Google Web Search Gadget

There was an error in this gadget

09 April 2011

Biologi SMA X RPP 3



BIOLOGI X RPP3

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Mata Pelajaran          : Biologi
Kelas/Semester           : X (Sepuluh)/ 1
Pertemuan                  : 4
Alokasi Waktu            : 2  jam pelajaran

Standar Kompetensi   :  2. Memahami prinsip-prinsip pengelompokan makhluk hidup

Kompetensi Dasar         :  2.1 Mendeskripsikan ciri-ciri, replikasi, dan peran virus dalam kehidupan
Tujuan                        :  Siswa dapat memahami ciri-ciri virus, struktur tubuh virus, dan peran virus bagi manusia



I.                   Indikator
·         Menggambar struktur tubuh virus berdasarkan foto ultramikroskopis
·         Mendeskripsikan ciri-ciri virus
·         Membandingkan ciri virus dan ciri hewan/tumbuhan  
·         Menggambar skema reproduksi virus
·         Mengidentifikasi peran virus bagi manusia  
·         Membuat kajian tentang virus dan penyakit yang disebabkannya

II.                Materi Ajar
·         Prinsip dan dasar klasifikasi makhluk hidup
·         Ciri-ciri  virus meliputi:
1.      Ciri benda mati virus
2.      Ciri hidup virus
·         Struktur tubuh virus
·         Cara reproduksi virus
·         Peran virus bagi manusia meliputi:
1.      Peran yang menguntungkan
2.      Peran yang merugikan

III.             Metode Pembelajaran
·         Diskusi-Penugasan

IV.              Langkah-Langkah Pembelajaran

Pertemuan 4 (2 jam pelajaran)

A.     Kegiatan awal (15 menit)
·         Guru bersama siswa mendiskusikan prinsip-prinsip klasifikasi makhluk hidup.
·         Guru bersama siswa mendiskusikan klasifikasi makhluk hidup pada tingkat Kingdom.
B.     Kegiatan inti (65 menit)
·         Guru menanyakan sejarah penemuan virus.
·         Guru bersama siswa menggambar struktur tubuh virus berdasarkan foto ultramikroskopis.
·         Guru bersama siswa mendiskusikan ciri-ciri dan struktur tubuh virus.
·         Siswa menyimpulkan perbedaan ciri virus dengan makhluk hidup lain (kegiatan 3.1).
·         Guru bersama siswa menggambar skema reproduksi virus.
·         Guru bersama siswa mendiskusikan peran virus bagi manusia.
C.     Kegiatan akhir (10 menit)
·         Guru bersama siswa menyimpulkan ciri-ciri dan struktur tubuh virus.
·         Guru menugaskan siswa untuk membuat kajian tertulis tentang virus dan penyakit yang disebabkannya.
Tugas dikumpulkan pada jam pelajaran berikutnya.

V.                 Alat/Bahan/Sumber
·         Buku Kerja Biologi IA, Esis
·         Buku Biologi SMA Kelas X, Esis, Bab II dan III
·         Foto ultramikroskopis virus
·         Berbagai informasi tentang penyakit yang disebabkan virus

VI.              Penilaian
·         Uji kompetensi tertulis
·         Hasil kajian tentang peran virus dan kajian tentang virus

No comments: