05 April 2011

Geografi SMA XI RPP10




GEOGRAFI XI RPP 10
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan                  : ...............................................................................
Mata Pelajaran                        : Geografi
Kelas/Semester                        : XI (sebelas)/1 (satu)
Standar Kompetensi               : 1. Menganalisis fenomena biosfer dan antroposfer
Kompetensi Dasar                   : 1.4. Menganalisis aspek kependudukan
Indikator                                 : - Menghitung tingkat kematian penduduk
Alokasi Waktu                        : 1 x 45 menit

A.    Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu
-          Menjelaskan tingkat kematian penduduk
-          Menghitung tingkat kematian penduduk

B.     Materi Pembelajaran
-          Kematian penduduk (Mortalitas)

C.    Metode Pembelajaran
Ceramah, tanya jawab, life skills, penugasan

D.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Kesepuluh
1.      Kegiatan Pendahuluan: 5 menit
·         Memberi salam dan mengabsen.
·         Apersepsi
2.      Kegiatan Inti: 35 menit
·         Guru menjelaskan pengertian tingkat kematian penduduk secara garis besar (hal.40).
·         Penugasan: siswa secara individu mencatat angka kematian penduduk di wilayahnya masing-masing.
·         Siswa menghitung tingkat kematian penduduk dari data yang didapatkan di lapangan.
·          Tanya-jawab mengenai hasil perhitungan siswa disertai penjelasan dari guru.
3.      Kegiatan Penutup: 5 menit
·         Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya mengenai materi yang kurang dimengerti
·         Bersama-sama melakukan refleksi materi yang telah dibahas.

E.     Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
-          Buku sumber Geografi SMA – ESIS
-          Buku-buku penunjang yang relevan
-          Data Monografi Penduduk
-          OHP / Slide Proyektor
-          Internet



F.     Penilaian
Penilaian Performance/Sikap
-          Penilaian saat tanya jawab, lihat rubrik penilaian berikut ini.

Rubrik Penilaian
Hari/Tanggal               : ……………………………………………………..
Topik masalah             : ……………………………………………………..
Nama Siswa                : .................................................................................

Aspek yang dinilai
Nilai
kualitatif
Nilai
kuantitatif
Deskripsi
(Alasan)
Kemampuan mengidentifikasi masalah




Kemampuan merumuskan masalah




Kemampuan menganalisis masalah




Kemampuan memecahkan masalah




Partisipasi dalam tanya jawab




Kemampuan mengemukakan pendapat dan menghargai pendapat orang lain




Kemampuan penggunaan bahasa yang baik dalam tanya jawab




Nilai rata-rata




Komentar


Keterangan:
Nilai kualitatif
Nilai kuantitatif
Memuaskan
4
> 80
Baik
3
68 - 79
Cukup
2
56 - 67
Kurang
1
< 55


Mengetahui,                                                                …………., ……………………..
Kepala Sekolah/Yayasan ……………..                     Guru Geografi



____________________________                            _________________________
NIP.                                                                            NIP.

No comments: