Google Web Search Gadget

There was an error in this gadget

09 April 2011

Biologi SMA X RPP 5



BIOLOGI X RPP 5

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Mata Pelajaran          : Biologi
Kelas/Semester           : X (Sepuluh)/ 1
Pertemuan                  : 7 dan 8
Alokasi Waktu            : 4 jam pelajaran

Standar Kompetensi      :  2.      Memahami prinsip-prinsip pengelompokan makhluk hidup

Kompetensi Dasar         : 2.3  Menyajikan ciri-ciri umum filum dalam kingdom Protista dan peranannya bagi kehidupan
Tujuan                           : Siswa mampu mendeskripsikan ciri-ciri Protista, mengklasifikasikan Protista, peranan Protista bagi manusia



I.                   Indikator
·         Mendeskripsikan ciri-ciri Protista yang menyerupai hewan,menyerupai tumbuhan dan menyerupai jamur.
·         Mengelompokkan contoh Protista yang menyerupai hewan, tumbuhan, dan jamur.
·         Mengidentifikasi Protista yang menguntungkan dan merugikan manusia.

II.                Materi Ajar
·         Ciri-ciri Protista meliputi:
1.      Protista yang meyerupai tumbuhan
2.      Protista yang menyerupai hewan
3.      Protista yang menyerupai jamur
·         Peranan protista bagi manusia meliputi:
1.      Peranan yang menguntungkan
2.      Peranan yang merugikan

III.             Metode Pembelajaran
·         Diskusi - Penugasan - Pengamatan

IV.              Langkah-Langkah Pembelajaran

Pertemuan 7 (2 jam pelajaran)

A.  Kegiatan awal (10 menit)
·         Guru menanyakan kembali kepada siswa ciri-ciri prokariot.
·         Guru mendiskusikan makhluk hidup satu sel lainnya yang mempunyai ciri berbeda dengan prokariot.
B.   Kegiatan inti (70 menit)
·         Guru meminta siswa untuk menyiapkan alat dan bahan pengamatan Protista dengan menggunakan Kegiatan 5.1.
·         Siswa melakukan pengamatan makroskopis maupun mikroskopis Protista.
·         Siswa menggambar hasil pengamatan.
·         Siswa membuat laporan hasil pengamatan.
C.   Kegiatan akhir (10 menit)
·         Guru bersama siswa menyimpulkan ciri-ciri Protista.
·         Siswa mengumpulkan laporan hasil pengamatan.


Pertemuan 8 (2 jam pelajaran)

A.     Kegiatan awal (10 menit)
·         Guru menanyakan kembali ciri-ciri umum Protista.
B.     Kegiatan inti (70 menit)
·         Guru bersama siswa mendiskusikan dasar klasifikasi Protista.
·         Guru bersama siswa mendiskusikan ciri-ciri Protista yang menyerupai hewan, tumbuhan, dan jamur.
·         Siswa mendeskripsikan contoh-contoh Protista yang menyerupai hewan, tumbuhan, dan jamur.
C.     Kegiatan akhir (10 menit)
·         Guru menugaskan siswa untuk membuat kajian tentang Protista dengan menggunakan Kegiatan 5.3.

V.  Alat/ Bahan/ Sumber
·         Buku kerja Biologi 1A, Esis
·         Buku Biologi SMA Kelas X, Esis, Bab V
·         Air kolam
·         Mikroskop, kaca objek, dan kaca penutup
·         Berbagai informasi tentang Protista dari berbagai sumber (koran, majalah, buku, atau internet)

VI. Penilaian
·         Laporan hasil pengamatan Protista
·         Makalah kajian Protista
·         Uji kompetensi tertulis

No comments: