09 April 2011

Fisika SMA XI RPP5




FISIKA XI RPP 5

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Sekolah             : SMA
Kelas / Semester           : XI (Sebelas) / Semester I
Mata Pelajaran            : FISIKA

Standar Kompetensi
         1.    Menganalisis gejala alam dan keteraturannya dalam cakupan mekanika benda titik.

Kompetensi Dasar
                   1.5.   Menganalisis  hubungan antara usaha, perubahan energi dengan hukum                                           kekekalan energi mekanik.

Indikator
1.      Mendeskripsikan hubungan antara usaha, gaya, dan perpindahan.
2.      Menghitung besar energi potensial (gravitasi dan pegas) dan energi kinetik.
3.      Menganalisis hubungan antara usaha dan energi kinetik.
4.      Menganalisis hubungan antara usaha dengan energi potensial.
1.      Merumuskan bentuk hukum kekekalan energi mekanik.

A. Tujuan Pembelajaran
         Peserta didik dapat:
1.      Menjelaskan pengertian usaha.
2.      Menganalisis hubungan antara besaran usaha, gaya, dan perpindahan.
3.      Menyebutkan faktor-faktor yang mempengaruhi usaha.
4.      Menjelaskan teorema usaha-energi.
5.      Menganalisis hubungan antara usaha dengan perubahan energi kinetik.
6.      Menghitung kerja yang dilakukan oleh gaya yang besarnya berubah-ubah.
7.      Menjelaskan pengertian daya.
8.      Membedakan gaya konservatif dan gaya non-konservatif.
9.      Menyebutkan contoh gaya konservatif dan gaya non-konservatif.
10.  Menjelaskan pengertian energi potensial.
11.  Menjelaskan hubungan antara usaha dengan energi potensial.
12.  Menghitung usaha yang dilakukan oleh suatu benda akibat gaya konservatif dan gaya non-konservatif.
13.  Menjelaskan pengertian energi mekanik.

B. Materi Pembelajaran
          Usaha dan Energi

C. Metode Pembelajaran
             1.  Model   :  -  Direct Instruction (DI)
                                   -  Cooperative Learning
             2.  Metode  : -  Diskusi kelompok
                                   -  Eksperimen
                                   -  Observasi
                         -  Ceramah

D. Langkah-langkah Kegiatan

                                                             PERTEMUAN PERTAMA

a. Kegiatan Pendahuluan
l  Motivasi dan Apersepsi:
    -    Apakah lifter yang mengangkat beban tergolong melakukan usaha?
     -    Sebutkan faktor-faktor yang mempengaruhi usaha.
l  Prasyarat pengetahuan:
     -   Apakah yang dimaksud dengan usaha? 
     -   Bagaimana mendapatakan rumusan tentang usaha?

b. Kegiatan Inti
l  Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
l  Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian usaha.
l  Peserta didik memperhatikan analisis tentang hubungan antara besaran usaha, gaya, dan perpindahan yang disampaikan oleh guru.
l  Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk menyebutkan faktor-faktor yang mempengaruhi usaha.
l  Peserta didik mendiskusikan dengan kelompoknya mengenai kesimpulan yang dapat diperoleh dari persamaan W = Fs cos Ø .
l  Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal.
l  Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
l  Peserta didik memperhatikan contoh soal menentukan usaha yang dilakukan oleh sebuah benda yang disampaikan oleh guru.
l  Guru memberikan beberapa soal menentukan usaha yang dilakukan oleh sebuah benda untuk dikerjakan oleh peserta didik.
l  Guru mengoreksi jawaban peserta didik apakah sudah benar atau belum. Jika masih terdapat peserta didik yang belum dapat menjawab dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.

c. Kegiatan Penutup
l  Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
l  Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
l  Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.


PERTEMUAN KEDUA

  a. Kegiatan Pendahuluan
l  Motivasi dan Apersepsi:
   -   Berapakah usaha total ketika sistem bekerja dengan kecepatan konstan?  
l  Prasyarat pengetahuan:
     -   Apakah yang dimaksud dengan teorema usaha-energi?
l  Pra eksperimen:
     -   Berhati-hatilah menggunakan alat-alat praktikum.
    
   b. Kegiatan Inti
l  Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
l  Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan teorema usaha-energi.
l  Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk mengambil beban, penggaris, tali, dan busur.
l  Guru mempresentasikan langkah kerja untuk melakukan eksperimen membuktikan teorema usaha-energi.
l  Peserta didik dalam setiap kelompok melakukan eksperimen sesuai dengan langkah kerja yang telah dijelaskan oleh guru.
l  Guru memeriksa eksperimen yang dilakukan peserta didik apakah sudah dilakukan dengan benar atau belum. Jika masih ada peserta didik atau kelompok yang belum dapat melakukannya dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.
l  Peserta didik memperhatikan penjelasan guru mengenai cara mendapatkan rumusan energi kinetik.
l  Peserta didik memperhatikan contoh soal menentukan energi kinetik sebuah benda yang disampaikan oleh guru.
l  Guru memberikan beberapa soal menentukan energi kinetik sebuah benda untuk dikerjakan oleh peserta didik.
l  Guru mengoreksi jawaban peserta didik apakah sudah benar atau belum. Jika masih terdapat peserta didik yang belum dapat menjawab dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.

   c. Kegiatan Penutup
l  Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
l  Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
l  Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.


PERTEMUAN KETIGA

  a. Kegiatan Pendahuluan
l  Motivasi dan Apersepsi:
-      Bagaimana menentukan usaha yang dilakukan oleh gaya yang besarnya berubah-ubah?
-      Bagaimana menentukan daya yang dilakukan oleh sebuah benda?
l  Prasyarat pengetahuan:
-      Bagaimana menghitung luas daerah di bawah kurva?
-      Apakah yang dimaksud dengan daya?

   b. Kegiatan Inti
l  Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
l  Peserta didik dalam setiap kelompok mendiskusikan cara menentukan usaha yang dilakukan oleh gaya yang besarnya berubah-ubah.
l  Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal.
l  Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
l  Peserta didik memperhatikan penjelasan guru mengenai cara termudah menentukan usaha yang dilakukan oleh gaya yang besarnya berubah-ubah.
l  Peserta didik memperhatikan contoh soal menentukan usaha yang dilakukan oleh gaya yang besarnya berubah-ubah yang disampaikan oleh guru.
l  Guru memberikan beberapa soal menentukan usaha yang dilakukan oleh gaya yang besarnya berubah-ubah untuk dikerjakan oleh peserta didik.
l  Guru mengoreksi jawaban peserta didik apakah sudah benar atau belum. Jika masih terdapat peserta didik yang belum dapat menjawab dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.
l  Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian daya.
l  Peserta didik memperhatikan penjelasan guru mengenai cara mendapatkan rumusan daya.
l  Peserta didik memperhatikan contoh soal menentukan daya sebuah benda yang disampaikan oleh guru.
l  Guru memberikan beberapa soal menentukan daya sebuah benda untuk dikerjakan oleh peserta didik.
l  Guru mengoreksi jawaban peserta didik apakah sudah benar atau belum. Jika masih terdapat peserta didik yang belum dapat menjawab dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.

   c. Kegiatan Penutup
l  Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
l  Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
l  Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.


PERTEMUAN KEEMPAT

  a. Kegiatan Pendahuluan
l  Motivasi dan Apersepsi:
   -    Sebutkan macam-macam gaya konservatif.
     -    Bagaimana menentukan energi potensial sebuah benda?
l  Prasyarat pengetahuan:
     -   Apakah yang dimaksud dengan gaya konservatif?
     -   Apakah yang dimaksud dengan energi potensial?

  b. Kegiatan Inti
l  Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
l  Peserta didik dalam setiap kelompok mendiskusikan perbedaan gaya konservatif dan gaya non-konservatif.
l  Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk menyebutkan contoh gaya konservatif dan gaya non-konservatif.
l  Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal.
l  Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
l  Peserta didik memperhatikan penjelasan guru mengenai pengertian usaha oleh gaya konservatif. 
l  Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian energi potensial.
l  Peserta didik memperhatikan cara mendapatkan rumusan energi potensial sebuah benda yang disampaikan oleh guru.
l  Peserta didik memperhatikan penjelasan guru membahas soal menentukan energi potensial sebuah benda.
l  Guru memberikan beberapa soal menentukan energi potensial sebuah benda untuk dikerjakan oleh peserta didik.
l  Guru mengoreksi jawaban peserta didik apakah sudah benar atau belum. Jika masih terdapat peserta didik yang belum dapat menjawab dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.

   c. Kegiatan Penutup
l  Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
l  Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
l  Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.


PERTEMUAN KELIMA

  a. Kegiatan Pendahuluan
l  Motivasi dan Apersepsi:
   -   Terdiri dari apa sajakah energi mekanik yang dimiliki sebuah benda?
     -   Apakah persamaan energi potensial (Ep = mgh) berlaku untuk seluruh           lapisan di bumi?
l  Prasyarat pengetahuan:
     -   Apakah yang dimaksud dengan energi mekanik?
     -   Apakah persamaan energi potensial gravitasi secara umum?

  b. Kegiatan Inti
l  Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian energi mekanik.
l  Peserta didik memperhatikan penjelasan guru mendapatkan persamaan energi mekanik.
l  Peserta didik memperhatikan contoh soal menentukan energi mekanik sebuah benda yang disampaikan oleh guru.
l  Guru memberikan beberapa soal menentukan energi mekanik sebuah benda untuk dikerjakan oleh peserta didik.
l  Guru mengoreksi jawaban peserta didik apakah sudah benar atau belum. Jika masih terdapat peserta didik yang belum dapat menjawab dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.
l  Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan energi potensial gravitasi secara umum.
l  Peserta didik memperhatikan penjelasan guru mendapatkan persamaan energi potensial gravitasi secara umum.
l  Peserta didik memperhatikan contoh soal menentukan energi potensial gravitasi secara umum sebuah benda yang disampaikan oleh guru.
l  Guru memberikan beberapa soal menentukan energi mekanik sebuah benda untuk dikerjakan oleh peserta didik.
l  Guru mengoreksi jawaban peserta didik apakah sudah benar atau belum. Jika masih terdapat peserta didik yang belum dapat menjawab dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.

   c. Kegiatan Penutup
l  Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
l  Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.

E. Sumber Belajar
  a. Buku Fisika SMA dan MA Jl. 2A (Esis) halaman 141-167
  b. Buku referensi yang relevan
  c. Alat dan bahan praktikum

F. Penilaian Hasil Belajar
       a. Teknik Penilaian:
-      Tes tertulis
-      Tes unjuk kerja
-      Penugasan
        b. Bentuk Instrumen:
-      PG
-      Isian
-      Uraian
-      Uji petik kerja produk
-      Tugas rumah
        c. Contoh Instrumen:
-      Contoh tes PG
Usaha yang dilakukan oleh gaya 200 N terhadap benda bermassa 10 kg jika benda mengalami perpindahan 2 m adalah ....
 A. 20 J                                               D. 400 J
 B. 40 J                                               E. 4.000 J
 C. 200 J
-      Contoh tes isian
      Jika laju sebuah benda diperbesar menjadi dua kali, maka energi kinetiknya           menjadi ....
-      Contoh tes uraian
      Hitunglah usaha yang dilakukan oleh gaya gravitasi untuk memindahkan   benda bermassa 10 kg dari posisi 2 m di atas permukaan ke posisi tak          terhingga.
-      Contoh tugas rumah
Carilah artikel yang membahas pemanfaatan hukum kekekalan energi mekanik dalam teknologi sehari-hari.

                                                                                                 ...............,...................
Mengetahui
Kepala SMA                                                                           Guru Mata Pelajaran



.........................                                                                       ..............................
NIP.                                                                                        NIP.

No comments: