09 April 2011

Fisika SMA XII RPP1




FISIKA XII RPP 1

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Sekolah             : SMA
Kelas / Semester           : XII (Dua belas) / Semester I
Mata Pelajaran            : FISIKA

Standar Kompetensi
    1.    Menerapkan konsep dan prinsip gejala gelombang dalam menyelesaikan masalah.

Kompetensi Dasar
1.1   Mendeskripsikan gejala dan ciri-ciri gelombang secara umum.

Indikator
1.      Mengidentifikasi karakteristik gelombang transversal dan gelombang longitudinal.
2.      Mengidentifikasi karakteristik gelombang mekanik dan gelombang elektromagnetik.
3.      Menyelidiki sifat-sifat gelombang (pemantulan, pembiasan, superposisi, interferensi, difraksi, polarisasi dan dispersi) serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
4.      Mengidentifikasi persamaan gelombang berjalan dan gelombang stasioner.

A. Tujuan Pembelajaran
        Peserta didik dapat:
1. Menjelaskan definisi gelombang dan besaran-besaran gelombang.
2. Menjelaskan perbedaan gelombang transversal dan gelombang longitudinal.
3. Memberikan contoh sumber-sumber gelombang.
4. Menjelaskan pengaruh sifat medium terhadap kecepatan gelombang.
5. Menghitung besaran-besaran gelombang dengan menggunakan persamaan gelombang.
6. Menganalisis prinsip Huygens untuk memahami konsep muka gelombang.
7. Menganalisis konsep pemantulan dan pembiasan melalui hukum Snellius.
8. Menganalisis fenomena superposisi dua gelombang atau lebih.
9. Memberikan contoh aplikasi penerapan gelombang pada dawai.
10.  Menjelaskan fenomena interferensi, difraksi, polarisasi, dan dispersi pada gelombang.
11.  Mengidentifikasi persamaan gelombang berjalan dan gelombang stasioner.

B. Materi Pembelajaran
        Gejala dan Ciri-ciri Gelombang

C. Metode Pembelajaran
1.      Model   :   -   Direct Instruction (DI)
                                -   Cooperative Learning
               2.  Metode  :   -   Diskusi kelompok    
                                       -   Ceramah
                                       -   Observasi
D.    Langkah-langkah Kegiatan

PERTEMUAN PERTAMA

            a. Kegiatan Pendahuluan
l  Motivasi dan Apersepsi:
-      Apakah gelombang bunyi tergolong gelombang longitudinal?
-      Bagaimana persamaan-persamaan fisika yang menerangkan gejala gelombang?
l  Prasyarat pengetahuan:
-      Apakah ciri-ciri gelombang longitudinal?
-      Bagaimana menentukan persamaan gelombang?
   
b. Kegiatan Inti
l  Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
l  Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian gelombang.
l  Perwakilan peserta didik diminta untuk menyebutkan contoh gelombang dalam kehidupan sehari-hari.
l  Peserta didik mendiskusikan dengan kelompoknya mengenai perbedaan gelombang transversal dan gelombang longitudinal.
l  Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal.
l  Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
l  Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan penulisan vektor perpindahan.
l  Peserta didik memperhatikan penjelasan mengenai pengertian besaran-besaran gelombang yang disampaikan oleh guru.
l  Peserta didik memperhatikan penjelasan guru mengenai perumusan untuk mendapatkan persamaan gelombang.
l  Guru memberikan contoh soal menentukan persamaan simpangan gelombang.
l  Guru menunjuk salah satu peserta didik untuk menjawab soal menentukan persamaan simpangan gelombang di depan kelas, sedangkan peserta didik yang lain memperhatikannya.
l  Guru memberikan beberapa soal menentukan persamaan simpangan gelombang untuk dikerjakan oleh peserta didik.
l  Guru mengoreksi jawaban peserta didik apakah sudah benar atau belum. Jika masih ada peserta didik yang belum dapat menjawab dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.

c. Kegiatan Penutup
l  Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
l  Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
l  Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.


PERTEMUAN KEDUA
   
 a. Kegiatan Pendahuluan
l  Motivasi dan Apersepsi:
-      Bagaimana pengaruh sifat medium terhadap cepat rambat gelombang?
-      Bagaimana hubungan intensitas dengan jarak penjalaran gelombang?
l  Prasyarat pengetahuan:
-      Bagaimana hubungan kecepatan gelombang dengan sifat medium?
-      Bagaimana persamaan yang menyatakan hubungan intensitas gelombang dan jarak yang ditempuh gelombang?
                       
 b. Kegiatan Inti
l  Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan hubungan kecepatan gelombang dan sifat medium
l  Peserta didik memperhatikan beberapa kasus pengaruh sifat medium terhadap laju perambatan gelombang dalam medium tersebut yang disampaikan oleh guru.
l  Guru memberikan contoh soal mengenai hubungan kecepatan gelombang dan sifat medium.
l  Guru memberikan beberapa soal mengenai hubungan kecepatan gelombang dan sifat medium untuk dikerjakan oleh peserta didik.
l  Guru mengoreksi jawaban peserta didik apakah sudah benar atau belum. Jika masih ada peserta didik yang belum dapat menjawab dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.
l  Peserta didik memperhatikan penjelasan guru menentukan persamaan energi yang dibawa gelombang.
l  Peserta didik memperhatikan hubungan intensitas gelombang dan jarak yang ditempuh gelombang yang disampaikan oleh guru.
l  Guru memberikan contoh soal menghitung besaran-besaran gelombang dengan menggunakan persamaan gelombang.
l  Guru memberikan beberapa soal menghitung besaran-besaran gelombang dengan menggunakan persamaan gelombang untuk dikerjakan oleh peserta didik.
l  Guru mengoreksi jawaban peserta didik apakah sudah benar atau belum. Jika masih ada peserta didik yang belum dapat menjawab dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.

c. Kegiatan Penutup
l  Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
l  Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.



PERTEMUAN KETIGA
   
 a. Kegiatan Pendahuluan
l  Motivasi dan Apersepsi:
-      Apa yang terjadi jika sebuah batu dijatuhkan pada permukaan air yang tenang?
-      Apa yang terjadi jika dua buah gelombang saling berpadu?
l  Prasyarat pengetahuan:
-      Apakah yang dimaksud dengan muka gelombang?
-      Apa yang dimaksud dengan superposisi gelombang?

 b. Kegiatan Inti
l  Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
l  Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian muka gelombang.
l  Peserta didik memperhatikan penjelasan guru mengenai muka gelombang untuk berbagai bentuk gelombang.
l  Perwakilan peserta didik diminta untuk menyebutkan prinsip Huygens.
l  Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian pemantulan gelombang.
l  Peserta didik memperhatikan hubungan antara arah gelombang datang dan gelombang pantul yang disampaikan oleh guru.
l  Perwakilan peserta didik diminta untuk menjelaskan pengertian pembiasan gelombang.
l  Peserta didik memperhatikan penjelasan hukum pembiasan (hukum Snellius) yang disampaikan oleh guru.
l  Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian superposisi gelombang.
l  Peserta didik memperhatikan penjelasan guru mengenai perumusan untuk mendapatkan persamaan superposisi gelombang sinusoidal, pelayangan dan gelombang berdiri.
l  Peserta didik memperhatikan contoh soal penerapan konsep superposisi gelombang, pelayangan, dan gelombang berdiri yang disampaikan oleh guru.
l  Guru memberikan beberapa soal penerapan konsep superposisi gelombang dan pelayangan untuk dikerjakan oleh peserta didik.
l  Guru mengoreksi jawaban peserta didik apakah sudah benar atau belum. Jika masih ada peserta didik yang belum dapat menjawab dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.

         c. Kegiatan Penutup
l  Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
l  Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.


PERTEMUAN KEEMPAT
    
   a. Kegiatan Pendahuluan
l  Motivasi dan Apersepsi:
-      Apakah perbedaan antara interferensi konstruktif dan interferensi destruktif?
-      Sebutkan peristiwa dispersi yang ditemui dalam kehidupan sehari-hari?
l  Prasyarat pengetahuan:
-      Apakah yang dimaksud dengan interferensi?
-      Apakah yang dimaksud dengan dispersi?

b. Kegiatan Inti
l  Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok, masing-masing kelompok terdiri dari 4-5 siswa laki-laki dan perempuan yang berbeda kemampuannya.
l  Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan beberapa fenomena gelombang.
l  Guru membagi tugas kelompok:
-       2 kelompok diberi tugas untuk menjelaskan fenomena interferensi gelombang.
-       2 kelompok diberi tugas untuk menjelaskan fenomena difraksi gelombang.
-       2 kelompok diberi tugas untuk menjelaskan fenomena polarisasi gelombang.
-       2 kelompok diberi tugas untuk menjelaskan fenomena dispersi gelombang.
l  Tugas kelompok diberikan 1 minggu sebelum proses pembelajaran dilaksanakan.
l  Setiap kelompok diminta melaporkan hasil pengamatannya dalam bentuk karya tulis.
l  Setiap kelompok diminta untuk mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelompok yang lain.
l  Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.

c. Kegiatan Penutup
l  Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
l  Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
l  Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.

E. Sumber Belajar
  a. Buku Fisika SMA dan MA Jl.3A (Esis) halaman 1-44
  b. Buku referensi yang relevan
  c. Lingkungan

F. Penilaian Hasil Belajar
            a. Teknik Penilaian:
-      Tes tertulis

            b. Bentuk Instrumen:
-      Tes PG
-      Tes isian
-      Tes uraian
            c. Contoh Instrumen:
-      Contoh PG
    Gelombang y1 dan y2 mempunyai panjang gelombang yang sama yaitu
     0,25 m. Jika posisi gelombang y1 terlihat 2 m dari posisi awal perambatan, maka posisi y2 jika interferensi konstruktif adalah ....
                                A. 2 m dan 1,8 m                                    D. 2 m dan 2,05 m
                                B. 2 m dan 1,9 m                                    E. 2 m dan 2,15 m
                                C. 2 m dan 1,75 m
-      Contoh isian
Gelombang dengan arah osilasi tegak lurus arah rambatan gelombang dinamakan ....
-      Contoh tugas rumah
Sebuah tali bermassa 100 g digetarkan dengan laju 10 m/s dan amplitudo 0,1m. Massa jenis tali 100 kg/m3 dan luasnya 2 cm3. Jika dalam perambatan dihasilkan energi sebesar 5 J/s, tentukan persamaan gelombangnya.

                                                                        ...............,...................
Mengetahui
Kepala SMA                                                                           Guru Mata Pelajaran



.........................                                                                       ..............................
NIP.                                                                                        NIP.

No comments: