09 April 2011

Fisika SMA X RPP12




FISIKA X RPP 12

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Sekolah             : SMA
Kelas / Semester           : X (sepuluh) / Semester II
Mata Pelajaran            : FISIKA


Standar Kompetensi
                 5.   Menerapkan konsep kelistrikan dalam berbagai penyelesaian masalah dan                berbagai produk teknologi.

Kompetensi Dasar
              5.2.   Mengidentifikasi penerapan listrik AC dan DC dalam kehidupan sehari-hari.

Indikator
l  Mengidentifikasi penerapan arus listrik searah dalam kehidupan sehari-hari.
l  Mengidentifikasi penerapan arus listrik bolak-balik dalam kehidupan
sehari-hari.

A. Tujuan Pembelajaran
         Peserta didik dapat:
l  Menjelaskan pengertian arus listrik searah (DC).
l  Menjelaskan ciri arus listrik searah.
l  Menyebutkan sumber arus searah dalam kehidupan sehari-hari.
l  Menjelaskan pengertian arus listrik bolak-balik (AC).
l  Menjelaskan ciri arus listrik bolak-balik.
l  Menyebutkan sumber arus bolak-balik dalam kehidupan sehari-hari.
l  Menjelaskan penerapan arus listrik searah dan arus listrik bolak-balik dalam kehidupan sehari-hari.
l  Membedakan arus listrik searah (DC) dan arus listrik bolak-balik (AC).
l  Menggambarkan kurva arus listrik searah dan arus listrik bolak-balik.

B. Materi Pembelajaran
            Arus Listrik AC dan DC

C. Metode Pembelajaran
             1.  Model   : -  Direct Instruction (DI)
                                  -  Cooperative Learning
             2.   Metode : -  Diskusi kelompok
                                  -  Ceramah
                                  -  Observasi

D. Langkah-langkah Kegiatan

PERTEMUAN PERTAMA

a. Kegiatan Pendahuluan
·         Motivasi dan Apersepsi:
l  Apakah ciri arus listrik searah?
l  Sebutkan sumber arus listrik bolak-balik.
·         Prasyarat pengetahuan:
l  Apakah yang dimaksud dengan arus listrik searah?
l  Apakah yang dimaksud dengan arus listrik bolak-balik?

b. Kegiatan Inti
·         Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
l  Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian arus listrik searah (DC).
l  Peserta didik memperhatikan ciri arus listrik searah yang disampaikan oleh guru.
l  Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk menyebutkan sumber arus listrik searah dalam kehidupan sehari-hari.
l  Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian arus listrik bolak-balik (AC).
l  Peserta didik memperhatikan ciri arus listrik bolak-balik yang disampaikan oleh guru.
l  Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk menyebutkan sumber arus listrik bolak-balik dalam kehidupan sehari-hari.
l  Peserta didik mendiskusikan dengan kelompoknya mengenai penerapan arus listrik searah dan arus listrik bolak-balik dalam kehidupan sehari-hari.
l  Peserta didik dalam setiap kelompok mendiskusikan perbedaan arus listrik searah dan arus listrik bolak-balik.
l  Setiap kelompok diminta untuk mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelompok yang lain.
l  Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
l  Peserta didik memperhatikan cara menggambar kurva arus listrik searah dan arus listrik bolak-balik yang disampaikan oleh guru.

c. Kegiatan Penutup
·         Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
l  Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
l  Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.

E. Sumber Belajar
a.  Buku Fisika SMA dan MA Jl.1B (Esis) halaman 147-148
 b.  Buku referensi yang relevan
             c.  Lingkungan



F. Penilaian Hasil Belajar
             a. Teknik Penilaian:
                     -  Tes tertulis
                     -  Penugasan
             b. Bentuk Instrumen:
    -  Tes uraian
    -  Tugas rumah
            c. Contoh Instrumen:
 -  Contoh tes uraian
Jelaskan perbedaan antara arus listrik searah dan arus listrik bolak-balik.
         -  Contoh tugas rumah
Buatlah kliping yang menarik mengenai penerapan arus listrik searah dan arus listrik bolak-balik dalam kehidupan sehari-hari. Berilah keterangan atau komentarmu mengenai setiap gambar di dalam kliping tersebut. Kalian dapat mencari sumber gambar atau artikel mengenai topik tersebut dari majalah, koran, atau internet, kemudian kumpulkan ke guru.          

                                                         ...............,...................
Mengetahui
Kepala SMA                                                                           Guru Mata Pelajaran



.........................                                                                         ..............................
NIP.                                                                                          NIP.                         

No comments: