Google Web Search Gadget

There was an error in this gadget

09 April 2011

Biologi SMA X RPP 7



BIOLOGI X RPP 7

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Mata Pelajaran          : Biologi
Kelas/ Semester          : X (Sepuluh)/ 2
Pertemuan                  : 1
Alokasi Waktu            : 2 jam pelajaran
Standar Kompetensi   : 1.   Memahami  manfaat keanekaragaman hayati
  Kompetensi Dasar         :     3.1 Mendeskripsikan konsep keanekaragaman gen, jenis, ekosistem, melalui kegiatan pengamatan
Tujuan

I.                   Indikator
·         Mengamati adanya gejala keanekaragaman hayati
·         Menyimpulkan pengertian keanekaragaman hayati
·         Menentukan tingkat keanekaragaman berdasarkan hasil pengamatan.

II.    Materi Ajar
·         Keanekaragaman hayati pada tingkat gen, jenis, dan ekosistem

III. Metode Pembelajaran
·         Pengamatan – Diskusi

IV.  Langkah-Langkah Pembelajaran

Pertemuan 1 (2 jam pelajaran)

A.     Kegiatan awal (10 menit)
·         Guru mendiskusikan adanya gejala keanekaragaman yang dijumpai siswa di lingkungan sekitar.
·         Guru membagi siswa menjadi enam kelompok.
B.     Kegiatan inti (70 menit)
·         Guru meminta siswa untuk mengamati keanekaragaman hayati dengan menggunakan Kegiatan 7.1.
·         Siswa mengamati  keanekaragaman hayati.
·         Siswa dalam kelompok berdiskusi untuk menjawab pertanyaan dan menyusun laporan
·         Guru dan siswa berdiskusi untuk menyimpulkan pengertian keanekaragaman hayati dan tingkat-tingkat keanekaragaman hayati
C.     Kegiatan akhir (10 menit)
·         Siswa mengumpulkan laporan hasil kerja siswa

V.     Alat/ Bahan/ Sumber
·         Buku kerja Biologi 1A, Esis
·         Buku Biologi, SMA kelas X, Esis, Bab VII
·         Berbagai makhluk hidup yang ada di sekitar sekolah

VI.              Penilaian
·         Laporan hasil pengamatan
·         Uji kompetensi tertulis

No comments: