Google Web Search Gadget

There was an error in this gadget

09 April 2011

Fisika SMA XII RPP11



FISIKA XII RPP 11

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Sekolah             : SMA
Kelas / Semester           : XII (Dua belas) / Semester II
Mata Pelajaran            : FISIKA


Standar Kompetensi
4.   Menunjukkan penerapan konsep fisika inti dan radioaktivitas dalam teknologi dan kehidupan sehari-hari.

Kompetensi Dasar
4.2   Mendeskripsikan pemanfaatan radioaktif dalam teknologi dan kehidupan sehari-hari.

Indikator
l  Mendeskripsikan skema reaktor nuklir dan manfaatnya.
l  Mendeskripsikan karakteristik radioisotop.
l  Mendeskripsikan pemanfaatan radioaktif dalam bidang kesehatan, industri, dan pertanian.
l  Mendeskripsikan penghitungan umur fosil atau batuan dengan menggunakan prinsip waktu paroh.
l  Menunjukkan bahaya radioaktif dan cara mengurangi risikonya.

A. Tujuan Pembelajaran
         Peserta didik dapat:
l  Menjelaskan pengertian transmutasi.
l  Menjelaskan syarat terjadinya reaksi inti.
l  Menuliskan persamaan reaksi inti.
l  Membedakan reaksi eksotermik dan reaksi endotermik.
l  Menjelaskan pengertian fisi nuklir.
l  Menjelaskan proses fisi nuklir.
l  Menjelaskan proses reaksi fisi berantai.
l  Menyebutkan moderator reaktor fisi.
l  Menjelaskan skema reaktor nuklir dan manfaatnya.
l  Menjelaskan pengertian fusi nuklir.
l  Menjelaskan proses fusi nuklir.
l  Menjelaskan efek yang ditimbulkan oleh radiasi.
l  Menjelaskan pengertian dosis terabsorpsi.
l  Menjelaskan pengertian keefektifan biologi relatif atau faktor kualitas.
l  Menjelaskan pengertian dosis efektif.
l  Menjelaskan pemanfaatan radioaktif dalam bidang kesehatan, industri, dan pertanian.
l  Menghitung umur fosil atau batuan dengan menggunakan prinsip waktu paroh.
l  Menjelaskan bahaya radioaktif dan cara mengurangi risikonya.

B. Materi Pembelajaran
            Energi Inti dan Efek Radiasi
C. Metode Pembelajaran
             1.  Model   :  -  Direct Instruction (DI)
                                   -  Cooperative Learning
             2.  Metode  : -  Diskusi kelompok
                                   -  Observasi
                         -  Ceramah

D. Langkah-langkah Kegiatan

PERTEMUAN PERTAMA

a. Kegiatan Pendahuluan
l  Motivasi dan Apersepsi:
-      Bagaimana cara menulis persamaan reaksi inti?
-      Bagaimana cara kerja moderator dalam reaktor nuklir?
l  Prasyarat pengetahuan:
-      Apakah yang dimaksud dengan reaksi inti?
-      Apakah yang dimaksud dengan moderator?

b. Kegiatan Inti
l  Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
l  Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian transmutasi.
l  Peserta didik memperhatikan penulisan persamaan reaksi inti yang disampaikan oleh guru.
l  Peserta didik memperhatikan contoh soal menentukan jenis partikel yang belum ditulis dalam persamaan reaksi inti yang disampaikan oleh guru.
l  Peserta didik dalam setiap kelompok mendiskusikan perbedaan reaksi eksotermik dan reaksi endotermik.
l  Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal.
l  Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
l  Peserta didik memperhatikan penjelasan guru mendapatkan persamaan energi yang dihasilkan dari reaksi inti.
l  Peserta didik memperhatikan contoh soal menentukan energi yang dihasilkan dari reaksi inti yang disampaikan oleh guru.
l  Guru memberikan beberapa soal menentukan energi yang dihasilkan dari reaksi inti untuk dikerjakan oleh peserta didik.
l  Guru mengoreksi jawaban peserta didik apakah sudah benar atau belum. Jika masih terdapat peserta didik yang belum dapat menjawab dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.
l  Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian reaksi fisi nuklir.
l  Peserta didik memperhatikan proses reaksi fisi nuklir dan proses reaksi fisi berantai yang disampaikan oleh guru.
l  Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian moderator.
l  Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk menyebutkan moderator reaktor fisi.
l  Peserta didik memperhatikan penjelasan guru mengenai skema reaktor nuklir dan manfaatnya.

c. Kegiatan Penutup
l  Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
l  Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
l  Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.


PERTEMUAN KEDUA

  a. Kegiatan Pendahuluan
l  Motivasi dan Apersepsi:
-      Apakah syarat terjadinya reaksi fusi nuklir?
-      Bagaimana cara mengukur efek radiasi?
l  Prasyarat pengetahuan:
-      Apakah yang dimaksud dengan fusi nuklir?
-      Apakah yang dimaksud dengan dosis terabsorpsi?

   b. Kegiatan Inti
l  Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian fusi nuklir.
l  Peserta didik memperhatikan penjelasan guru mengenai proses fusi nuklir.
l  Peserta didik memperhatikan penjelasan kurva energi ikat per nukleon sebagai fungsi nomor massa yang disampaikan oleh guru.
l  Peserta didik memperhatikan contoh soal menentukan energi yang dihasilkan dari reaksi fisi dan fusi yang disampaikan oleh guru.
l  Guru memberikan beberapa soal menentukan energi yang dihasilkan dari reaksi fisi dan reaksi fusi untuk dikerjakan oleh peserta didik.
l  Guru mengoreksi jawaban peserta didik apakah sudah benar atau belum. Jika masih terdapat peserta didik yang belum dapat menjawab dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.
l  Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan efek yang ditimbulkan oleh radiasi.
l  Peserta didik memperhatikan penjelasan guru mengenai pengertian dosis terabsorpsi.
l  Perwakilan peserta didik diminta untuk menyebutkan satuan dosis terabsorpsi.
l  Peserta didik memperhatikan penjelasan guru mengenai pengertian  keefektifan biologi relatif atau faktor kualitas dan dosis efektif.
l  Peserta didik memperhatikan contoh soal menentukan dosis terabsorpsi dan dosis efektif yang disampaikan oleh guru.
l  Guru memberikan beberapa soal menentukan dosis terabsorpsi dan dosis efektif untuk dikerjakan oleh peserta didik.
l  Guru mengoreksi jawaban peserta didik apakah sudah benar atau belum. Jika masih terdapat peserta didik yang belum dapat menjawab dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.

   c. Kegiatan Penutup
l  Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
l  Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.



PERTEMUAN KETIGA

a. Kegiatan Pendahuluan
l  Motivasi dan Apersepsi:
l  Apakah manfaat radioisotop dalam kehidupan sehari-hari?
l  Isotop karbon berapakah yang digunakan untuk menentukan umur fosil?
 Prasyarat pengetahuan:
l  Apakah yang dimaksud dengan radioisotop?
l  Bagaimana menentukan umur fosil dengan karbon?

b. Kegiatan Inti
-         Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok, masing-masing kelompok terdiri dari 3-4 siswa laki-laki dan perempuan yang berbeda kemampuannya.
l  Peserta didik memperhatikan karakteristik radioisotop yang disampaikan oleh guru.
l  Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pemanfaatan, bahaya, dan cara mengurangi risiko radioaktif dalam kehidupan sehari-hari.
l  Guru membagi tugas kelompok:
-       2 kelompok diberi tugas untuk menjelaskan pemanfaatan radioaktif  dalam bidang kesehatan.
-       2 kelompok diberi tugas untuk menjelaskanpemanfaatan radioaktif  dalam bidang industri.
-       2 kelompok diberi tugas untuk menjelaskan pemanfaatan radioaktif  dalam bidang pertanian.
-       2 kelompok diberi tugas untuk menjelaskan pemanfaatan radioaktif untuk menghitung umur fosil dengan menggunakan prinsip waktu paroh.
-       2 kelompok diberi tugas untuk menjelaskan bahaya radioaktif dan cara mengurangi risikonya.
l  Tugas kelompok diberikan 1 minggu sebelum proses pembelajaran dilaksanakan.
-         Setiap kelompok diminta untuk menuliskannya dalam bentuk karya tulis.
-         Setiap kelompok diminta untuk mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelompok yang lain.
-         Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.

c. Kegiatan Penutup
l  Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
l  Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
l  Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.

E. Sumber Belajar
  a. Buku Fisika SMA dan MA Jl. 3B (Esis) halaman 119-144
  b. Buku referensi yang relevan
  c. Lingkungan



F. Penilaian Hasil Belajar
       a. Teknik Penilaian:
l  Tes tertulis
l  Penugasan
        b. Bentuk Instrumen:
l  Tes PG
l  Tes isian
l  Tes uraian
l  Tugas rumah
        c. Contoh Instrumen:
l Contoh tes PG
Waktu paroh C-14 5.730 tahun. Fosil tulang mengandung C-14 sebesar 25%, umur tulang tersebut adalah ....
A. 11.460 tahun                                D. 2.865 tahun
B. 5.872,5 tahun                                E. 5.730 tahun
C. 1.432,5 tahun
l Contoh tes isian
Isotop yang bersifat radioaktif disebut ....
l Contoh tes uraian
Sebutkan pemanfaatan radioaktif dalam bidang kesehatan, industri, dan pertanian.
-      Contoh tugas rumah
Buatlah poster yang memuat skema reaktor nuklir disertai nama bagian dan fungsinya masing-masing.
                                                           
                                                                                                                                                                                                            ...............,...................
Mengetahui
Kepala SMA                                                                           Guru Mata Pelajaran



.........................                                                                       ..............................
NIP.                                                                                        NIP.

No comments: