BIOLOGI X RPP13
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran : Biologi
Kelas/ Semester : X (Sepuluh)/ 2
Pertemuan : 11 dan 12
Alokasi Waktu : 4 jam pelajaran
Standar Kompetensi : 4. Menganalisis hubungan antara komponen ekosistem, perubahan materi dan energi serta peranan manusia dalam keseimbangan ekosistem
Kompetensi Dasar : 4.1 Mendeskripsikan peran komponen ekosistem dalam aliran energi dan daur biogeokimia serta pemanfaatan komponen ekosistem bagi kehidupan
Tujuan : Siswa mampu menjelaskan ruang lingkup ekologi, interaksi yan terjadi dalam ekosistem, perjalanan energi, dan materi dalam ekosistem
I. Indikator
· Mendefinisikan pengertian ekologi sebagai ilmu
· Membedakan pengunaan istilah habitat, nisia, populasi, komunitas, ekosistem, faktor biotik, faktor abiotik
· Mengidentifikasi berbagai interaksi yang terjadi dalam ekosistem
· Menghubungkan pengertian rantai makanan, jaring-jaring makanan, piramida ekologi, siklus materi, dan daur energi
· Mengambarkan bagan/skema daur biogeokimia
II. Materi Ajar
· Pengertian ekologi sebagai ilmu
· Ekosistem dan komponen penyusunnya
· Pengelompokan komponen biotik berdasarkan fungsinya
· Tingkat organisasi komponen biotik dalam ekosistem
· Berbagai interaksi dalam ekosistem
· Rantai makanan, jaring-jaring makanan, piramida ekologi
· Aliran energi dan siklus materi dalam ekosistem
· Daur biogeokimia
III. Metode Pembelajaran
· Pengamatan – Diskusi
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan 11 (2 jam pelajaran)
A. Kegiatan awal (10 menit)
· Guru meminta siswa untuk menunjukkan adanya interaksi antara makhluk hidup dengan lingkungannya.
· Guru bersama siswa mendiskusikan ruang lingkup ekologi.
· Guru membagi kelas menjadi enam kelompok.
B. Kegiatan inti (70 menit)
· Guru meminta siswa mengamati komponen abiotik dalam ekosistem dengan menggunakan Kegiatan 10.1.
· Guru dan siswa mendiskusikan komponen ekosistem.
· Guru dan siswa mendiskusikan interaksi yang terjadi dalam ekosistem.
C. Kegiatan akhir (10 menit)
· Guru bersama siswa menyimpulkan pengertian eksosistem dan komponen-komponennya.
· Siswa mengumpulkan laporan hasil pengamatan.
Pertemuan 12 (2 jam pelajaran)
A. Kegiatan awal (10 menit)
· Guru menunjukkan interaksi yang paling menonjol adalah aktivitas makan.
B. Kegiatan Inti (70 menit)
· Guru meminta siswa untuk mengidentifikasi beberapa rantai makanan yang terjadi dalam ekosistem.
· Siswa menggambar rantai-antai makanan tersebut, sehingga akan membentuk jaring-jaring makanan.
· Siswa menggambar piramida ekologi berdasarkan jaring-jaring makanan.
· Siswa mendeskripsikan perjalanan energi dan materi dalam ekosistem serta daur biogeokimia.
C. Kegiatan akhir (10 menit)
· Guru bersama siswa mengambil kesimpulan tentang rantai makanan, perjalanan energi dan materi dalam ekosistem, serta daur biogeokimia.
V. Alat/ Bahan/ Sumber
· Buku Kerja Biologi IB, Esis
· Buku Biologi SMA kelas X, Esis, Bab X
· Ekosistem yang ada di sekitar sekolah
VI. Penilaian
· Laporan hasil pengamatan
· Uji kompetensi tertulis
No comments:
Post a Comment