09 April 2011

Biologi SMA X RPP 14



BIOLOGI X RPP14

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Mata Pelajaran          : Biologi
Kelas/ Semester          : X (Sepuluh)/ 2
Pertemuan                  : 13 dan 14
Alokasi Waktu            :  4 jam pelajaran
Standar Kompetensi  : 4.   Menganalisis hubungan antara komponen ekosistem, perubahan materi dan energi serta peranan manusia dalam keseimbangan ekosistem
 Kompetensi Dasar    : 4.2    Menjelaskan keterkaitan antara kegiatan manusia dengan masalah kerusakan/pencemaran lingkungan dan pelestarian lingkungan
4.3  Menganaisis jenis-jenis limbah dan daur ulang limbah
4.4  Membuat produk dau ulang limbah
Tujuan                       : Siswa mampu menjelaskan keterkaitan antara kegiatan manusia dengan masalah lingkungan dan pelestarian lingkungan



I.                   Indikator
·         Mengidentifikasi berbagai tujuan aktivitas yang dilakukan manusia
·         Mengidentifikasi berbagai dampak akibat aktivitas manusia
·         Meneliti pengaruh bahan pencemar terhadap organisme tertentu
·         Menyimpulkan pengaruh bahan pencemar terhadap kehidupan organisme
·         Menjelaskan dampak berbagai bahan pencemar terhadap lingkungan
·         Mendeskripsikan upaya pencegahan pencemaran lingkungan
·         Mengetahui penanganan limbah dengan cara daur ulang

II.                Materi Ajar
·         Keseimbangan lingkungan
·         Aktivitas manusia dan dampaknya terhadap lingkungan
·         Beberapa bahan pencemara dan dampaknya
·         Upaya pencegahan pencemaran lingkungan
·         Penanganan limbah dengan cara daur ulang

III.             Metode Pembelajarn
·         Pengamatan – Eksperimen – Diskusi – Penugasan

IV.              Langkah Langkah pembelajaran

Pertemuan 13 (2 jam pelajaran)

A.     Kegiatan awal (10 menit)
·         Guru meminta siswa menunjukkan beberapa aktivitas manusia dan mengetahui tujuan dari aktivitas tersebut.
·         Guru dan siswa mendiskusikan dampak aktivitas manusia terhadap lingkungan.
B.     Kegiatan inti (70 menit)
·         Guru bersama siswa mengidentifikasi sistem keseimbangan dalam lingkungan.
·         Guru bersama siswa mendiskusikan dampak aktivitas manusia terhadap keseimbangan lingkungan.
·         Guru bersama siswa mendefinisikan pengertian pencemaran lingkungan.
·         Guru bersama siswa mengidentifikasi berbagai pencemaran lingkungan, sebab, dan dampaknya.
C.     Kegiatan akhir (10 menit)
·         Guru menyimpulkan pencemaran lingkungan sebab dan dampaknya.

Pertemuan 14 (2 jam pelajaran)

A. Kegiatan awal (10 menit)
·         Guru meminta siswa berkelompok sesuai dengan kelompoknya.
·         Guru meminta siswa untuk mempersiapkan alat dan bahan untuk eksperimen dengan menggunakan Kegiatan 11.1 atau 11.2.
B    Kegiatan inti (65 menit)
·         Siswa menyiapkan alat dan bahan untuk eksperimen.
·         Siswa membuat perlakuan eksperimen.
·         Siswa melakukan pengamatan.
·         Siswa menyusun laporan hasil pengamatan lalu mengumpulkan.
C.   Kegiatan akhir (15 menit)
·         Guru menyimpulkan hasil kegiatan eksperimen
·         Guru bersama siswa mendiskripsikan penanganan limbah dengan cara daur ulang dan produk-produk hasil daur ulang limbah.
·         Guru menugaskan siswa untuk membuat kertas daur ulang di rumah dengan menggunakan Kegiatan 11.3.

V.     Alat/ Bahan/ Sumber
·         Buku Kerja Biologi IB, Esis
·         Buku Biologi SMA kelas X, Esis, Bab XI
·         Beberapa aktivitas manusia
·         Bahan untuk daur ulang kertas

VI.  Penilaian
·         Laporan hasil eksperimen
·         Uji kompetensi tertulis


No comments: