Google Web Search Gadget

There was an error in this gadget

09 April 2011

Fisika SMA XII RPP8



FISIKA XII RPP 8

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Sekolah             : SMA
Kelas / Semester           : XII (Dua belas) / Semester II
Mata Pelajaran            : FISIKA


Standar Kompetensi
l  Menganalisis berbagai besaran fisis pada gejala kuantum dan batas-batas berlakunya relativitas Einstein dalam paradigma fisika modern.

Kompetensi Dasar
   3.2  Mendeskripsikan perkembangan teori atom.

Indikator
l  Mendeskripsikan karakteristik teori atom Thomson, Rutherford, dan Niels Bohr.
l  Menghitung perubahan energi elektron yang mengalami eksitasi.
l  Menghitung panjang gelombang terbesar dan terkecil pada deret Balmer, Lyman, Paschen, Brackett, dan Pfund pada spektrum atom hidrogen.

A. Tujuan Pembelajaran
        Peserta didik dapat:
l  Menjelaskan sifat-sifat sinar katoda.
l  Menjelaskan percobaan Thompson dalam mengukur perbandingan muatan dan massa elektron.
l  Menjelaskan percobaan Milikan dalam menentukan muatan dan massa elektron.
l  Menjelaskan perkembangan teori atom.
l  Membedakan keadaan dasar, keadaan tereksitasi, dan keadaan terionisasi.
l  Membedakan peristiwa eksitasi dan deeksitasi.
l  Menjelaskan deret spektrum atom hidrogen.
l  Membedakan deret Balmer, Lyman, Paschen, Brackett, dan Pfund.
l  Menjelaskan efek Zeeman.
l  Membedakan bilangan kuantum utama, orbital, magnetik, dan spin.
l  Menjelaskan pengertian kaidah seleksi.
l  Menyebutkan larangan Pauli.
l  Membedakan kulit dan subkulit.
l  Menjelaskan pengertian konfigurasi elektron.
l  Menuliskan notasi singkat konfigurasi elektron.

B. Materi Pembelajaran
            Teori Atom

C. Metode Pembelajaran
   1.  Model      :   -  Direct Instruction (DI)
                                        -  Cooperative Learning
               2.  Metode    :  -   Diskusi kelompok
                                        -  Ceramah

D. Langkah-langkah Kegiatan

PERTEMUAN PERTAMA

         a. Kegiatan Pendahuluan
l  Motivasi dan Apersepsi:
l Apakah sinar katoda dapat dibelokkan oleh medan listrik dan medan
magnet?
l Apakah atom merupakan komponen terkecil penyusun materi?
-         Prasyarat pengetahuan:
l  Sebutksn sifat-sifat sinar katoda.
l  Bagaimana perkembangan teori atom?

b. Kegiatan Inti
l  Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
-         Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan sinar katoda.
-         Peserta didik memperhatikan penjelasan guru mengenai sifat-sifat sinar katoda.
-         Peserta didik memperhatikan penjelasan percobaan Thompson dalam mengukur perbandingan muatan dan massa elektron yang disampaikan oleh guru.
C.     Guru menjelaskan percobaan Milikan dalam menentukan muatan dan massa elektron.
CI.  Peserta didik memperhatikan contoh soal menentukan besar dan jumlah muatan yang disampaikan oleh guru.
CII.                      Guru memberikan beberapa soal menentukan besar dan jumlah muatan untuk dikerjakan oleh peserta didik.
CIII.                   Guru mengoreksi jawaban peserta didik apakah sudah benar atau belum. Jika masih terdapat peserta didik yang belum dapat menjawab dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.
CIV.                   Peserta didik memperhatikan penjelasan perkembangan teori atom (model atom Thompson, Rutherford, dan Bohr) yang disampaikan oleh guru.
CV.                      Peserta didik secara berkelompok membuat kesimpulan mengenai perkembangan teori atom.
CVI.                   Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal.
CVII.                Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
CVIII.             Peserta didik memperhatikan contoh soal menentukan energi atom hidrogen pada tingkat ke-n yang disampaikan oleh guru.
CIX.                   Guru memberikan beberapa soal menentukan energi atom hidrogen pada tingkat ke-n untuk dikerjakan oleh peserta didik.
CX.                      Guru mengoreksi jawaban peserta didik apakah sudah benar atau belum. Jika masih terdapat peserta didik yang belum dapat menjawab dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.

         c. Kegiatan Penutup
-         Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
-         Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
-         Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.
PERTEMUAN KEDUA

         a. Kegiatan Pendahuluan
l  Motivasi dan Apersepsi:
l Apa yang terjadi jika atom hidrogen diberikan energi yang cukup besar?
l Bagaimana cara menentukan besar momentum sudut elektron?
l  Prasyarat pengetahuan:
l  Apakah yang dimaksud dengan eksitasi?
l  Apakah yang dimaksud dengan bilangan kuantum orbital?

b. Kegiatan Inti
-         Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
l  Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian keadaan dasar, keadaan tereksitasi, dan keadaan terionisasi.
l  Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk membedakan peristiwa eksitasi dan deeksitasi.
l  Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan deret spektrum atom hidrogen.
l  Peserta didik memperhatikan penjelasan guru mengenai perbedaan deret Balmer, Lyman, Paschen, Brackett, dan Pfund.
l  Peserta didik memperhatikan contoh soal menentukan panjang gelombang   dan energi yang dipancarkan untuk masing-masing deret yang disampaikan oleh guru.
-         Guru memberikan beberapa soal menentukan panjang gelombang dan energi yang dipancarkan untuk masing-masing deret untuk dikerjakan oleh peserta didik.
-         Guru mengoreksi jawaban peserta didik apakah sudah benar atau belum. Jika masih terdapat peserta didik yang belum dapat menjawab dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.
-         Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan efek Zeeman.
-         Perwakilan peserta didik diminta untuk menyebutkan bilangan kuantum.
-         Peserta didik memperhatikan penjelasan guru mengenai karakteristik bilangan kuantum (utama, orbital, magnetik, dan spin).
-         Peserta didik memperhatikan contoh soal menentukan bilangan kuantum dari sebuah elektron yang disampaikan oleh guru.
-         Guru memberikan beberapa soal menentukan bilangan kuantum dari sebuah elektron untuk dikerjakan oleh peserta didik.
-         Guru mengoreksi jawaban peserta didik apakah sudah benar atau belum. Jika masih terdapat peserta didik yang belum dapat menjawab dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.

          c. Kegiatan Penutup
-         Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
-         Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
-         Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.




PERTEMUAN KETIGA

         a. Kegiatan Pendahuluan
-         Motivasi dan Apersepsi:
-      Apakah elektron dapat berpindah dari satu keadaan ke sembarang keadaan lain?
-      Bagaimana aturan menuliskan notasi singkat konfigurasi elektron?
1.      Prasyarat pengetahuan:
1.    Apakah yang dimaksud dengan kaidah seleksi?
2.    Apakah yang dimaksud dengan konfigurasi elektron?

b. Kegiatan Inti.
1.      Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan kaidah seleksi.
-         Perwakilan peserta didik diminta untuk menyebutkan larangan Pauli.
-         Peserta didik memperhatikan penjelasan guru mengenai penempatan elektron-elektron dalam sebuah atom.
l  Peserta didik memperhatikan contoh soal penempatan elektron-elektron dalam sebuah atom yang disampaikan oleh guru.
-         Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan perbedaan kulit dan subkulit.
l  Perwakilan peserta didik diminta untuk menjelaskan pengertian konfigurasi elektron.
-         Peserta didik memperhatikan penulisan notasi singkat konfigurasi elektron yang disampaikan oleh guru.
-         Peserta didik memperhatikan contoh soal menentukan konfigurasi elektron yang disampaikan oleh guru.
-         Guru memberikan beberapa soal menentukan konfigurasi elektron untuk dikerjakan oleh peserta didik.
l  Guru mengoreksi jawaban peserta didik apakah sudah benar atau belum. Jika masih terdapat peserta didik yang belum dapat menjawab dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.

          c. Kegiatan Penutup
-         Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
-         Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.

E. Sumber Belajar
  a. Buku Fisika SMA dan MA Jl. 3B (Esis) halaman 25-62
  b. Buku referensi yang relevan

F. Penilaian Hasil Belajar
        a. Teknik Penilaian:
1.    Tes tertulis
        b. Bentuk Instrumen:
l  Tes PG
l  Tes isian
l  Tes uraian

        c. Contoh Instrumen:
    -  Contoh tes PG
Kegagalan model atom Thomson karena ....
A. atom tidak dapat dipecah-pecah lagi
B. massa atom tersebar merata dan mengisi seluruh ruangan atom
C. elektron mengelilingi inti pada lintasan tertentu (orbit)
D. massa atom terpusat di suatu titik pusat (inti atom)
E. secara keseluruhan atom bersifat netral
-  Contoh tes isian
Energi yang diemisikan oleh elektron yang berpindah dari orbit dengan bilangan kuantum 3 ke 1 adalah ....
-  Contoh tes uraian
Diketahui konstanta Rydberg sama dengan 1,097 x 107 m-1. Tentukan panjang gelombang terpanjang dari deret: a) Balmer, b) Lyman, c) Paschen,
d) Brackett, dan e) Pfund.
                                                                                                                                                          
                                     ...............,...................
Mengetahui
Kepala SMA                                                                                      Guru Mata Pelajaran



.........................                                                                                   ..............................
NIP.                                                                                                    NIP.

No comments: