FISIKA XI RPP 1
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : SMA
Kelas / Semester : XI (Sebelas) / Semester I
Mata Pelajaran : FISIKA
Standar Kompetensi
1. Menganalisis gejala alam dan keteraturannya dalam cakupan mekanika benda titik.
Kompetensi Dasar
1.1. Menganalisis gerak lurus, gerak melingkar dan gerak parabola dengan menggunakan vektor.
Indikator
1. Menganalisis besaran perpindahan, kecepatan, dan percepatan pada gerak lurus dengan menggunakan vektor.
2. Menganalisis besaran kecepatan dan percepatan pada gerak melingkar dengan menggunakan vektor.
3. Menganalisis besaran perpindahan dan kecepatan pada gerak parabola dengan menggunakan vektor tangensial dan percepatan sentripetal pada gerak melingkar.
A. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat:
1. Menganalisis gerak dua dimensi secara vektor dan skalar.
2. Menghitung besar dan arah perpindahan, kecepatan, dan percepatan gerak suatu benda.
3. Menganalisis gerak lurus beraturan dengan menggunakan grafik jarak terhadap waktu dan grafik kecepatan terhadap waktu.
4. Menganalisis gerak lurus berubah beraturan dengan menggunakan grafik jarak terhadap waktu dan grafik kecepatan terhadap waktu.
5. Menganalisis karakteristik gerak suatu benda melalui grafik.
6. Merumuskan persamaan gerak suatu benda melalui pengukuran besaran-besaran gerak.
7. Menganalis besaran-besaran yang berkaitan dengan gerak melingkar, yaitu perubahan sudut, kecepatan sudut, dan percepatan sudut.
8. Menganalisis hubungan antara besaran dalam gerak melingkar dengan gerak lurus.
B. Materi Pembelajaran
Analisis Vektor untuk Gerak, Deskripsi Grafik untuk Gerak dan Gerak Melingkar.
C. Metode Pembelajaran
1. Model : - Direct Instruction (DI)
- Cooperative Learning
2. Metode : - Diskusi kelompok
- Ceramah
D. Langkah-langkah Kegiatan
PERTEMUAN PERTAMA
a. Kegiatan Pendahuluan
l Motivasi dan Apersepsi:
- Apakah manfaat metode vektor dalam menganalisis gerak?
l Prasyarat pengetahuan:
- Bagaimana penerarapan metode vektor dalam analisis gerak?
b. Kegiatan Inti
l Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
l Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan penulisan posisi benda dalam notasi vektor.
l Perwakilan peserta didik diminta untuk menjelaskan pengertian vektor satuan.
l Peserta didik mendiskusikan dengan kelompoknya mengenai sifat perkalian vektor satuan.
l Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal.
l Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
l Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan penulisan vektor perpindahan.
l Peserta didik memperhatikan penjelasan mengenai cara menyelesaikan operasi penjumlahan atau pengurangan vektor yang disampaikan oleh guru.
l Guru memberikan contoh soal menentukan vektor perpindahan dan besar vektor perpindahan suatu benda.
l Guru menunjuk salah satu peserta didik untuk menjawab soal menentukan vektor perpindahan dan besar vektor perpindahan suatu benda di depan kelas, sedangkan peserta didik yang lain memperhatikannya.
l Guru memberikan beberapa soal menentukan vektor perpindahan dan besar vektor perpindahan suatu benda untuk dikerjakan oleh peserta didik.
l Guru mengoreksi jawaban peserta didik apakah sudah benar atau belum. Jika masih ada peserta didik yang belum dapat menjawab dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.
l Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian kecepatan rata-rata dan penulisannya dalam bentuk notasi vektor.
l Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian kecepatan sesaat dan penulisannya dalam bentuk notasi vektor.
l Peserta didik memperhatikan tahap-tahap menentukan kecepatan sesaat pada saat t1 yang disampaikan oleh guru.
l Guru memberikan contoh soal menentukan kecepatan rata-rata dan kecepatan sesaat suatu benda.
l Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian percepatan rata-rata dan penulisannya dalam bentuk notasi vektor.
l Peserta didik memperhatikan tahap-tahap menentukan percepatan sesaat pada saat t1 yang disampaikan oleh guru.
l Guru memberikan contoh soal menentukan percepatan rata-rata dan percepatan sesaat suatu benda.
l Guru memberikan beberapa soal menentukan kecepatan rata-rata, kecepatan sesaat, percepatan rata-rata dan percepatan sesaat suatu benda untuk dikerjakan oleh peserta didik.
l Guru mengoreksi jawaban peserta didik apakah sudah benar atau belum. Jika masih ada peserta didik yang belum dapat menjawab dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.
c. Kegiatan Penutup
l Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
l Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
l Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.
PERTEMUAN KEDUA
a. Kegiatan Pendahuluan
1. Motivasi dan Apersepsi:
- Jika kita mengetahui percepatan, dapatkah kita menentukan kecepatan?
l Prasyarat pengetahuan:
- Bagaimana cara menentukan kecepatan dari percepatan?
b. Kegiatan Inti
l Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
l Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan analisis skalar untuk besaran vektor.
l Peserta didik mendiskusikan dengan kelompoknya mengenai pemecahan persamaan gerak untuk komponen arah sumbu x dan sumbu y.
l Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal.
l Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
l Peserta didik memperhatikan tahapan-tahapan menganalisis gerak benda dengan metode skalar yang disampaikan oleh guru.
l Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan cara menentukan kecepatan dari percepatan.
l Guru memberikan contoh soal menentukan kecepatan dari percepatan
suatu benda.
l Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan cara menentukan posisi dari kecepatan.
l Guru memberikan contoh soal menentukan posisi dari kecepatan suatu benda.
l Guru memberikan beberapa soal menentukan kecepatan dari percepatan dan menentukan posisi dari kecepatan suatu benda untuk dikerjakan oleh peserta didik.
l Guru mengoreksi jawaban peserta didik apakah sudah benar atau belum. Jika masih ada peserta didik yang belum dapat menjawab dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.
c. Kegiatan Penutup
l Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
l Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
l Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.
PERTEMUAN KETIGA
a. Kegiatan Pendahuluan
l Motivasi dan Apersepsi:
- Bagaimana bentuk grafik posisi terhadap waktu?
- Bagaimana bentuk grafik perpindahan sebuah benda?
l Prasyarat pengetahuan:
- Bagaimana langkah-langkah menggambar grafik posisi terhadap waktu?
- Bagaimana langkah-langkah menggambar grafik perpindahan sebuah benda?
b. Kegiatan Inti
l Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan bentuk grafik posisi terhadap waktu.
l Peserta didik mendiskusikan dengan kelompoknya mengenai langkah-langkah menggambar grafik posisi terhadap waktu.
l Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk menggambar grafik posisi terhadap waktu.
l Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal.
l Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
l Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan bentuk grafik perpindahan sebuah benda.
l Peserta didik memperhatikan langkah-langkah menggambar grafik perpindahan sebuah benda yang disampaikan oleh guru.
l Peserta didik memperhatikan contoh soal menggambar grafik posisi terhadap waktu dan grafik perpindahan sebuah benda yang disampaikan oleh guru.
l Guru memberikan beberapa soal menggambar grafik posisi terhadap waktu dan grafik perpindahan sebuah benda untuk dikerjakan oleh peserta didik.
l Guru mengoreksi jawaban peserta didik apakah sudah benar atau belum. Jika masih ada peserta didik yang belum dapat menjawab dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.
l Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan perbedaan kecepatan rata-rata dan kecepatan sesaat.
l Peserta didik memperhatikan contoh soal menentukan kecepatan rata-rata dan kecepatan sesaat yang disampaikan oleh guru.
l Peserta didik mendiskusikan dengan kelompoknya mengenai perbedaan antara percepatan rata-rata dan percepatan sesaat.
l Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal.
l Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
l Peserta didik memperhatikan contoh soal menentukan percepatan rata-rata dan percepatan sesaat yang disampaikan oleh guru.
l Guru memberikan beberapa soal menentukan kecepatan rata-rata, kecepatan sesaat, percepatan rata-rata, dan percepatan sesaat untuk dikerjakan oleh peserta didik.
l Guru mengoreksi jawaban peserta didik apakah sudah benar atau belum. Jika masih ada peserta didik yang belum dapat menjawab dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.
c. Kegiatan Penutup
l Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
l Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
l Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.
PERTEMUAN KEEMPAT
a. Kegiatan Pendahuluan
l Motivasi dan Apersepsi:
- Bagaimana bentuk grafik posisi terhadap waktu pada gerak lurus beraturan?
- Dapatkah kita menentukan perpindahan benda dari kurva kecepatan terhadap waktu?
l Prasyarat pengetahuan:
- Bagaimana langkah-langkah menggambar grafik posisi terhadap waktu pada gerak lurus beraturan?
- Bagaimana menentukan perpindahan benda dari kurva kecepatan terhadap waktu?
b. Kegiatan Inti
l Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan bentuk grafik posisi terhadap waktu pada gerak lurus beraturan.
l Peserta didik memperhatikan langkah-langkah menggambar grafik posisi terhadap waktu pada gerak lurus beraturan yang disampaikan oleh guru.
l Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan bentuk grafik posisi terhadap waktu pada gerak lurus berubah beraturan.
l Peserta didik mendiskusikan dengan kelompoknya mengenai langkah-langkah menggambar grafik posisi terhadap waktu pada gerak lurus berubah beraturan.
l Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk menggambar grafik posisi terhadap waktu pada gerak lurus berubah beraturan.
l Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal.
l Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
l Peserta didik memperhatikan contoh soal menggambar grafik posisi terhadap waktu pada gerak lurus beraturan dan grafik posisi terhadap waktu pada gerak lurus berubah beraturan yang disampaikan oleh guru.
l Guru memberikan beberapa soal menggambar grafik posisi terhadap waktu pada gerak lurus beraturan dan gerak lurus berubah beraturan untuk dikerjakan oleh peserta didik.
l Guru mengoreksi jawaban peserta didik apakah sudah benar atau belum. Jika masih ada peserta didik yang belum dapat menjawab dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.
l Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan cara menentukan posisi benda dari kurva kecepatan.
l Peserta didik memperhatikan contoh soal menentukan perpindahan benda dari kurva kecepatan terhadap waktu yang disampaikan oleh guru.
l Guru memberikan beberapa soal menentukan perpindahan benda dari kurva kecepatan terhadap waktu untuk dikerjakan oleh peserta didik.
l Guru mengoreksi jawaban peserta didik apakah sudah benar atau belum. Jika masih ada peserta didik yang belum dapat menjawab dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.
c. Kegiatan Penutup
l Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
l Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
l Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.
PERTEMUAN KELIMA
a. Kegiatan Pendahuluan
l Motivasi dan Apersepsi:
- Sebutkan contoh gerak melingkar dalam kehidupan sehari-hari.
- Apakah perbedaan antara percepatan sudut rata-rata dan percepatan sudut sesaat?
l Prasyarat pengetahuan:
- Apakah ciri khas dari gerak melingkar?
- Apakah yang dimaksud dengan percepatan sudut?
b. Kegiatan Inti
l Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian gerak melingkar.
l Perwakilan peserta didik diminta untuk menyebutkan contoh gerak melingkar dalam kehidupan sehari-hari.
l Peserta didik dalam setiap kelompok mendiskusikan ciri khas dari gerak melingkar.
l Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal.
l Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
l Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan besaran-besaran pada gerak melingkar.
l Peserta didik mendiskusikan dengan kelompoknya mengenai pengertian koordinat sudut, perubahan sudut, dan kecepatan sudut.
l Peserta didik dalam setiap kelompok mendiskusikan perbedaan kecepatan sudut rata-rata dan kecepatan sudut sesaat.
l Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal.
l Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
l Peserta didik memperhatikan contoh soal menentukan kecepatan sudut rata-rata dan kecepatan sudut sesaat yang disampaikan oleh guru.
l Guru memberikan beberapa soal menentukan kecepatan sudut rata-rata dan kecepatan sudut sesaat untuk dikerjakan oleh peserta didik.
l Guru mengoreksi jawaban peserta didik apakah sudah benar atau belum. Jika masih ada peserta didik yang belum dapat menjawab dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.
l Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian percepatan sudut.
l Peserta didik dalam setiap kelompok mendiskusikan perbedaan percepatan sudut rata-rata dan percepatan sudut sesaat.
l Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal.
l Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
l Peserta didik memperhatikan contoh soal menentukan percepatan sudut rata-rata dan percepatan sudut sesaat yang disampaikan oleh guru.
l Guru memberikan beberapa soal menentukan kecepatan sudut rata-rata dan kecepatan sudut sesaat untuk dikerjakan oleh peserta didik.
l Guru mengoreksi jawaban peserta didik apakah sudah benar atau belum. Jika masih ada peserta didik yang belum dapat menjawab dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.
c. Kegiatan Penutup
l Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
l Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
l Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.
PERTEMUAN KEENAM
a. Kegiatan Pendahuluan
l Motivasi dan Apersepsi:
- Apakah ciri khas dari gerak melingkar beraturan?
- Ke manakah arah percepatan sentripental pada gerak melingkar beraturan?
l Prasyarat pengetahuan:
l Apakah yang dimaksud dengan gerak melingkar beraturan?
l Apakah yang dimaksud dengan percepatan sentripental?
b. Kegiatan Inti
l Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan ciri khas gerak melingkar beraturan.
l Perwakilan peserta didik diminta untuk menyebutkan contoh gerak melingkar beraturan dalam kehidupan sehari-hari.
l Peserta didik memperhatikan hubungan antara sudut dan kecepatan sudut pada gerak melingkar beraturan yang disampaikan oleh guru.
l Peserta didik memperhatikan contoh soal menentukan sudut dan kecepatan sudut pada gerak melingkar beraturan yang disampaikan oleh guru.
l Guru memberikan beberapa soal menentukan sudut dan kecepatan sudut pada gerak melingkar beraturan untuk dikerjakan oleh peserta didik.
l Guru mengoreksi jawaban peserta didik apakah sudah benar atau belum. Jika masih ada peserta didik yang belum dapat menjawab dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.
l Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan ciri khas dari gerak melingkar berubah beraturan.
l Peserta didik dalam setiap kelompok mendiskusikan hubungan kecepatan sudut dan percepatan sudut pada gerak melingkar berubah beraturan.
l Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal.
l Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
l Peserta didik memperhatikan contoh soal menentukan kecepatan sudut dan percepatan sudut pada gerak melingkar berubah beraturan yang disampaikan oleh guru.
l Guru memberikan beberapa soal menentukan kecepatan sudut dan percepatan sudut pada gerak melingkar berubah beraturan untuk dikerjakan oleh peserta didik.
l Guru mengoreksi jawaban peserta didik apakah sudah benar atau belum. Jika masih ada peserta didik yang belum dapat menjawab dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.
l Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan hubungan kecepatan linier dan kecepatan sudut pada gerak melingkar beraturan.
l Peserta didik memperhatikan cara merumuskan hubungan kecepatan linier dan kecepatan sudut pada gerak melingkar beraturan yang disampaikan oleh guru.
l Peserta didik (dibimbing okeh guru) mendiskusikan perumusan percepatan sentripental.
l Peserta didik memperhatikan contoh soal menentukan percepatan sentripental yang disampaikan oleh guru.
l Peserta didik memperhatikan cara merumuskan hubungan kecepatan linier dan kecepatan sudut pada gerak melingkar berubah beraturan yang disampaikan oleh guru.
l Peserta didik memperhatikan contoh soal menentukan kecepatan linier dan kecepatan sudut pada gerak melingkar berubah beraturan.
l Guru memberikan beberapa soal menentukan kecepatan linier dan kecepatan sudut pada gerak melingkar berubah beraturan untuk dikerjakan oleh peserta didik.
l Guru mengoreksi jawaban peserta didik apakah sudah benar atau belum. Jika masih ada peserta didik yang belum dapat menjawab dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.
c. Kegiatan Penutup
l Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
l Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
l Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.
E. Sumber Belajar
a. Buku Fisika SMA dan MA Jl.2A (Esis) halaman 1-78
b. Buku referensi yang relevan
F. Penilaian Hasil Belajar
a. Teknik Penilaian:
- Tes tertulis
- Penugasan
b. Bentuk Instrumen:
- PG
- Uraian
- Tugas rumah
c. Contoh Instrumen:
- Contoh PG
Kecepatan sebuah benda dapat dinyatakan dengan persamaan
ύ = (2t î + 4ĵ) m/s. Percepatan rata-rata benda antara t = 1 s sampai t = 3 s adalah ....
A. (2 î + 4ĵ) D. (6 î + 4ĵ)
B. (4ĵ) E. (2 î)
C. (4 î + 2ĵ)
- Contoh uraian
Sebuah pesawat tempur yang sedang melakukan atraksi terbang membentuk lingkaran vertikal dengan diameter 1 km. Kecepatan terbang di dasar lingkaran tersebut adalah 185 m/s. Hitunglah percepatan sentripental dari pesawat tempur tersebut.
- Contoh tugas rumah
Buatlah artikel tentang penerapan konsep gerak melingkar pada teknologi kehidupan sehari-hari.
...............,...................
Mengetahui
Kepala SMA Guru Mata Pelajaran
......................... ..............................
NIP. NIP.
No comments:
Post a Comment