Google Web Search Gadget

There was an error in this gadget

09 April 2011

Biologi SMA X RPP 13



BIOLOGI X RPP13

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Mata Pelajaran          : Biologi
Kelas/ Semester          : X (Sepuluh)/ 2
Pertemuan                  : 11 dan 12
Alokasi Waktu            :  4 jam pelajaran
Standar Kompetensi  : 4.   Menganalisis hubungan antara komponen ekosistem, perubahan materi dan energi serta peranan manusia dalam keseimbangan ekosistem
Kompetensi Dasar      : 4.1    Mendeskripsikan peran komponen ekosistem dalam aliran energi dan daur biogeokimia serta pemanfaatan komponen ekosistem bagi kehidupan
Tujuan                        : Siswa mampu menjelaskan ruang lingkup ekologi, interaksi yan terjadi dalam ekosistem, perjalanan energi, dan materi dalam ekosistem



I.                   Indikator
·         Mendefinisikan pengertian ekologi sebagai ilmu
·         Membedakan pengunaan istilah habitat, nisia, populasi, komunitas, ekosistem, faktor biotik, faktor abiotik
·         Mengidentifikasi berbagai interaksi yang terjadi dalam ekosistem
·         Menghubungkan pengertian rantai makanan, jaring-jaring makanan, piramida ekologi, siklus materi, dan daur energi
·         Mengambarkan bagan/skema daur biogeokimia

II.                Materi Ajar
·         Pengertian ekologi sebagai ilmu
·         Ekosistem dan komponen penyusunnya
·         Pengelompokan komponen biotik berdasarkan fungsinya
·         Tingkat organisasi komponen biotik dalam ekosistem
·         Berbagai interaksi dalam ekosistem
·         Rantai makanan, jaring-jaring makanan, piramida ekologi
·         Aliran energi dan siklus materi  dalam ekosistem
·         Daur biogeokimia

III.             Metode Pembelajaran
·         Pengamatan – Diskusi

IV.              Langkah-Langkah Pembelajaran

Pertemuan 11 (2 jam pelajaran)

A.     Kegiatan awal (10 menit)
·         Guru meminta siswa untuk menunjukkan adanya interaksi antara makhluk hidup dengan lingkungannya.
·         Guru bersama siswa mendiskusikan ruang lingkup ekologi.
·         Guru membagi kelas menjadi enam kelompok.


B.     Kegiatan inti (70 menit)
·         Guru meminta siswa mengamati komponen abiotik dalam ekosistem dengan menggunakan Kegiatan 10.1.
·         Guru dan siswa mendiskusikan komponen ekosistem.
·         Guru dan siswa mendiskusikan interaksi yang terjadi dalam ekosistem.
C.     Kegiatan akhir (10 menit)
·         Guru bersama siswa menyimpulkan pengertian eksosistem dan komponen-komponennya.
·         Siswa mengumpulkan laporan hasil pengamatan.

Pertemuan 12 (2 jam pelajaran)

A.     Kegiatan awal (10 menit)
·         Guru menunjukkan interaksi yang paling menonjol adalah aktivitas makan.
B.     Kegiatan Inti (70 menit)
·         Guru meminta siswa untuk mengidentifikasi beberapa rantai makanan yang terjadi dalam ekosistem.
·         Siswa menggambar rantai-antai makanan tersebut, sehingga akan membentuk jaring-jaring makanan.
·         Siswa menggambar piramida ekologi berdasarkan jaring-jaring makanan.
·         Siswa mendeskripsikan perjalanan energi dan materi dalam ekosistem serta daur biogeokimia.
C.     Kegiatan akhir (10 menit)
·         Guru bersama siswa mengambil kesimpulan tentang rantai makanan, perjalanan energi dan materi dalam ekosistem, serta daur biogeokimia.

V.                 Alat/ Bahan/ Sumber
·         Buku Kerja Biologi IB, Esis
·         Buku Biologi SMA kelas X, Esis, Bab X
·         Ekosistem yang ada di sekitar sekolah

VI.  Penilaian
·         Laporan hasil pengamatan
·         Uji kompetensi tertulis

No comments: