FISIKA X RPP 15
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : SMA
Kelas / Semester : X (sepuluh) / Semester II
Mata Pelajaran : FISIKA
Standar Kompetensi
6. Memahami konsep dan prinsip gelombang elektromagnetik.
Kompetensi Dasar
6.2. Menjelaskan aplikasi gelombang elektromagnetik pada kehidupan sehari-hari.
Indikator
- Mengidentifikasi penggunaan gelombang elektromagnetik dalam bidang komunikasi.
- Mengidentifikasi penggunaan gelombang elektromagnetik dalam bidang kesehatan dan industri.
- Menjelaskan perbedaan penggunaan rentang frekuensi atau panjang gelombang pada alat-alat komunikasi.
A. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat:
l Menjelaskan aplikasi gelombang elektromagnetik dalam bidang komunikasi.
l Menjelaskan aplikasi gelombang elektromagnetik dalam bidang kesehatan.
l Menjelaskan aplikasi gelombang elektromagnetik dalam bidang industri.
l Menjelaskan aplikasi gelombang elektromagnetik dalam bidang militer.
l Menjelaskan aplikasi gelombang elektromagnetik dalam bidang astronomi.
l Membedakan penggunaan rentang frekuensi atau panjang gelombang pada komunikasi radar, telepon, radio, dan televisi.
B. Materi Pembelajaran
Gelombang Elektromagnetik
C. Metode Pembelajaran
1. Model : - Direct Instruction (DI)
- Cooperative Learning
2. Metode : - Diskusi kelompok
- Ceramah
- Observasi
D. Langkah-langkah Kegiatan
PERTEMUAN PERTAMA
a. Kegiatan Pendahuluan
· Motivasi dan Apersepsi:
l Gelombang apakah yang digunakan pada oven microwave?
l Apakah manfaat gelombang inframerah?
· Prasyarat pengetahuan:
l Bagaimana mekanisme kerja gelombang mikro?
l Apakah ciri gelombang inframerah?
b. Kegiatan Inti
· Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok,
masing-masing kelompok terdiri dari 4-5 siswa laki-laki dan perempuan yang berbeda kemampuannya.
· Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan aplikasi gelombang elektromagnetik dalam kehidupan sehari-hari.
· Guru membagi tugas kelompok:
- 2 kelompok diberi tugas untuk menjelaskan aplikasi gelombang elektromagnetik dalam bidang komunikasi.
- 2 kelompok diberi tugas untuk menjelaskan aplikasi gelombang elektromagnetik dalam bidang kesehatan.
- 2 kelompok diberi tugas untuk menjelaskan aplikasi gelombang elektromagnetik dalam bidang industri.
- 2 kelompok diberi tugas untuk menjelaskan aplikasi gelombang elektromagnetik dalam bidang militer.
- 2 kelompok diberi tugas untuk menjelaskan aplikasi gelombang elektromagnetik dalam bidang astronomi.
· Tugas kelompok diberikan 1 minggu sebelum proses pembelajaran dilaksanakan.
l Setiap kelompok diminta untuk menuliskannya dalam bentuk karya tulis.
l Setiap kelompok diminta untuk mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelompok yang lain.
l Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
l Peserta didik memperhatikan perbedaan penggunaan rentang frekuensi atau panjang gelombang pada komunikasi radar, telepon, radio, dan televisi yang disampaikan oleh guru.
c. Kegiatan Penutup
· Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
l Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
l Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.
E. Sumber Belajar
a. Buku Fisika SMA dan MA Jl.1B (Esis) halaman 159-186
b. Buku referensi yang relevan
c. Lingkungan
F. Penilaian Hasil Belajar
a. Teknik Penilaian:
- Tes tertulis
- Penugasan
b. Bentuk Instrumen:
- Tes PG
- Tes uraian
- Tugas rumah
c. Contoh Instrumen:
- Contoh tes PG
Jenis gelombang yang dapat dipakai untuk menembus kabut adalah ....
A. inframerah D. cahaya biru
B. radio E. ultraviolet
C. cahaya merah
- Contoh tes uraian
Jelaskan pemanfaatan gelombang elektromagnetik dalam bidang kesehatan dan industri.
- Contoh tugas rumah
Buatlah artikel tentang pemanfaatan gelombang elektromagnetik pada komunikasi radar, telepon, radio, dan televisi. Kalian dapat mencari sumber gambar atau artikel mengenai topik tersebut dari majalah, koran, atau internet, kemudian kumpulkan ke guru.
...............,...................
Mengetahui
Kepala SMA Guru Mata Pelajaran
......................... ..............................
NIP. NIP.
No comments:
Post a Comment