09 April 2011

Biologi SMA X RPP 8



BIOLOGI X RPP 8

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Mata Pelajaran          : Biologi
Kelas/ Semester          : X (Sepuluh)/ 2
Pertemuan                  : 2
Alokasi Waktu            : 2  jam pelajaran
Standar Kompetensi   : 3.   Memahami  manfaat keanekaragaman hayati
Kompetensi Dasar     : 3.2 Mengkomunikasikan keanekaragaman hayati Indonesia, dan usaha pelestarian serta pemanfaatan sumber daya alam
Tujuan                           :        Siswa dapat menjelaskan karakteristik keanekaragaman hayati Indonesia, manfaat, dan cara melestarikannya


I.    Indikator
·         Menggambar pembagian wilayah flora dan fauna Indonesia.
·         Mendiskripsikan pembagian wilayah flora dan fauna Indonesia.
·         Mendeskripsikan berbagai tipe bioma yang ada di Indonesia.
·         Memberikan alasan arti penting pelestarian keanekaragaman hayati.
·         Membedakan pelestarian In situ dan ex situ.

II.  Materi Ajar
·         Pembagian daerah flora Indonesia menurut Dr. Sampurna Kadarsan
·         Pembagian daerah fauna Indonesia menurut Wallace dan Weber
·         Berbagai tipe bioma yang ada di Indonesia meliputi:
1. Hutan hujan tropis
2. Hutan musim
3. Sabana
4. Stepa
·         Berbagai manfaat keanekaragaman hayati bagi manusia.
·         Konservasi (perlindungan) keanekaragaman hayati meliputi In situ dan Ex situ

III. Metode Pembelajaran
·         Diskusi – Penugasan

IV. Langkah-Langkah Pembelajaran

Pertemuan 2 (2 jam pelajaran)

A.     Kegiatan awal (10 menit)
·         Guru menanyakan kembali pengertian keanekaragaman hayati dan tingkat-tingkat keanekaragaman hayati.
B.     Kegiatan inti (70 menit)
·         Guru bersama siswa mendiskusikan pembagian flora Indonesia menurut                       Dr. Sampurna Kadarsan.
·         Guru bersama siswa mendiskusikan pembagian fauna Indonesia menurut garis Weber dan Wallace.
·         Guru bersama siswa mendiskusikan tipe-tipe bioma yang ada di Indonesia.
·         Guru bersama siswa mendiskusikan arti penting keanekaragaman hayati.
·         Guru bersama siswa mendiskusikan tentang berbagai cara konservasi keanekaragaman hayati.
·         Guru memberikan tugas pada siswa untuk membuat kliping tentang organisme khas daerah dengan menggunakan Kegiatan 7.4. Tugas dikumpulkan pada jam pelajaran berikutnya.
C.     Kegiatan akhir (10 menit)
·         Guru bersama siswa mengambil kesimpulan tentang keanekaragaman hayati Indonesia.

I.       Alat/ Bahan/ Sumber
a.       Buku kerja Biologi 1A, Esis
b.      Buku Biologi SMA kelas X, Esis, Bab VII
c.       Berbagai informasi tentang berbagai makhluk hidup khas suatu daerah

II.    Penilaian
·         Kliping tentang berbagai makluk hidup khas daerah
·         Uji kompetensi tertulis

No comments: