BIOLOGI X RPP14
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran : Biologi
Kelas/ Semester : X (Sepuluh)/ 2
Pertemuan : 13 dan 14
Alokasi Waktu : 4 jam pelajaran
Standar Kompetensi : 4. Menganalisis hubungan antara komponen ekosistem, perubahan materi dan energi serta peranan manusia dalam keseimbangan ekosistem
Kompetensi Dasar : 4.2 Menjelaskan keterkaitan antara kegiatan manusia dengan masalah kerusakan/pencemaran lingkungan dan pelestarian lingkungan
4.3 Menganaisis jenis-jenis limbah dan daur ulang limbah
4.4 Membuat produk dau ulang limbah
Tujuan : Siswa mampu menjelaskan keterkaitan antara kegiatan manusia dengan masalah lingkungan dan pelestarian lingkungan
I. Indikator
· Mengidentifikasi berbagai tujuan aktivitas yang dilakukan manusia
· Mengidentifikasi berbagai dampak akibat aktivitas manusia
· Meneliti pengaruh bahan pencemar terhadap organisme tertentu
· Menyimpulkan pengaruh bahan pencemar terhadap kehidupan organisme
· Menjelaskan dampak berbagai bahan pencemar terhadap lingkungan
· Mendeskripsikan upaya pencegahan pencemaran lingkungan
· Mengetahui penanganan limbah dengan cara daur ulang
II. Materi Ajar
· Keseimbangan lingkungan
· Aktivitas manusia dan dampaknya terhadap lingkungan
· Beberapa bahan pencemara dan dampaknya
· Upaya pencegahan pencemaran lingkungan
· Penanganan limbah dengan cara daur ulang
III. Metode Pembelajarn
· Pengamatan – Eksperimen – Diskusi – Penugasan
IV. Langkah Langkah pembelajaran
Pertemuan 13 (2 jam pelajaran)
A. Kegiatan awal (10 menit)
· Guru meminta siswa menunjukkan beberapa aktivitas manusia dan mengetahui tujuan dari aktivitas tersebut.
· Guru dan siswa mendiskusikan dampak aktivitas manusia terhadap lingkungan.
B. Kegiatan inti (70 menit)
· Guru bersama siswa mengidentifikasi sistem keseimbangan dalam lingkungan.
· Guru bersama siswa mendiskusikan dampak aktivitas manusia terhadap keseimbangan lingkungan.
· Guru bersama siswa mendefinisikan pengertian pencemaran lingkungan.
· Guru bersama siswa mengidentifikasi berbagai pencemaran lingkungan, sebab, dan dampaknya.
C. Kegiatan akhir (10 menit)
· Guru menyimpulkan pencemaran lingkungan sebab dan dampaknya.
Pertemuan 14 (2 jam pelajaran)
A. Kegiatan awal (10 menit)
· Guru meminta siswa berkelompok sesuai dengan kelompoknya.
· Guru meminta siswa untuk mempersiapkan alat dan bahan untuk eksperimen dengan menggunakan Kegiatan 11.1 atau 11.2.
B Kegiatan inti (65 menit)
· Siswa menyiapkan alat dan bahan untuk eksperimen.
· Siswa membuat perlakuan eksperimen.
· Siswa melakukan pengamatan.
· Siswa menyusun laporan hasil pengamatan lalu mengumpulkan.
C. Kegiatan akhir (15 menit)
· Guru menyimpulkan hasil kegiatan eksperimen
· Guru bersama siswa mendiskripsikan penanganan limbah dengan cara daur ulang dan produk-produk hasil daur ulang limbah.
· Guru menugaskan siswa untuk membuat kertas daur ulang di rumah dengan menggunakan Kegiatan 11.3.
V. Alat/ Bahan/ Sumber
· Buku Kerja Biologi IB, Esis
· Buku Biologi SMA kelas X, Esis, Bab XI
· Beberapa aktivitas manusia
· Bahan untuk daur ulang kertas
VI. Penilaian
· Laporan hasil eksperimen
· Uji kompetensi tertulis
No comments:
Post a Comment