09 April 2011

Fisika SMA X Silabus 1



FISIKA X SILABUS 1

Silabus


Sekolah                        : SMA ..............................
Kelas / Semester          : X (Sepuluh) / 1 (Satu)
Mata Pelajaran          :  FISIKA

1. Standar Kompetensi: 1. Menerapkan  konsep  besaran fisika dan pengukurannya.



Kompetensi
Dasar
Materi
Pembelajaran
Kegiatan pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar

 Teknik
Bentuk
Instrumen
Contoh
Instrumen

1.1 Mengukur besaran fisika (massa, panjang, dan waktu)
Pengukuran Massa, Panjang, dan Waktu
·       Membuat daftar (tabel)  nama besaran, alat ukur, cara mengukur, dan satuan yang digunakan secara individu yang berlaku di daerah setempat (misalnya: untuk ukuran massa: mayam di Sumut, untuk ukuran panjang: tumbak di Jabar).
·       Mengukur besaran panjang, massa, dan waktu dengan beberapa jenis alat ukur: mistar milimeter, jangka sorong, mikrometer, neraca lengan, neraca pegas, dan stopwatch secara berkelompok di sekolah.

·       Mengolah hasil pengukuran dengan mempertimbangkan kesalahan relatif pengukuran dalam diskusi kelas.

-      Menggunakan alat ukur besaran panjang, massa, dan waktu dengan beberapa jenis alat ukur.



-      Mengukur besaran panjang, massa, dan waktu dengan mempertimbangkan ketelitian dan ketepatan.

Tes unjuk kerja





Tes tertulis

Uji petik kerja produk





Tes PG









Tes uraian

Isilah tabel berikut dengan mengamati skala pada beberapa alat-alat ukur panjang. Tentukan nst serta ketidakpastiannya.

Pasangan besaran dan satuan yang berdasarkan satuan Sistem Internasional adalah ....
a. waktu, menit
b. panjang, inci
c. massa, kilogram
d. suhu, celcius
e. jumlah zat, candela

Apa yang harus dilakukan agar pengukuran memiliki kesalahan sekecil mungkin.

6 x 40’

Buku Fisika SMA dan MA Jl. 1A (Esis) h. 1-52, lembar kerja, alat dan bahan prktikum.

Kompetensi
Dasar
Materi
Pembelajaran
Kegiatan pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
 Teknik
Bentuk
Instrumen
Contoh
Instrumen
1.2  Melakukan penjumlahan vektor.
Penjumlahan Vektor
·       Menggambar vektor, resultan vektor, komponen vektor serta menghitung besar dan arah resultan vektor dalam diskusi kelas.
·       Melakukan percobaan untuk menemukan resultan dua vektor sebidang.
·       Menerapkan operasi vektor dalam pemecahan masalah secara individu.
-      Menjumlahkan dua vektor atau lebih secara grafis.





-      Menjumlahkan dua vektor secara analisis.

Tes tertulis









Tes tertulis



Tes PG









Tes uraian

Besar vektor A = 3 satuan dan besar vektor B = 4 satuan. Bila besar vektor resultan (A+B) = 5 satuan, maka sudut antara vektor A  dan vektor B adalah ....       a. 300                             d. 730             b. 450                             e. 900       c. 600                

Tentukan resultan dari gaya berikut: 50 N dengan membentuk sudut 300 terhadap sumbu +X, gaya 80 N dengan membentuk sudut 1350 terhadap sumbu +X, dan 30 N dengan membentuk sudut 2400  terhadap sumbu +X.


6 x 40'

Buku Fisika SMA dan MA Jl. 1A (Esis) h. 53-72 dan buku referensi yang relevan.






























Standar Kompetensi: 2. Menerapkan konsep dan prinsip dasar kinematika dan dinamika benda titik.

Kompetensi
Dasar
Materi
Pembelajaran
Kegiatan pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
 Teknik
Bentuk
Instrumen
Contoh
Instrumen
2.1  Menganalisis besaran fisika pada gerak  dengan kecepatan dan percepatan konstan

Gerak Lurus dengan Kecepatan dan Percepatan Konstan

· Mengamati demonstrasi gerak untuk membedakan gerak lurus dengan kecepatan konstan dan gerak lurus dengan percepatan konstan dalam diskusi kelas.




· Melakukan percobaan GLB dengan menggunakan kereta atau mobil mainan.
· Melakukan percobaan GLBB dengan menggunakan kereta dinamik.



· Menganalisis besaran-besaran dalam GLBB dan gerak jatuh bebas dalam diskusi kelas

-      Menganalisis besaran-besaran fisika pada gerak dengan kecepatan konstan.








-      Menganalisis besaran-besaran fisika pada gerak dengan percepatan konstan.










-      Menganalisis grafik gerak lurus dengan kecepatan konstan dan gerak lurus dengan percepatan konstan.

Tes tertulis










Tes tertulis












Tes unjuk kerja

Tes PG










Tes uraian












Tes identifikasi

Sebuah mobil mula-mula memiliki kecepatan 72 km/jam. Kemudian, mesin mobil dimatikan sehingga mobil berhenti dalam waktu 40 menit. Perlambatan mobil tersebut adalah ....
a. 1,0 m/s2          d. 0,05 m/s2      b. 0,50 m/s2       e. 0,01m/s2      c. 0,25 m/s2

Perlambatan maksimum yang dapat dicapai sebuah mobil pada sebuah jalan yang basah adalah 5 m/s2. Mula-mula mobil bergerak dengan laju 100 m/s. Tentukan jarak minimum untuk menghentikan mobil bila diukur dari tempat rem mulai diinjak. Berapakah waktu tempuh untuk jarak tersebut?

Manakah dari pernyataan berikut yang berkaitan dengan GLB?
·   luas daerah di bawah kurva v – t sama dengan posisi benda.
·   luas daerah di bawah kurva v – t sama dengan perpindahan benda

8 x 40’

Buku Fisika SMA dan MA Jl.1A (Esis) h. 73-122, buku referensi yang relevan, alat dan bahan praktikum.

Kompetensi
Dasar
Materi
Pembelajaran
Kegiatan pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
 Teknik
Bentuk
Instrumen
Contoh
Instrumen
2.2   Menganalisis besaran fisika pada gerak melingkar dengan laju konstan.

Gerak Melingkar

·       Menemukan besaran frekuensi, periode, sudut tempuh, kecepatan linier, kecepatan sudut, dan percepatan sentripetal pada gerak melingkar melalui demonstrasi.




·       Melakukan percobaan secara berkelompok untuk menyelidiki gerak yang menggunakan hubungan roda-roda.





·       Menganalisis gerak melingkar beraturan dalam pemecahan masalah melalui diskusi kelas
-       Mengidentifikasi besaran frekuensi, frekuensi sudut, periode, dan sudut tempuh yang terdapat pada gerak melingkar dengan laju konstan.




-      Menerapkan prinsip roda-roda yang  saling berhubungan secara kualitatif.





-      Menganalisis besaran yang berhubungan antara gerak linier dan gerak melingkar pada gerak menggelinding dengan laju konstan.


Tes tertulis











Tes tertulis











Penugasan

Tes PG











Tes uraian











Tugas rumah

Sebuah benda berhenti setelah melakukan 10 putaran. Apabila kecepatan sudutnya mula-mula 20 rpm, maka waktu yang dibutuhkan benda sampai berhenti adalah ....
a. 60 sekon     d. 10 sekon     b. 30 sekon     e. 1 sekon     c. 15 sekon


Sebuah bor gigi (jari-jari 1 cm) dirancang agar mempunyai percepatan 1.000 rad/s2. Agar sebuah titik pada permukaan sisi samping bor dapat menempuh putaran sejauh 12 m, tentukan waktu putaran yang dibutuhkan. Anggap posisi awal bor dalam keadaan diam. 

Buatlah kliping yang menarik mengenai penerapan konsep gerak melingkar dalam kehidupan sehari-hari. Berilah keterangan atau komentarmu mengenai setiap gambar di dalam kliping tersebut. Kemudian kumpulkan ke guru.


8 x 40’

Buku Fisika SMA dan MA Jl.1A (Esis) h.123-140, buku referensi yang relevan, alat dan bahan praktikum.

Kompetensi
Dasar
Materi
Pembelajaran
Kegiatan pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
 Teknik
Bentuk
Instrumen
Contoh
Instrumen
2.3  Menerapkan Hukum Newton sebagai prinsip dasar dinamika untuk gerak lurus, gerak vertikal, dan gerak melingkar beraturan

Hukum Newton dan Penerapannya
·       Melakukan percobaan hukum Newton 1 dan 2 secara berkelompok di kelas.
·       Menggambar gaya berat, gaya normal, dan gaya tegang tali dalam diskusi pemecahan masalah dinamika gerak lurus tanpa gesekan.
·       Melakukan percobaan gerak benda misalnya dalam bidang miring untuk membedakan gesekan statik dan kinetik.
·       Menghitung percepatan benda dalam sistem yang terletak pada bidang miring, bidang datar, dan sistem katrol dalam diskusi kelas.

·       Melakukan praktek gaya sentripetal
·       Menghitung gaya normal pada sistem benda bergerak dalam bidang lingkaran dalam diskusi pemecahan masalah.
-      Mengidentifikasi penerapan prinsip hukum 1 Newton (hukum inersia) dalam kehidupan sehari-hari.
-      Mengidentifikasi penerapan prinsip hukum 2 Newton dalam kehidupan sehari-hari.

-      Menyelidiki karakteristik gesekan statis dan kinetis melalui percobaan.
-      Mengidentifikasi penerapan prinsip hukum 3 Newton dalam kehidupan sehari-hari.


-      Menerapkan hukum Newton pada gerak benda pada bidang miring tanpa gesekan.
-      Menerapkan hukum Newton pada gerak vertikal.
-      Menerapkan hukum Newton pada gerak melingkar.

Tes tertulis








Tes unjuk kerja
 

Tes tertulis





Penugasan

Tes PG








Uji petik kerja produk

Tes uraian





Tugas rumah

Sebuah benda bermassa 50 kg bergerak dengan kecepatan 5 m/s. Besarnya gaya dalam arah berlawanan yang harus diberikan agar benda berhenti setelah 10 s adalah ....
a. 100 N                                      d. 10 N    b.  50 N                                e.   5 N      c.  25 N                                                                                               

Kegiatan 7.1 halaman 160 dan kegiatan 7.3 halaman 162.

Gaya horizontal sebesar 400 N diperlukan untuk mendorong kereta sepanjang  bidang pada laju konstan. Berapakah gaya gesekan antara kereta dan bidang.
 
Buatlah kliping yang menarik mengenai penerapan hukum-hukum Newton dalam kehidupan sehari-hari. Berilah keterangan atau komentarmu mengenai setiap gambar di dalam kliping tersebut.  Kemudian kumpulkan ke guru.

8 x 40’

Buku Fisika SMA dan MA Jl.1A (Esis) h. 141-186, buku referensi yang relevan, alat dan bahan praktikum.













                                                                                                                                                                            ........................,.........................
Mengetahui
Kepala SM.................                                                                                                                                                           Guru Mata Pelajaran
.....................................                                                                                                                                                              .....................................
NIP.                                                                                                                                                                                          NIP.                                                                                                                                                                                                                                                   

No comments: