BIOLOGI X RPP11
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran : Biologi
Kelas/ Semester : X (Sepuluh)/ 2
Pertemuan : 7
Alokasi Waktu : 2 jam pelajaran
Standar Kompetensi : 3. Memahami manfaat keanekaragaman hayati
Kompetensi Dasar : 3.3 Mendeskripsikan ciri-ciri Divisio dalam Dunia
Tumbuhan dan peranannya bagi kelangsungan hidup di bumi
Tujuan : Siswa mampu menjelaskan ciri-ciri, siklus hidup, dan peranan tumbuhan berbiji (Spermatophyta) bagi manusia
I. Indikator
· Mendeskripsikan ciri umum tumbuhan berbiji (spermatophyta)
· Mengklasifikasikan tumbuhan berbiji (spermatophyta)
· Menggambar struktur bagian tubuh tumbuhan seperti akar, batang , daun, dan bunga
· Menentukan nama bagian-bagian tubuh tumbuhan berbiji (spermathophyta)
· Mengumpulkan informasi tentang peranan tumbuhan berbiji (spermatophyta) bagi manusia
II. Materi Ajar
· Ciri-ciri tumbuhan berbji (Spermatophyta)
· Klasifikasi tumbuhan berbiji (Spermatophyta)
· Struktur tubuh (akar, batang, daun, dan bunga) tumbuhan berbiji (Spermatophyta)
· Peranan tumbuhan berbiji (Spermatophyta) bagi manusia
III. Metode Pembelajaran
· Pengamatan – Diskusi
IV. Langkah -Langkah Pembelajaran
Pertemuan 7 (2 jam pelajaran)
A. Kegiatan awal (10 menit)
· Guru meminta siswa menjelaskan jenis tumbuhan lain yang belum dibahas.
· Guru meminta beberapa contoh tumbuhan yang dekat dengan siswa.
B. Kegiatan inti (70 menit)
· Guru meminta siswa untuk mengungkapkan ciri-ciri tumbuhan berbiji berdasarkan pengamatan dalam kehidupan sehari-hari.
· Guru bersama dengan siswa mendiskusikan klasifikasi tumbuhan berbiji.
· Siswa mengelompokkan beberapa tumbuhan berbiji berdasarkan ciri-ciri masing-masing kelompok.
· Guru bersama siswa mengidentifikasi berbagai peranan tumbuhan berbiji bagi manusia.
C. Kegiatan akhir (10 menit)
· Guru meyimpulkan hasil kegiatan pengamatan.
V. Alat / Bahan/ Sumber
· Buku Kerja Biologi, Esis
· Buku Biologi SMA kelas X, Esis, Bab VIII
· Spesimen tumbuhan berbiji
· Loupe
VI. Penilaian
· Uji kompetensi tertulis
No comments:
Post a Comment