BIOLOGI X RPP 7
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran : Biologi
Kelas/ Semester : X (Sepuluh)/ 2
Pertemuan : 1
Alokasi Waktu : 2 jam pelajaran
Standar Kompetensi : 1. Memahami manfaat keanekaragaman hayati
Kompetensi Dasar : 3.1 Mendeskripsikan konsep keanekaragaman gen, jenis, ekosistem, melalui kegiatan pengamatan
Tujuan
I. Indikator
· Mengamati adanya gejala keanekaragaman hayati
· Menyimpulkan pengertian keanekaragaman hayati
· Menentukan tingkat keanekaragaman berdasarkan hasil pengamatan.
II. Materi Ajar
· Keanekaragaman hayati pada tingkat gen, jenis, dan ekosistem
III. Metode Pembelajaran
· Pengamatan – Diskusi
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan 1 (2 jam pelajaran)
A. Kegiatan awal (10 menit)
· Guru mendiskusikan adanya gejala keanekaragaman yang dijumpai siswa di lingkungan sekitar.
· Guru membagi siswa menjadi enam kelompok.
B. Kegiatan inti (70 menit)
· Guru meminta siswa untuk mengamati keanekaragaman hayati dengan menggunakan Kegiatan 7.1.
· Siswa mengamati keanekaragaman hayati.
· Siswa dalam kelompok berdiskusi untuk menjawab pertanyaan dan menyusun laporan
· Guru dan siswa berdiskusi untuk menyimpulkan pengertian keanekaragaman hayati dan tingkat-tingkat keanekaragaman hayati
C. Kegiatan akhir (10 menit)
· Siswa mengumpulkan laporan hasil kerja siswa
V. Alat/ Bahan/ Sumber
· Buku kerja Biologi 1A, Esis
· Buku Biologi, SMA kelas X, Esis, Bab VII
· Berbagai makhluk hidup yang ada di sekitar sekolah
VI. Penilaian
· Laporan hasil pengamatan
· Uji kompetensi tertulis
No comments:
Post a Comment