BIOLOGI X RPP 5
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran : Biologi
Kelas/Semester : X (Sepuluh)/ 1
Pertemuan : 7 dan 8
Alokasi Waktu : 4 jam pelajaran
Standar Kompetensi : 2. Memahami prinsip-prinsip pengelompokan makhluk hidup
Kompetensi Dasar : 2.3 Menyajikan ciri-ciri umum filum dalam kingdom Protista dan peranannya bagi kehidupan
Tujuan : Siswa mampu mendeskripsikan ciri-ciri Protista, mengklasifikasikan Protista, peranan Protista bagi manusia
I. Indikator
· Mendeskripsikan ciri-ciri Protista yang menyerupai hewan,menyerupai tumbuhan dan menyerupai jamur.
· Mengelompokkan contoh Protista yang menyerupai hewan, tumbuhan, dan jamur.
· Mengidentifikasi Protista yang menguntungkan dan merugikan manusia.
II. Materi Ajar
· Ciri-ciri Protista meliputi:
1. Protista yang meyerupai tumbuhan
2. Protista yang menyerupai hewan
3. Protista yang menyerupai jamur
· Peranan protista bagi manusia meliputi:
1. Peranan yang menguntungkan
2. Peranan yang merugikan
III. Metode Pembelajaran
· Diskusi - Penugasan - Pengamatan
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan 7 (2 jam pelajaran)
A. Kegiatan awal (10 menit)
· Guru menanyakan kembali kepada siswa ciri-ciri prokariot.
· Guru mendiskusikan makhluk hidup satu sel lainnya yang mempunyai ciri berbeda dengan prokariot.
B. Kegiatan inti (70 menit)
· Guru meminta siswa untuk menyiapkan alat dan bahan pengamatan Protista dengan menggunakan Kegiatan 5.1.
· Siswa melakukan pengamatan makroskopis maupun mikroskopis Protista.
· Siswa menggambar hasil pengamatan.
· Siswa membuat laporan hasil pengamatan.
C. Kegiatan akhir (10 menit)
· Guru bersama siswa menyimpulkan ciri-ciri Protista.
· Siswa mengumpulkan laporan hasil pengamatan.
Pertemuan 8 (2 jam pelajaran)
A. Kegiatan awal (10 menit)
· Guru menanyakan kembali ciri-ciri umum Protista.
B. Kegiatan inti (70 menit)
· Guru bersama siswa mendiskusikan dasar klasifikasi Protista.
· Guru bersama siswa mendiskusikan ciri-ciri Protista yang menyerupai hewan, tumbuhan, dan jamur.
· Siswa mendeskripsikan contoh-contoh Protista yang menyerupai hewan, tumbuhan, dan jamur.
C. Kegiatan akhir (10 menit)
· Guru menugaskan siswa untuk membuat kajian tentang Protista dengan menggunakan Kegiatan 5.3.
V. Alat/ Bahan/ Sumber
· Buku kerja Biologi 1A, Esis
· Buku Biologi SMA Kelas X, Esis, Bab V
· Air kolam
· Mikroskop, kaca objek, dan kaca penutup
· Berbagai informasi tentang Protista dari berbagai sumber (koran, majalah, buku, atau internet)
VI. Penilaian
· Laporan hasil pengamatan Protista
· Makalah kajian Protista
· Uji kompetensi tertulis
No comments:
Post a Comment