Google Web Search Gadget

There was an error in this gadget

09 April 2011

Fisika SMA XII RPP5



FISIKA XII RPP 5

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Sekolah             : SMA
Kelas / Semester           : XII (Dua belas) / Semester I
Mata Pelajaran            : FISIKA

Standar Kompetensi
             2.   Menerapkan konsep kelistrikan dan kemagnetan dalam berbagai penyelesaian        masalah dan produk teknologi.

Kompetensi Dasar
             2.2   Menerapkan induksi magnetik dan gaya magnetik pada beberapa produk                             teknologi.

Indikator
1.      Mendeskripsikan induksi magnetik sekitar kawat berarus.
2.      Mendeskripsikan gaya magnetik pada kawat berarus dan muatan bergerak.
3.      Menerapkan prinsip induksi magnetik dan gaya magnetik dalam teknologi.

A. Tujuan Pembelajaran
         Peserta didik dapat:
1.      Menerangkan fenomena kemagnetan dalam kehidupan sehari-hari.
2.      Membuat magnet buatan dari potongan logam dengan memanfaatkan magnet permanen.
3.      Menjelaskan gaya antar-kutub magnet.
4.      Menjelaskan cara membuat dan menghilangkan sifat magnet suatu bahan.
5.      Menganalisis pengaruh medan magnet terhadap kawat yang dialiri arus listrik dan terhadap muatan listrik yang bergerak.
6.      Menjelaskan pengertian gaya Lorentz.
7.      Menjelaskan aplikasi gaya Lorentz pada beberapa produk teknologi.
8.      Menentukan massa partikel bermuatan yang bergerak dalam medan magnet.
9.      Menjelaskan cara kerja spektrometer massa.
10.  Menganalisis fenomena munculnya medan magnet pada suatu konduktor berarus melalui hukum Biot-Savart.
11.  Menghitung medan magnet yang timbul pada kawat berarus listrik dalam berbagai bentuk.
12.  Merumuskan besarnya medan magnet pada kawat berarus listrik dalam beragam bentuk geometri.
13.  Menghitung besaran-besaran yang terkait dengan hukum Ampere.

B. Materi Pembelajaran
         Kemagnetan, Hukum Biot-Savart, dan Hukum Ampere

C. Metode Pembelajaran
             1.  Model   :  -  Direct Instruction (DI)
                                   -  Cooperative Learning
             2.  Metode  : -  Diskusi kelompok
                                   -  Eksperimen
                                   -  Observasi
                         -  Ceramah

D. Langkah-langkah Kegiatan

PERTEMUAN PERTAMA

a. Kegiatan Pendahuluan
l  Motivasi dan Apersepsi:
-      Apa yang terjadi jika kita letakkan sebatang besi di antara dua kutub
magnet yang berbeda?
-      Apakah sifat kemagnetan bahan dapat hilang?
l  Prasyarat pengetahuan:
-      Apakah syarat terjadinya gaya tarik menarik antar-kutub magnet?
-      Bagaimana cara menghilangkan sifat magnet suatu bahan?
l  Pra eksperimen:
-      Berhati-hatilah menggunakan alat-alat praktikum.

b. Kegiatan Inti
l  Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
l  Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan magnet permanen.
l  Peserta didik memperhatikan perumusan gaya antar-kutub magnet yang disampaikan oleh guru.
l  Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk menyebutkan syarat terjadinya gaya tolak-menolak dan gaya tarik-menarik antar-kutub magnet.
l  Peserta didik memperhatikan contoh soal menentukan gaya antar-kutub magnet yang disampaikan oleh guru.
l  Guru memberikan beberapa soal menentukan gaya antar-kutub magnet untuk dikerjakan oleh peserta didik.
l  Guru mengoreksi jawaban peserta didik apakah sudah benar atau belum. Jika masih terdapat peserta didik yang belum dapat menjawab dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.
l  Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk mengambil magnet batang yang cukup besar, magnet jarum, dan benang.
l  Guru mempresentasikan langkah kerja untuk melakukan eksperimen memahami karakteristik dari suatu kutub magnet (Kegiatan 10.1 h.147).
l  Peserta didik dalam setiap kelompok melakukan eksperimen sesuai dengan langkah kerja yang telah dijelaskan oleh guru.
l  Guru memeriksa eksperimen yang dilakukan peserta didik apakah sudah dilakukan dengan benar atau belum. Jika masih ada peserta didik atau kelompok yang belum dapat melakukannya dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.
l  Peserta didik diminta untuk membuat kesimpulan berdasarkan hasil eksperimen yang telah dilakukan.
l  Peserta didik dalam setiap kelompok mendiskusikan cara membuat dan menghilangkan sifat kemagnetan suatu bahan.
l  Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal.
l  Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
l  Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan konsep garis gaya magnetik.
l  Peserta didik memperhatikan penjelasan guru mengenai pengertian dan sifat medan magnet.

c. Kegiatan Penutup
l  Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
l  Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
l  Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.


PERTEMUAN KEDUA

  a. Kegiatan Pendahuluan
l  Motivasi dan Apersepsi:
-      Faktor apakah yang mempengaruhi besarnya gaya Lorentz?
-      Bagaimana cara kerja spektrometer massa?
l  Prasyarat pengetahuan:
-      Apakah yang dimaksud dengan gaya Lorentz?
-      Apakah yang dimaksud dengan spektrometer massa?

   b. Kegiatan Inti
l  Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian gaya Lorentz.
l  Peserta didik memperhatikan penjelasan guru mengenai cara mendapatkan rumusan gaya Lorentz pada kawat yang berarus dan pada muatan yang bergerak.
l  Peserta didik memperhatikan penjelasan guru mengenai cara menentukan arah gaya Lorentz.
l  Peserta didik memperhatikan contoh soal menentukan gaya Lorentz pada kawat yang berarus dan pada muatan yang bergerak yang disampaikan oleh guru.
l  Guru memberikan beberapa soal menentukan gaya Lorentz pada kawat yang berarus dan pada muatan yang bergerak untuk dikerjakan oleh peserta didik.
l  Guru mengoreksi jawaban peserta didik apakah sudah benar atau belum. Jika masih terdapat peserta didik yang belum dapat menjawab dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.
l  Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian spektrometer massa.
l  Peserta didik memperhatikan cara kerja spektrometer massa yang disampaikan oleh guru.
l  Peserta didik memperhatikan penjelasan guru mengenai aurora.

   c. Kegiatan Penutup
l  Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
l  Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.



PERTEMUAN KETIGA

  a. Kegiatan Pendahuluan
l  Motivasi dan Apersepsi:
-      Berapa kuat medan magnet di sekitar arus listrik?
-      Bagaimana pola medan magnet yang dihasilkan solenoid?
l  Prasyarat pengetahuan:
-      Apakah fungsi hukum Biot-Savart?
-      Apakah yang dimaksud dengan solenoid?
   b. Kegiatan Inti
l  Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan hukum Biot-Savart.
l  Peserta didik memperhatikan penjelasan guru mengenai penerapan hukum Biot-Savart untuk menentukan medan magnet pada kawat lurus tak berhingga, cincin, solenoid, dan toroid.
l  Peserta didik memperhatikan contoh soal menentukan medan magnet pada kawat lurus tak berhingga, cincin, solenoid, dan toroid yang disampaikan oleh guru.
l  Guru memberikan beberapa soal menentukan medan magnet pada kawat lurus tak berhingga, cincin, solenoid, dan toroid untuk dikerjakan oleh peserta didik.
l  Guru mengoreksi jawaban peserta didik apakah sudah benar atau belum. Jika masih terdapat peserta didik yang belum dapat menjawab dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.
l  Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan aplikasi hukum Biot-Savart.
l  Peserta didik memperhatikan aplikasi hukum Biot-Savart pada kawat sejajar dan pada gaya antara dua kawat berarus listrik yang disampaikan oleh guru.
l  Peserta didik memperhatikan penjelasan guru mengenai definisi satu ampere.

   c. Kegiatan Penutup
l  Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
l  Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.


PERTEMUAN KEEMPAT

  a. Kegiatan Pendahuluan
l  Motivasi dan Apersepsi:
-      Berapakah besarnya medan magnet yang dihasilkan oleh kawat panjang
lurus berarus listrik pada kawat itu sendiri?
l  Prasyarat pengetahuan:
-      Apakah aplikasi hukum Ampere dalam kehidupan sehari-hari?

  b. Kegiatan Inti
l  Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan hukum Ampere dalam bentuk integral.
l  Peserta didik memperhatikan penjelasan guru mengenai aplikasi hukum Ampere dalam menentukan medan magnet pada kawat lurus panjang, solenoid, dan toroid.
l  Peserta didik memperhatikan contoh soal menentukan medan magnet pada kawat lurus panjang, solenoid, dan toroid dengan menggunakan hukum Ampere yang disampaikan oleh guru.
l  Guru memberikan beberapa soal menentukan medan magnet pada kawat lurus panjang, solenoid, dan toroid dengan menggunakan hukum Ampere untuk dikerjakan oleh peserta didik.
l  Guru mengoreksi jawaban peserta didik apakah sudah benar atau belum. Jika masih terdapat peserta didik yang belum dapat menjawab dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.
  
c. Kegiatan Penutup
l  Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
l  Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.

E. Sumber Belajar
  a. Buku Fisika SMA dan MA Jl. 3A (Esis) halaman 143-190
  b. Buku referensi yang relevan
  c. Alat dan bahan praktikum

F. Penilaian Hasil Belajar
       a. Teknik Penilaian:
-      Tes tertulis
-      Penugasan
        b. Bentuk Instrumen:
-      Tes PG
-      Tes uraian
-      Tugas rumah
        c. Contoh Instrumen:
-      Contoh tes PG
Besarnya kuat medan magnet yang dihasilkan pada jarak 1 cm oleh kawat lurus yang dialiri arus sebesar 12 A adalah ....
 A. 2,4 x 10-4 T                                                            D. 2,4 x 10-5 T
 B. 1,8 x 10-4 T                                                            E. 1,2 x 10-5 T
 C. 1,4 x 10-4 T
-      Contoh tes uraian
Sebuah muatan positif 0,2 C bergerak dengan laju 2 m/s dalam medan magnet yang besarnya 5 Wb/m2. Arah kecepatan itu sejajar dengan arah medan magnet. Tentukan besarnya gaya yang dialami muatan tersebut.
-      Contoh tugas rumah
Buatlah artikel tentang aplikasi gaya Lorentz pada produk teknologi dalam kehidupan sehari-hari.
                                                                                                                                                                                                ...............,...................
Mengetahui
Kepala SMA                                                                           Guru Mata Pelajaran



.........................                                                                       ..............................
NIP.                                                                                        NIP.

No comments: