Google Web Search Gadget

There was an error in this gadget

09 April 2011

Fisika SMA X RPP14





FISIKA X RPP 14

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Sekolah             : SMA
Kelas / Semester           : X (sepuluh) / Semester II
Mata Pelajaran            : FISIKA


Standar Kompetensi
                 6.   Memahami konsep dan prinsip gelombang elektromagnetik.

Kompetensi Dasar
                6.1. Mendeskripsikan spektrum gelombang elektromagnetik.

Indikator
l  Mendeskripsikan konsep gelombang elektromagnetik.
l  Menyusun deret gelombang elektromagnetik berdasarkan frekuensi atau panjang gelombang.

A. Tujuan Pembelajaran
         Peserta didik dapat:
l  Menjelaskan pengertian gelombang elektromagnetik.
l  Menjelaskan besaran gelombang elektromagnetik.
l  Menjelaskan pengertian spektrum gelombang elektromagnetik.
l  Menjelaskan karakteristik masing-masing spektrum gelombang elektromagnetik.
l  Menjelaskan pengertian indeks bias.
l  Menyebutkan syarat terjadinya pembiasan cahaya.
l  Menyebutkan bunyi hukum Snellius.
l  Menentukan sudut bias cahaya.
l  Mengukur indeks bias suatu zat cair.
l  Menjelaskan pengertian sudut kritis.
l  Menentukan sudut kritis untuk pembiasan cahaya.
l  Menyebutkan syarat terjadinya pemantulan sempurna.
l  Menjelaskan beberapa fenomena yang berkaitan dengan pemantulan cahaya.
l  Membedakan pemantulan teratur dan pemantulan bias.
l  Membedakan sifat-sifat cahaya menurut teori Newton dan teori Huygens.
l  Menjelaskan beberapa fenomena yang berkaitan dengan pembiasan cahaya.

B. Materi Pembelajaran
            Gelombang Elektromagnetik

C. Metode Pembelajaran
             1.  Model   : -  Direct Instruction (DI)
                                  -  Cooperative Learning
              2.   Metode : -  Diskusi kelompok
                                  -  Eksperimen
                                  -  Observasi
                                  -  Ceramah
D. Langkah-langkah Kegiatan
PERTEMUAN PERTAMA

a. Kegiatan Pendahuluan
·         Motivasi dan Apersepsi:
-      Bagaimana cara mengelompokan spektrum gelombang elektromagnetik?
-      Mengapa laju cahaya berbeda ketika memasuki bahan yang berbeda?
·         Prasyarat pengetahuan:
l  Apakah yang dimaksud dengan spektrum gelombang elektromagnetik?
l  Apakah yang dimaksud dengan indeks bias?
·         Pra eksperimen:
   -   Berhati-hatilah menggunakan peralatan laboratorium.

b. Kegiatan Inti
·         Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
l  Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian gelombang elektromagnetik.
l  Peserta didik memperhatikan penjelasan guru mengenai besaran gelombang elektromagnetik.
l  Peserta didik memperhatikan contoh soal menentukan besaran gelombang elektromagnetik yang disampaikan oleh guru.
l  Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian spektrum gelombang elektromagnetik.
l  Peserta didik memperhatikan penjelasan guru mengenai karakteristik
masing-masing spektrum gelombang elektromagnetik.
l  Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian indeks bias.
l  Peserta didik memperhatikan penjelasan guru mengenai perumusan untuk menentukan indeks bias.
l  Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk menyebutkan syarat terjadinya pembiasan cahaya.
l  Perwakilan peserta didik diminta untuk menyebutkan bunyi hukum Snellius.
l  Peserta didik memperhatikan contoh soal menentukan sudut bias cahaya yang disampaikan oleh guru.
l  Guru memberikan beberapa soal menentukan sudut bias cahaya untuk dikerjakan oleh peserta didik.
l  Guru mengoreksi jawaban peserta didik apakah sudah benar atau belum. Jika masih terdapat peserta didik yang belum dapat menjawab dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.
·         Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk mengambil gelas kaca yang berbentuk silinder, karton hitam yang dapat menutup setengah bagian atas gelas, logam dengan luas penampang yang sama dengan alas gelas, perekat secukupnya, air mineral, minyak tanah, mistar dan busur derajat.
l  Guru mempresentasikan langkah kerja untuk mengukur indeks bias suatu zat cair (Kegiatan 12.1 halaman 166-167).
l  Peserta didik dalam setiap kelompok melakukan eksperimen sesuai dengan langkah kerja yang telah dijelaskan oleh guru.
l  Guru memeriksa eksperimen yang dilakukan peserta didik apakah sudah dilakukan dengan benar atau belum. Jika masih ada peserta didik atau kelompok yang belum dapat melakukannya dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.
l  Peserta didik mendiskusikan dengan kelompoknya menjawab beberapa pertanyaan berdasarkan hasil eksperimen.
l  Setiap kelompok diminta untuk mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelompok yang lain.
l  Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.

            c. Kegiatan Penutup
·         Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
l  Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
l  Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.


PERTEMUAN KEDUA

            a. Kegiatan Pendahuluan
·       Motivasi dan Apersepsi:
l  Apa yang terjadi bila sudut datang cahaya lebih besar daripada sudut
kritis?
l  Apakah syarat terjadinya pemantulan bias?
·       Prasyarat pengetahuan:
l Apakah yang dimaksud dengan sudut kritis?
l Apakah yang dimaksud dengan pemantulan bias?

            b. Kegiatan Inti
·         Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
·         Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian sudut kritis.
·         Peserta didik memperhatikan contoh soal menentukan sudut kritis untuk pembiasan cahaya yang disampaikan oleh guru.
·         Guru memberikan beberapa soal menentukan sudut kritis untuk pembiasan cahaya untuk dikerjakan oleh peserta didik.
l  Guru mengoreksi jawaban peserta didik apakah sudah benar atau belum. Jika masih terdapat peserta didik yang belum dapat menjawab dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.
·         Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk menyebutkan syarat terjadinya pemantulan sempurna.
·         Peserta didik memperhatikan beberapa fenomena yang berkaitan dengan pemantulan cahaya yang disampaikan oleh guru.
l  Peserta didik dalam setiap kelompok mendiskusikan perbedaan pemantulan teratur dan pemantulan bias.
·         Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal.
l  Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
l  Peserta didik memperhatikan penjelasan guru mengenai perbedaan sifat-sifat cahaya menurut teori Newton dan teori Huygens.
·         Peserta didik memperhatikan beberapa fenomena yang berkaitan dengan pembiasan cahaya yang disampaikan oleh guru.


c. Kegiatan Penutup
·         Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
l  Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
l  Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.

E. Sumber Belajar
a.  Buku Fisika SMA dan MA Jl.1B (Esis) halaman 159-186
 b.  Buku referensi yang relevan
             c.  Lingkungan
            d.  Alat dan bahan praktikum

F. Penilaian Hasil Belajar
             a. Teknik Penilaian:
                     -  Tes tertulis
             b. Bentuk Instrumen:
    -  Tes PG
    -  Tes uraian
            c. Contoh Instrumen:
 -  Contoh tes PG
Urutan spektrum gelombang elektromagnetik dari frekuensi kecil ke besar adalah ....
 A. inframerah, cahaya, UV, sinar-χ, sinar-γ
 B. UV, inframerah, sinar-χ, sinar-γ
 C. cahaya, UV, sinar-γ, sinar-χ
 D. gelombang radio, gelombang mikro, cahaya, inframerah
 E. sinar-γ, sinar-χ, UV, cahaya, inframerah        
-  Contoh tes uraian
                              Sebutkan ciri-ciri gelombang elektromagnetik.

                                                         ...............,...................
Mengetahui
Kepala SMA                                                                           Guru Mata Pelajaran



.........................                                                                         ..............................
NIP.                                                                                          NIP.                         

No comments: