BIOLOGI X RPP10
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran : Biologi
Kelas/ Semester : X (Sepuluh)/ 2
Pertemuan : 5 dan 6
Alokasi Waktu : 3 jam pelajaran
Standar Kompetensi : 3. Memahami manfaat keanekaragaman hayati
Kompetensi Dasar : 3.3 Mendeskripsikan ciri-ciri divisio dalam Dunia
Tumbuhan dan peranannya bagi kelangsungan hidup di bumi
Tujuan : Siswa mampu menjelaskan ciri-ciri, siklus hidup dan peranan tumbuhan paku bagi manusia
I. Indikator
· Mendeskripsikan ciri umum tumbuhan paku (Pteridophyta)
· Mengklasifikasikan tumbuhan paku (Pteridophyta)
· Menggambar struktur tubuh tumbuhan paku berdasarkan pengamatan
· Menggambar siklus hidup tumbuhan paku (Pteridophyta)
· Mengumpulkan informasi tentang peranan paku (Pteridophyta) bagi manusia
II. Materi Ajar
· Ciri-ciri tumbuhan paku (Pteridophyta)
· Klasifikasi tumbuhan paku (Pteridophyta)
· Struktur tubuh tumbuhan paku (Pteridophyta)
· Siklus hidup tumbuhan paku (Pteridophyta)
· Peranan tumbuhan paku (Pteridophyta) bagi manusia
III. Metode Pembelajaran
· Pengamatan – Diskusi
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan 5 (2 jam pelajaran)
A. Kegiatan awal (10 menit)
· Guru membagi siswa menjadi enam kelompok.
· Guru memberi petunjuk lokasi di sekolah yang banyak terdapat paku (atau guru bersama siswa menyiapkan berbagai contoh paku).
· Guru meminta siswa melakukan pengamatan tumbuhan dengan dengan menggunakan Kegiatan 8.2.
B. Kegiatan inti (70 menit)
· Siswa mengamati tumbuhan paku secara berkelompok.
· Siswa menyelesaikan laporan kegiatan pengamatan tumbuhan paku.
C. Kegiatan akhir (10 menit)
· Siswa mengumpulkan laporan hasil pengamatan dengan mengumpulkan buku kerja.
· Guru meyimpulkan ciri-ciri tumbuhan paku berdasarkan hasil pengamatan.
Pertemuan 6 (1 jam pelajaran)
A. Kegiatan awal
· Guru menanyakan kembali ciri-ciri tumbuhan paku.
B. Kegiatan Inti
· Guru bersama siswa mendiskusikan reproduksi dan siklus hidup tumbuhan paku.
· Guru bersama siswa mendiskusikan peranan tumbuhan paku bagi manusia.
C. Kegiatan Akhir
· Guru bersama siswa mengambil kesimpulan hasil diskusi.
V. Alat/ Bahan/ Sumber
· Buku Kerja Biologi IB, Esis
· Buku Biologi SMA kelas X, Esis, Bab VIII
· Spesimen tumbuhan paku
· Loupe
VI. Penilaian
· Laporan hasil pengamatan
· Uji kompetensi tertulis
No comments:
Post a Comment