Google Web Search Gadget

There was an error in this gadget

09 April 2011

Biologi SMA X RPP 11



BIOLOGI X RPP11

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Mata Pelajaran          : Biologi
Kelas/ Semester          : X (Sepuluh)/ 2
Pertemuan                  : 7
Alokasi Waktu            : 2 jam pelajaran
Standar Kompetensi   : 3.  Memahami  manfaat keanekaragaman hayati
Kompetensi Dasar      : 3.3    Mendeskripsikan ciri-ciri Divisio dalam Dunia     
                                                Tumbuhan dan peranannya bagi kelangsungan hidup di bumi
Tujuan                           :        Siswa mampu menjelaskan ciri-ciri, siklus hidup, dan peranan tumbuhan berbiji (Spermatophyta) bagi manusia



I.       Indikator
·         Mendeskripsikan ciri umum tumbuhan berbiji (spermatophyta)
·         Mengklasifikasikan tumbuhan berbiji (spermatophyta)
·         Menggambar struktur bagian tubuh tumbuhan seperti akar, batang , daun, dan bunga
·         Menentukan nama bagian-bagian tubuh tumbuhan berbiji (spermathophyta)
·         Mengumpulkan informasi tentang peranan tumbuhan berbiji (spermatophyta) bagi manusia

II.                Materi Ajar
·         Ciri-ciri tumbuhan berbji (Spermatophyta)
·         Klasifikasi tumbuhan berbiji (Spermatophyta)
·         Struktur tubuh (akar, batang, daun, dan bunga) tumbuhan berbiji (Spermatophyta)
·         Peranan tumbuhan berbiji  (Spermatophyta) bagi manusia

III.             Metode Pembelajaran
·         Pengamatan – Diskusi

IV.              Langkah -Langkah Pembelajaran

Pertemuan 7 (2 jam pelajaran)

A.     Kegiatan awal (10 menit)
·         Guru meminta siswa menjelaskan jenis tumbuhan lain yang belum dibahas.
·         Guru meminta beberapa contoh tumbuhan yang dekat dengan siswa.
B.     Kegiatan inti (70 menit)
·         Guru meminta siswa untuk mengungkapkan ciri-ciri tumbuhan berbiji berdasarkan pengamatan dalam kehidupan sehari-hari.
·         Guru bersama dengan siswa mendiskusikan klasifikasi tumbuhan berbiji.
·         Siswa mengelompokkan beberapa tumbuhan berbiji berdasarkan ciri-ciri masing-masing kelompok.
·         Guru bersama siswa mengidentifikasi berbagai peranan tumbuhan berbiji bagi manusia.
C.     Kegiatan akhir (10 menit)
·         Guru  meyimpulkan hasil kegiatan pengamatan.


V.     Alat / Bahan/ Sumber
·         Buku Kerja Biologi, Esis
·         Buku Biologi SMA kelas X, Esis, Bab VIII
·         Spesimen tumbuhan berbiji  
·         Loupe

VI.  Penilaian
·         Uji kompetensi tertulis

No comments: