam pada suhu
127 0C memancarkan energi
180 J/s. Jika suhu benda terus berkurang hingga menjadi 27 0C. Energi yang dipancarkan sekarang menjadi ....



Frekuensi cahaya tampak
6 x 1014 Hz. Konstanta Planck
6,6 x 10-34 Js, maka besar energi foton adalah ....
A. 1,975 x 10-17 J
B. 2,975 x 10-18 J
C. 3,975 x 10-19 J
D. 4,975 x 10-19 J
E. 5,975 x 10-19 J



Jelaskan aplikasi dari sifat radiasi benda hitam dalam kehidupan sehari-hari.






6x40’























Buku Fisika SMA dan MA Jl.3B (Esis) h. 1-24 dan buku referensi yang relevan.




















Kompetensi
Dasar
Materi
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Materi
Pembelajaran
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
 Teknik
Bentuk
Instrumen
Contoh
Instrumen
3.2  Mendeskripsikan perkembangan teori atom.
Teori Atom
C.    Membuat dan menjelaskan model atom Thomson, Rutherford, dan Niels Bohr berdasarkan kajian literatur secara berkelompok.





C.    Mendiskusikan perumusan kuantitas energi, momentum, perubahan energi, dan panjang gelombang foton pada elektron menurut teori atom Bohr.



·  Mengkaji literatur untuk mencari informasi tentang  deret spektrum atom hidrogen.
-      Mendeskripsikan karakteristik teori atom Thomson, Rutherford, dan Niels Bohr.






·      Menghitung perubahan energi elektron yang mengalami eksitasi.



-      Menghitung panjang gelombang terbesar dan terkecil pada deret Balmer, Lyman, Paschen, Brackett, dan Pfund pada spektrum atom hidrogen.


Tes tertulis


















Tes tertulis









Tes tertulis



Tes PG






























Tes isian










Tes uraian










Kegagalan model atom Thomson karena ....
A. atom tidak dapat dipecah-pecah lagi
B. massa atom tersebar merata dan mengisi seluruh ruangan atom
C. elektron mengelilingi inti pada lintasan tertentu (orbit)
D. massa atom terpusat di suatu titik pusat (inti atom)
E. secara keseluruhan atom bersifat netral



Energi yang diemisikan oleh elektron yang berpindah dari orbit dengan bilangan kuantum 3 ke 1 adalah ....



Diketahui konstanta Rydberg sama dengan 1,097 x 107 m-1. Tentukan panjang gelombang terpanjang dari deret: a) Balmer, b) Lyman,
c) Paschen, d) Brackett, dan
e) Pfund.

6x40'

Buku Fisika SMA dan MA Jl. 3B (Esis)
h. 25-62 dan buku referensi yang relevan.








Kompetensi
Dasar
Materi
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
 Teknik
Bentuk
Instrumen
Contoh
Instrumen
3.3. Memformulasikan teori relativitas khusus untuk waktu, panjang, dan massa, serta kesetaraan massa dengan energi yang diterapkan dalam teknologi.

Teori Relativitas Khusus
c. Mendefinisikan relativitas dalam berbagai masalah melalui kegiatan tanya jawab di kelas.





-  Merumuskan relativitas panjang, massa, waktu, momentum, dan energi dalam diskusi kelas.





·   Mengkaji literatur untuk mencari informasi tentang kesetaraan massa dan energi pada teknologi nuklir.

·      Memformulasikan relativitas khusus untuk massa, panjang dan waktu.








-      Menganalisis relativitas panjang, waktu, massa, energi, dan momentum.








·      Mendeskripsikan penerapan kesetaraan massa dan energi pada teknologi nuklir.

Tes tertulis










Tes tertulis








Penugasan



Tes PG










Tes uraian














Tugas rumah


Sebuah pesawat luar angkasa bergerak dengan kecepatan 0,1 c.
Jika penumpang berjalan sejauh 50 m, maka jarak menurut pengamat di bumi adalah ....
A. 49,8 m     D. 42,8 m
B. 39,8 m      E. 41,8 m
C. 39,9 m
·         


Sebuah partikel bergerak sedemikian cepat sehingga energi totalnya mencapai 1,1 kali energi diamnya. Hitunglah:
a. kecepatan gerak partikel
b. energi kinetik partikel










Buatlah artikel tentang penerapan kesetaraan massa dan energi pada teknologi nuklir.



4x40'

Buku Fisika SMA dan MA Jl.3B (Esis)
h. 63-86, buku referensi yang relevan, dan lingkungan.



























Standar Kompetensi: 4. Menunjukkan penerapan konsep fisika inti dan radioaktivitas dalam teknologi dan kehidupan sehari-hari.


Kompetensi
Dasar
Materi
Pembelajaran
Kegiatan pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar

 Teknik
Bentuk
Instrumen
Contoh
Instrumen

4.1  Mengidentifikasi  karakteristik inti atom dan radioaktivitas.

Inti Atom dan Radioaktivitas
·  Mendiskusikan karakteristik inti atom dan kestabilan inti atom.



·  Mengkaji literatur untuk mencari informasi tentang karakteristik radioaktivitas.





-  Menghitung defek massa, energi ikat inti, energi ikat per nukleon, waktu paroh, dan laju peluruhan dalam berbagai pemecahan masalah.

-      Mendeskripsikan karakteristik inti atom.






·      Mendeskripsikan karakteristik radioaktivitas.




·      Mendeskripsikan prinsip kesetaraan massa dan energi pada konsep energi ikat inti.

Tes tertulis















Tes tertulis













Tes tertulis






Tes PG







Tes isian









Tes uraian






Gambaran dari suatu inti atom dapat diketahui dari ....
A. massa atom
B. nomor atom
C. jumlah nukleon dalam inti
D. nomor atom dan nomor massa
E. semua jawaban salah





Ketika inti melakukan peluruhan  beta negatif, maka sifat inti yang dihasilkan dibandingkan inti asal adalah ....






Hituglah defek massa, energi ikat, dan energi ikat per nukleon dari:








a. inti nitrogen      b. inti helium


8x40'

Buku Fisika SMA dan MA
Jl. 3B (Esis)
h. 87-118, buku referensi yang relevan, dan lingkungan.



Kompetensi
Dasar
Materi
Pembelajaran
Kegiatan pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
 Teknik
Bentuk
Instrumen
Contoh
Instrumen
4.2. Mendeskripsikan pemanfaatan radioaktif dalam teknologi dan kehidupan sehari-hari.
Energi Inti dan Efek Radiasi
-      Mendiskusikan skema reaktor atom dan manfaatnya.

-      Mengkaji literatur untuk mencari informasi tentang karakteristik radioisotop.
-      Mengkaji literatur untuk mencari informasi tentang pemanfaatan radioaktif dalam kehidupan sehari-hari.
-      Menghitung umur fosil atau batuan dengan menggunakan prinsip waktu paroh.




-      Mengkaji literatur untuk mencari informasi tentang bahaya radioaktif dan cara mengurangi risikonya.
·      Mendeskripsikan skema reaktor nuklir dan manfaatnya.


-      Mendeskripsikan karakteristik radioisotop.

·      Mendeskripsikan pemanfaatan radioaktif dalam bidang kesehatan, industri, dan pertanian.
·      Mendeskripsikan penghitungan umur fosil atau batuan dengan menggunakan prinsip waktu paroh.



·      Menunjukkan bahaya radioaktif dan cara mengurangi risikonya.



Penugasan



Tes tertulis




Tes tertulis





Tes tertulis











Tes tertulis



Tugas rumah


Tes isian




Tes uraian






Tes PG









Tes uraian




Buatlah poster yang memuat skema reaktor nuklir disertai nama bagian dan fungsinya masing-masing.



Isotop yang bersifat radioaktif disebut ....



Sebutkan pemanfaatan radioaktif dalam bidang kesehatan, industri, dan pertanian.




Waktu paroh C-14 5.730 tahun. Fosil tulang mengandung C-14 sebesar 25%, umur tulang tersebut adalah ....
A. 11.460 tahun    D. 2.865 tahun
B. 5.872,5 tahun   E.  5.730 tahun
C. 1.432,5 tahun




Jelaskan bahaya radioaktif dan cara mengurangi risiko yang ditimbulkannya.

6x40'

Buku Fisika SMA dan MA
Jl. 3B (Esis)
h.119-144, buku referensi yang relevan, dan lingkungan





























                                                                                                                                                                                                ........................,.........................
Mengetahui
Kepala SMA .................                                                                                                                                                         Guru Mata Pelajaran



.....................................                                                                                                                                                             .....................................
NIP.                                                                                                                                                                                          NIP.   
Administrasi PBM, Fisika SMA XII, RPP Fisika SMA XII, Fisika  SMA XII Silabus2,                  

No comments: