FISIKA XII RPP 11
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : SMA
Kelas / Semester : XII (Dua belas) / Semester II
Mata Pelajaran : FISIKA
Standar Kompetensi
4. Menunjukkan penerapan konsep fisika inti dan radioaktivitas dalam teknologi dan kehidupan sehari-hari.
Kompetensi Dasar
4.2 Mendeskripsikan pemanfaatan radioaktif dalam teknologi dan kehidupan sehari-hari.
Indikator
l Mendeskripsikan skema reaktor nuklir dan manfaatnya.
l Mendeskripsikan karakteristik radioisotop.
l Mendeskripsikan pemanfaatan radioaktif dalam bidang kesehatan, industri, dan pertanian.
l Mendeskripsikan penghitungan umur fosil atau batuan dengan menggunakan prinsip waktu paroh.
l Menunjukkan bahaya radioaktif dan cara mengurangi risikonya.
A. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat:
l Menjelaskan pengertian transmutasi.
l Menjelaskan syarat terjadinya reaksi inti.
l Menuliskan persamaan reaksi inti.
l Membedakan reaksi eksotermik dan reaksi endotermik.
l Menjelaskan pengertian fisi nuklir.
l Menjelaskan proses fisi nuklir.
l Menjelaskan proses reaksi fisi berantai.
l Menyebutkan moderator reaktor fisi.
l Menjelaskan skema reaktor nuklir dan manfaatnya.
l Menjelaskan pengertian fusi nuklir.
l Menjelaskan proses fusi nuklir.
l Menjelaskan efek yang ditimbulkan oleh radiasi.
l Menjelaskan pengertian dosis terabsorpsi.
l Menjelaskan pengertian keefektifan biologi relatif atau faktor kualitas.
l Menjelaskan pengertian dosis efektif.
l Menjelaskan pemanfaatan radioaktif dalam bidang kesehatan, industri, dan pertanian.
l Menghitung umur fosil atau batuan dengan menggunakan prinsip waktu paroh.
l Menjelaskan bahaya radioaktif dan cara mengurangi risikonya.
B. Materi Pembelajaran
Energi Inti dan Efek Radiasi
C. Metode Pembelajaran
1. Model : - Direct Instruction (DI)
- Cooperative Learning
2. Metode : - Diskusi kelompok
- Observasi
- Ceramah
D. Langkah-langkah Kegiatan
PERTEMUAN PERTAMA
a. Kegiatan Pendahuluan
l Motivasi dan Apersepsi:
- Bagaimana cara menulis persamaan reaksi inti?
- Bagaimana cara kerja moderator dalam reaktor nuklir?
l Prasyarat pengetahuan:
- Apakah yang dimaksud dengan reaksi inti?
- Apakah yang dimaksud dengan moderator?
b. Kegiatan Inti
l Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
l Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian transmutasi.
l Peserta didik memperhatikan penulisan persamaan reaksi inti yang disampaikan oleh guru.
l Peserta didik memperhatikan contoh soal menentukan jenis partikel yang belum ditulis dalam persamaan reaksi inti yang disampaikan oleh guru.
l Peserta didik dalam setiap kelompok mendiskusikan perbedaan reaksi eksotermik dan reaksi endotermik.
l Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal.
l Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
l Peserta didik memperhatikan penjelasan guru mendapatkan persamaan energi yang dihasilkan dari reaksi inti.
l Peserta didik memperhatikan contoh soal menentukan energi yang dihasilkan dari reaksi inti yang disampaikan oleh guru.
l Guru memberikan beberapa soal menentukan energi yang dihasilkan dari reaksi inti untuk dikerjakan oleh peserta didik.
l Guru mengoreksi jawaban peserta didik apakah sudah benar atau belum. Jika masih terdapat peserta didik yang belum dapat menjawab dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.
l Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian reaksi fisi nuklir.
l Peserta didik memperhatikan proses reaksi fisi nuklir dan proses reaksi fisi berantai yang disampaikan oleh guru.
l Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian moderator.
l Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk menyebutkan moderator reaktor fisi.
l Peserta didik memperhatikan penjelasan guru mengenai skema reaktor nuklir dan manfaatnya.
c. Kegiatan Penutup
l Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
l Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
l Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.
PERTEMUAN KEDUA
a. Kegiatan Pendahuluan
l Motivasi dan Apersepsi:
- Apakah syarat terjadinya reaksi fusi nuklir?
- Bagaimana cara mengukur efek radiasi?
l Prasyarat pengetahuan:
- Apakah yang dimaksud dengan fusi nuklir?
- Apakah yang dimaksud dengan dosis terabsorpsi?
b. Kegiatan Inti
l Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian fusi nuklir.
l Peserta didik memperhatikan penjelasan guru mengenai proses fusi nuklir.
l Peserta didik memperhatikan penjelasan kurva energi ikat per nukleon sebagai fungsi nomor massa yang disampaikan oleh guru.
l Peserta didik memperhatikan contoh soal menentukan energi yang dihasilkan dari reaksi fisi dan fusi yang disampaikan oleh guru.
l Guru memberikan beberapa soal menentukan energi yang dihasilkan dari reaksi fisi dan reaksi fusi untuk dikerjakan oleh peserta didik.
l Guru mengoreksi jawaban peserta didik apakah sudah benar atau belum. Jika masih terdapat peserta didik yang belum dapat menjawab dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.
l Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan efek yang ditimbulkan oleh radiasi.
l Peserta didik memperhatikan penjelasan guru mengenai pengertian dosis terabsorpsi.
l Perwakilan peserta didik diminta untuk menyebutkan satuan dosis terabsorpsi.
l Peserta didik memperhatikan penjelasan guru mengenai pengertian keefektifan biologi relatif atau faktor kualitas dan dosis efektif.
l Peserta didik memperhatikan contoh soal menentukan dosis terabsorpsi dan dosis efektif yang disampaikan oleh guru.
l Guru memberikan beberapa soal menentukan dosis terabsorpsi dan dosis efektif untuk dikerjakan oleh peserta didik.
l Guru mengoreksi jawaban peserta didik apakah sudah benar atau belum. Jika masih terdapat peserta didik yang belum dapat menjawab dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.
c. Kegiatan Penutup
l Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
l Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.
PERTEMUAN KETIGA
a. Kegiatan Pendahuluan
l Motivasi dan Apersepsi:
l Apakah manfaat radioisotop dalam kehidupan sehari-hari?
l Isotop karbon berapakah yang digunakan untuk menentukan umur fosil?
Prasyarat pengetahuan:
l Apakah yang dimaksud dengan radioisotop?
l Bagaimana menentukan umur fosil dengan karbon?
b. Kegiatan Inti
- Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok, masing-masing kelompok terdiri dari 3-4 siswa laki-laki dan perempuan yang berbeda kemampuannya.
l Peserta didik memperhatikan karakteristik radioisotop yang disampaikan oleh guru.
l Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pemanfaatan, bahaya, dan cara mengurangi risiko radioaktif dalam kehidupan sehari-hari.
l Guru membagi tugas kelompok:
- 2 kelompok diberi tugas untuk menjelaskan pemanfaatan radioaktif dalam bidang kesehatan.
- 2 kelompok diberi tugas untuk menjelaskanpemanfaatan radioaktif dalam bidang industri.
- 2 kelompok diberi tugas untuk menjelaskan pemanfaatan radioaktif dalam bidang pertanian.
- 2 kelompok diberi tugas untuk menjelaskan pemanfaatan radioaktif untuk menghitung umur fosil dengan menggunakan prinsip waktu paroh.
- 2 kelompok diberi tugas untuk menjelaskan bahaya radioaktif dan cara mengurangi risikonya.
l Tugas kelompok diberikan 1 minggu sebelum proses pembelajaran dilaksanakan.
- Setiap kelompok diminta untuk menuliskannya dalam bentuk karya tulis.
- Setiap kelompok diminta untuk mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelompok yang lain.
- Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
c. Kegiatan Penutup
l Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
l Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
l Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.
E. Sumber Belajar
a. Buku Fisika SMA dan MA Jl. 3B (Esis) halaman 119-144
b. Buku referensi yang relevan
c. Lingkungan
F. Penilaian Hasil Belajar
a. Teknik Penilaian:
l Tes tertulis
l Penugasan
b. Bentuk Instrumen:
l Tes PG
l Tes isian
l Tes uraian
l Tugas rumah
c. Contoh Instrumen:
l Contoh tes PG
Waktu paroh C-14 5.730 tahun. Fosil tulang mengandung C-14 sebesar 25%, umur tulang tersebut adalah ....
A. 11.460 tahun D. 2.865 tahun
B. 5.872,5 tahun E. 5.730 tahun
C. 1.432,5 tahun
l Contoh tes isian
Isotop yang bersifat radioaktif disebut ....
l Contoh tes uraian
Sebutkan pemanfaatan radioaktif dalam bidang kesehatan, industri, dan pertanian.
- Contoh tugas rumah
Buatlah poster yang memuat skema reaktor nuklir disertai nama bagian dan fungsinya masing-masing.
...............,...................
Mengetahui
Kepala SMA Guru Mata Pelajaran
......................... ..............................
NIP. NIP.
No comments:
Post a Comment