BIOLOGI X RPP 9
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran : Biologi
Kelas/ Semester : X (Sepuluh)/ 2
Pertemuan : 3 dan 4
Alokasi Waktu : 3 jam pelajaran
Standar Kompetensi : 3. Memahami manfaat keanekaragaman hayati
Kompetensi Dasar : 3.3 Mendeskripsikan ciri-ciri Divisio dalam Dunia
Tumbuhan dan peranannya bagi kelangsungan hidup di bumi
Tujuan : Siswa mampu menjelaskan ciri-ciri, siklus hidup, dan peranan tumbuhan lumut bagi manusia
I. Indikator
· Mendiskripsikan ciri umum dunia tumbuhan
· Menyusun klasifikasi dunia tumbuhan
· Mendeskripsikan ciri-ciri umum tumbuhan lumut (Bryophyta)
· Menggambar struktur tumbuhan lumut berdasarkan pengamatan
· Menggambar siklus hidup tumbuhan lumut
· Mengumpulkan informasi tentang peranan lumut bagi manusia
II. Materi Ajar
· Ciri umum dunia tumbuhan
· Klasifikasi tumbuhan
· Ciri-ciri dan struktur tubuh tumbuhan lumut (Bryophyta)
· Klasifikasi tumbuhan lumut (Bryophyta)
· Siklus hidup tumbuhan lumut (Bryophyta)
· Peranan Bryophyta bagi manusia
III. Metode Pembelajaran
· Pengamatan – Diskusi
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan 3 (2 jam pelajaran)
A. Kegiatan awal (10 menit)
· Guru bersama siswa berdiskusi tentang dunia tumbuhan (Plantae).
· Guru membagi siswa menjadi enam kelompok.
· Guru memberi petunjuk lokasi di sekolah yang banyak terdapat lumut (atau guru bersama siswa menyiapkan lumut segar).
· Guru meminta siswa melakukan pengamatan tumbuhan lumut dengan menggunakan Kegiatan 8.1.
B. Kegiatan inti (70 menit)
· Siswa mengamati tumbuhan lumut secara berkelompok.
· Siswa menyelesaikan laporan kegiatan pengamatan tumbuhan lumut.
C. Kegiatan akhir (10 menit)
· Siswa mengumpulkan laporan hasil pengamatan dengan mengumpulkan buku kerja.
· Guru meyimpulkan hasil kegiatan pengamatan.
Pertemuan 4 (1 jam pelajaran)
A. Kegiatan awal (5 menit)
· Guru memberi komentar umum laporan hasil kegiatan pengamatan sebelumnya.
B. Kegiatan inti (35 menit)
· Guru bersama siswa mendiskusikan ciri-ciri tumbuhan lumut berdasarkan pengamatan.
· Guru bersama siswa mendiskusikan reproduksi dan siklus hidup tumbuhan lumut.
· Guru bersama siswa mendiskusikan peranan lumut bagi manusia.
C. Kegiatan akhir (5 menit)
· Guru bersama siswa mengambil kesimpulan tentang ciri umum tumbuhan lumut.
V. Alat/ Bahan/ Sumber
· Buku Kerja Biologi IB, Esis
· Buku Biologi SMA I kelas X, Esis, Bab VIII
· Spesimen tumbuhan lumut
· Loupe
VI. Penilaian
· Laporan hasil pengamatan
· Uji kompetensi tertulis
No comments:
Post a Comment