BIOLOGI X RPP2
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran : Biologi
Kelas/Semester : X (Sepuluh)/ 1
Pertemuan : 2 - 3
Alokasi Waktu : 3 jam pelajaran
Standar Kompetensi : 1. Memahami hakikat Biologi sebagai ilmu
Kompetensi Dasar : 1.2 Mendeskripsikan objek dan permasalahan biologi pada berbagai tingkat organisasi kehidupan (molekul, sel, jaringan, organ, individu, populasi, ekosistem, dan bioma
Tujuan : Siswa dapat mendeskripsikan objek, permasalahan, dan tingkat organisasi ilmu biologi
I. Indikator
· Menarik kesimpulan ruang lingkup biologi berdasarkan hasil pengamatan
· Menggambar model struktur keilmuan biologi berdasarkan objek, permasalahan, dan tingkat organisasi kehidupan
· Menentukan objek, permasalahan, dan tingkat organisasi kehidupan dari contoh cabang ilmu biologi
· Membuat makalah tentang struktur keilmuan, perkembangan, dan prospek salah satu cabang ilmu biologi
II. Materi Ajar
· Tiga aspek keilmuan biologi meliputi:
1. Objek
2. Permasalahan
3. Tingkat organisasi
· Cabang-cabang ilmu biologi dapat di analisis berdasarkan “kue biologi”
III. Metode Pembelajaran
· Pengamatan – Diskusi–Penugasan
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan 2 (2 jam pelajaran)
A. Kegiatan awal (10 menit)
· Guru menanyakan kembali ciri-ciri makhluk hidup sebagai objek biologi.
· Siswa mengidentifikasi kembali ciri-ciri makhluk hidup sebagai obyek biologi.
B. Kegiatan inti (70 menit)
· Guru bersama siswa mengidentifikasi berbagai kelompok makhluk hidup hidup
· Guru bersama dengan siswa mengidentifikasi berbagai tingkat organisasi kehidupan pada objek biologi.
· Guru bersama siswa mengidentifikasi berbagai permasalahan dalam biologi.
· Guru bersama siswa membuat gambar struktur keilmuan biologi berdasarkan aspek objek, tingkat organisasi, dan permasalahan biologi.
C. Kegiatan akhir (10 menit)
· Guru bersama dengan siswa menyimpulkan struktur keilmuan biologi.
· Guru minta siswa untuk mengidentifikasi beberapa cabang ilmu biologi dan struktur keilmuaannya.
Pertemuan 3 (1 jam pelajaran)
A. Kegiatan awal (10 menit)
· Guru menanyakan beberapa objek, tingkat organisasi. dan permasalahan pada beberapa cabang ilmu biologi yang sudah berhasil diidentifikasi siswa.
B. Kegiatan inti (25 menit)
· Guru mendiskusikan beberapa cabang ilmu biologi beserta perkembangan ilmu dan prospeknya di masa depan.
C. Kegiatan akhir (10 menit)
· Guru menugaskan siswa untuk mengumpulkan informasi dan membuat makalah tentang satu cabang ilmu biologi, perkembangan, dan prospeknya di masa depan.
V. Alat/ Bahan/ Sumber
· Buku Kerja Biologi IA, Esis
· Buku Biologi SMA Kelas X, Esis, Bab I
· Informasi tentang berbagai cabang ilmu biologi dari berbagai sumber, misalnya, koran, majalah, jurnal, buku sumber, dan internet
VI. Penilaian
· Uji kompetensi tertulis (dilaksanakan bersama dengan KD 1.1)
· Hasil makalah tentang cabang ilmu biologi
No comments:
Post a Comment