Google Web Search Gadget

There was an error in this gadget

05 April 2011

Geografi SMA XI RPP1


GEOGRAFI XI RPP 1
BAB 1. BIOSFER
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan                  : ...............................................................................
Mata Pelajaran                        : Geografi
Kelas/Semester                        : XI (sebelas)/1 (satu)
Standar Kompetensi               : 1. Menganalisis fenomena biosfer dan antroposfer
Kompetensi Dasar                   : 1.1. Menjelaskan pengertian fenomena biosfer
Indikator                                 : - Mendeskripsikan pengertian fenomena biosfer  
Alokasi Waktu                        : 1 x 45 menit

A.    Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu
-          Mengungkapkan kembali pengertian fenomena biosfer

B.     Materi Pembelajaran
-          Pengertian biosfer
-          Fenomena biosfer

C.    Metode Pembelajaran
Ceramah, tanya jawab, life skills, penugasan

D.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Pertama
1.    Kegiatan Pendahuluan: 5 menit
·         Memberi salam dan mengabsen
·         Apersepsi materi
2.    Kegiatan Inti: 30 menit
·           Guru menjelaskan pengertian biosfer dan fenomenanya secara garis besar dengan menggunakan gambar  (hal 3-4).
·           Penugasan secara individu, siswa mencari pengertian biosfer dari berbagai pakar dari situs internet.
·           Siswa membuat karangan secara individu mengenai hasil temuan dari situs internet dengan mencantumkan sumbernya.
·           Tanya-jawab berdasarkan hasil temuan siswa dari internet dan mencermati contoh pandangan tokoh mengenai pengertian biosfer di buku sumber (hal 3-4).
3.    Kegiatan Penutup: 10 menit
·           Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya mengenai materi yang kurang dimengerti.
·           Melakukan refleksi materi yang telah dibahas.
·           Penugasan secara kelompok, membuat makalah tentang faktor-faktor yang berpengaruh terhadap keberadaan flora dan fauna. Pada pertemuan berikutnya, setiap kelompok mempresentasikan makalahnya.

E.     Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
-          Buku sumber Geografi SMA – ESIS
-          Buku-buku penunjang yang relevan
-          Gambar mengenai fenomena biosfer
-          OHP / Slide Proyektor
-          Internet

F.     Penilaian
-          Penilaian untuk tugas karangan mencari pengertian biosfer dari situs internet.
Penilaian berdasarkan pada rubrik penilaian berikut ini.

Rubrik Penilaian Karangan
Aspek yang dinilai
Nilai
kualitatif
Nilai
kuantitatif
Deskripsi
 (Alasan)
Pengantar menunjukkan isi




Pengantar disajikan dengan bahasa yang baik




Isi menunjukkan penjelasan dari kutipan/pendapat tokoh




Isi disajikan dengan bahasa yang baik




Penutup memberi kesimpulan akhir terhadap kutipan/pendapat tokoh




Penutup disajikan dengan bahasa yang baik




Nilai rata-rata




Komentar


Kriteria Penilaian:
Nilai kualitatif
Nilai kuantitatif
Memuaskan
4
> 80
Baik
3
68 - 79
Cukup
2
56 - 67
Kurang
1
< 55


Mengetahui,                                                                …………., ……………………..
Kepala Sekolah/Yayasan ……………..                     Guru Geografi



____________________________                            _________________________
NIP.                                                                            NIP.

No comments: