09 April 2011

Biologi SMA X RPP 12



BIOLOGI X RPP12

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Mata Pelajaran          : Biologi
Kelas/ Semester          : X (Sepuluh)/ 2
Pertemuan                  : 9 dan 10
Alokasi Waktu            :  4 jam pelajaran
Standar Kompetensi   : 3.  Memahami  manfaat keanekaragaman hayati
Kompetensi Dasar      : 3.4    Mendeskripsikan ciri-ciri Filum dalam Dunia Hewan dan peranannya bagi kelangsungan hidup di bumi
Tujuan                           :        Siswa mampu menjelaskan ciri-ciri hewan dan membandingkan ciri-ciri masing-masing filum Dunia Hewan



I.       Indikator
·         Mendeskripsikan ciri umum dunia hewan
·         Menjelaskan dasar klasifikasi dunia hewan
·         Membandingkan ciri-ciri umum filum-filum dalam dunia hewan
·         Mendeskripsikan ciri Arthropoda berdasarkan pengamatan

II.    Materi Ajar
·         Ciri umum dunia hewan
·         Dasar klasifikasi dunia hewan
·         Klasifikasi dunia hewan

III. Metode Pembelajaran
·         Pengamatan – Diskusi

IV.              Langkah Langkah Pembelajaran

Pertemuan 9 (2 jam pelajaran)

A.     Kegiatan awal (10 menit)
·         Guru meminta siswa membandingkan ciri dunia hewan dan tumbuhan.
B.     Kegiatan inti (75 menit)
·         Guru dan siswa mendiskusikan klasifikasi dunia hewan.
·         Siswa mengumpulkan informasi dari buku dan menyusun perbandingan ciri-ciri masing-masing filum hewan dalam sebuah tabel.
C.     Kegiatan akhir (5 menit)
·         Siswa mengumpulkan tabel hasil perbandingan.
·         Guru menyimpulkan ciri umum dunia hewan.

Pertemuan 10 (2 X 45 menit)

A.     Kegiatan awal
·         Guru meminta siswa berkelompok sesuai kelompoknya dan mempersiapkan alat dan bahan pengamatan arthropoda
B.     Kegiatan Inti
·         Siswa mengamati contoh hewan arthropoda dengan menggunakan kegiatan 9.1
·         Siswa mencatat hasil pengamatan
·         Siswa membersihkan alat dan bahan, dan mengembalikan ke tempat semula
·         Siswa menyusun laporan.
C.     Kegiatan Akhir
·         Guru bersama siswa mengambil kesimpulan hasil pengamatan.
·         Siswa mengumpulkan laporan pengamatan.

V.     Alat / Bahan/ Sumber
·         Buku Kerja Biologi IB, Esis
·         Buku Biologi SMA kelas X, Esis, Bab IX
·         Belalang, laba-laba, udang dan lipan/kelabang
·         Loupe

VI.              Penilaian
·         Laporan hasil pengamatan
·         Uji kompetensi tertulis

No comments: