09 April 2011

Fisika SMA X RPP1




FISIKA X RPP 1
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Sekolah                         : SMA
Kelas / Semester           : X (sepuluh) / Semester I
Mata Pelajaran            : FISIKA

Standar Kompetensi
1.      Menerapkan konsep besaran fisika dan pengukurannya.

Kompetensi Dasar
   1.1  Mengukur besaran fisika ( panjang, massa, dan waktu).

Indikator
1.      Menggunakan alat ukur besaran panjang, massa, dan waktu dengan beberapa jenis alat ukur.
2.      Mengukur besaran panjang, massa, dan waktu dengan mempertimbangkan ketelitian dan ketepatan.

A. Tujuan Pembelajaran
        Peserta didik dapat:
1.      Menganalisis besaran dan satuan dalam fisika.
2.      Melakukan analisis dimensi terhadap besaran-besaran fisika.
3.      Membedakan antara besaran pokok dan besaran turunan.
4.      Menerapkan konsep besaran dan satuan dalam perhitungan fisika.
5.      Mendeskripsikan pengukuran dalam fisika.
6.      Melakukan pengukuran secara langsung terhadap besaran panjang, massa, dan waktu.
7.      Melakukan pengukuran terhadap besaran turunan secara langsung dan tidak langsung.
8.      Menganalisis ketidakpastian dalam suatu proses pengukuran.
9.      Mengolah data yang telah dikumpulkan dari suatu pengukuran.

B. Materi Pembelajaran
          Pengukuran Panjang, Massa, dan Waktu

C. Metode Pembelajaran
1.      Model     :   - Direct Instruction (DI)
                                    -  Cooperative Learning
               2.  Metode : -  Diskusi kelompok
                                    -  Eksperimen
                          -  Ceramah

D.    Langkah-langkah Kegiatan

PERTEMUAN PERTAMA

            a. Kegiatan Pendahuluan
l  Motivasi dan Apersepsi:
    -   Apakah panjang tergolong besaran pokok atau besaran turunan?
    -   Apakah manfaat satuan dalam pengukuran yang kita lakukan?
l  Prasyarat pengetahuan:
    -  Apakah yang dimaksud dengan besaran pokok?
    -  Apakah yang dimaksud dengan satuan Sistem Internasional (SI)?
        
b. Kegiatan Inti
l  Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
l  Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian besaran.
l  Peserta didik mendiskusikan dengan kelompoknya mengenai perbedaan antara besaran pokok dan besaran turunan.
l  Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk menyebutkan contoh besaran pokok dan besaran turunan.
l  Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal.
l  Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
l  Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian pengukuran.
l  Peserta didik mendiskusikan dengan kelompoknya mengenai pentingnya penggunaan satuan Sistem Internasional (SI) dalam pengukuran.
l  Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk menyebutkan satuan Sistem Internasional (SI) dari beberapa besaran pokok.
l  Peserta didik memperhatikan penjelasan mengenai nilai satuan standar untuk besaran-besaran pokok yang disampaikan oleh guru.
l  Peserta didik secara berkelompok mendiskusikan satuan Sistem Internasional untuk besaran turunan.
l  Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk menyebutkan satuan Sistem Internasional (SI) dari beberapa besaran turunan.
l  Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal.
l  Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
l  Peserta didik memperhatikan penggunaan awalan-awalan satuan yang dibakukan dalam fisika yang disampaikan oleh guru.
l  Guru menjelaskan kegunaan analisis dimensi dan memberikan contoh dimensi dari beberapa besaran fisika.
l  Peserta didik diminta untuk menuliskan lima contoh analisis dimensi dari besaran turunan.
l  Guru memeriksa penulisan analisis dimensi dari besaran turunan yang dilakukan peserta didik apakah sudah dilakukan dengan benar atau belum. Jika masih ada peserta didik atau kelompok yang belum dapat melakukannya dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.

c. Kegiatan Penutup
l  Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
l  Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
l  Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.

PERTEMUAN KEDUA
   
   a. Kegiatan Pendahuluan
l  Motivasi dan Apersepsi:
-         Bagaimana cara mendapatkan hasil pengukuran yang tepat?
-         Dapatkah kita megukur volume benda yang berbentuk tidak teratur?
l  Prasyarat pengetahuan:
     -   Apa yang dimaksud dengan pengukuran?
     -   Bagaimana cara mengetuhui volume benda yang berbentuk tidak                     teratur?
l  Pra eksperimen:
  -   Berhati-hatilah menggunakan peralatan yang digunakan dalam                     pengukuran.
                       
 b. Kegiatan Inti
l  Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
l  Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengukuran secara langsung dan pengukuran secara tidak lanngsung dalam fisika.
l  Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk mengambil mistar, jangka sorong dan mikrometer sekrup.
l  Guru mempresentasikan bagian-bagian mistar, jangka sorong dan mikrometer sekrup dan menunjukkannya kepada peserta didik.
l  Guru meminta salah satu peserta didik untuk melakukan hal yang sama seperti yang ditunjukkan oleh guru, jika terdapat kesalahan langsung diberi umpan balik.
l  Guru mendemontrasikan langkah-langkah penggunaan alat ukur, pengukuran suatu objek, cara membaca skala, menentukan nilai, dan membandingkan tingkat ketelitian dari hasil pengukuran dengan menggunakan mistar, jangka sorong, dan mikrometer sekrup.
l  Guru juga melakukan hal yang sama terhadap alat ukur neraca dua lengan, neraca elektronik dan stopwatch.
l  Peserta didik mengerjakan lembar kerja yang telah disiapkan oleh guru (kegiatan 2.1 halaman 40).
l  Guru memeriksa kegiatan pengukuran yang dilakukan peserta didik apakah sudah dilakukan dengan benar atau belum. Jika masih ada peserta didik atau kelompok yang belum dapat melakukannya dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.
l  Guru menjelaskan pengukuran secara tidak langsung untuk besaran panjang, massa, dan waktu.
l  Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengukuran besaran turunan.
l  Peserta didik mendiskusikan dengan kelompoknya mengenai cara mengukur luas dan volume banda yang berbentuk teratur dan tidak teratur.
l  Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal.
l  Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.

         c. Kegiatan Penutup
l  Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
l  Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
l  Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.

PERTEMUAN KETIGA
   
   a. Kegiatan Pendahuluan
l  Motivasi dan Apersepsi:
-         Apa manfaat melakukan pengukuran berulang?
-         Berapakah angka penting dari bilangan 0,00005006?
l  Prasyarat pengetahuan:
            -    Apa yang harus dilakukan agar pengukuran memiliki kesalahan sekecil                     mungkin?
    -    Bagaimana cara menentukan jumlah angka penting?

 b. Kegiatan Inti
l  Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
l  Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan beberapa faktor yang menyebabkan terjadinya ketidakpastian dalam pengukuran.
l  Peserta didik mendiskusikan dengan kelompoknya mengenai cara mengurangi kesalahan dalam pengukuran.
l  Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk menyebutkan jenis-jenis ketidakpastian dalam pengukuran.
l  Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal.
l  Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
l  Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan cara menentukan jumlah angka penting.
l  Guru memberikan contoh soal mengenai cara menentukan jumlah angka penting.
l  Guru menunjuk salah satu peserta didik untuk menjawab soal mengenai menentukan jumlah angka penting di depan kelas, sedangkan peserta didik yang lain memperhatikannya.
l  Guru memberikan beberapa soal mengenai cara menentukan jumlah angka penting untuk dikerjakan oleh peserta didik.
l  Guru mengoreksi jawaban peserta didik apakah sudah benar atau belum. Jika masih ada peserta didik yang belum dapat menjawab dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.
l  Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan cara pengolahan data dari hasil pengukuran.
l  Peserta didik dalam setiap kelompok mendiskusikan perbedaan antara variabel bebas dan variabel terikat.
l  Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal.
l  Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
l  Peserta didik memperhatikan contoh pengolahan data dari hasil pengukuran tebal sehelai kertas dengan menggunakan mikrometer sekrup yang disampaikan oleh guru.

         c. Kegiatan Penutup
l  Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
l  Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
l  Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.


E. Sumber Belajar
  a. Buku Fisika SMA dan MA Jl.1A (Esis) halaman 1-52
  b. Lembar kerja
  c. Alat dan bahan praktikum
             
F. Penilaian Hasil Belajar
            a. Teknik Penilaian:
 -  Tes unjuk kerja
 -  Tes tertulis                   
            b. Bentuk Instrumen:
  -  Uji petik kerja produk
 -  PG
 -  Uraian
            c. Contoh Instrumen:
                     -   Contoh uji petik kerja produk
                              Isilah tabel berikut dengan mengamati skala pada beberapa alat-alat ukur                                        panjang. Tentukan nst serta ketidakpastiannya.
                                   
No
Alat ukur panjang
nst
ketidakpastian
1



2



3



4




-  Contoh tes PG
     Pasangan besaran dan satuan yang berdasarkan satuan Sistem Internasional   adalah ....
       a. waktu, menit                           
       b. panjang, inci
                               c. massa, kilogram
                               d. suhu, celcius
                               e. jumlah zat, candela
-  Contoh tes uraian
Apa yang harus dilakukan agar pengukuran memiliki kesalahan sekecil mungkin?
                                  ...............,...................
Mengetahui
Kepala SMA                                                                           Guru Mata Pelajaran



.........................                                                                       ..............................
NIP.                                                                                        NIP.

No comments: