Google Web Search Gadget

There was an error in this gadget

05 April 2011

Geografi SMA X RPP21




GEOGRAFI X RPP 21

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

SMA                                       : ...............................................................................
Mata Pelajaran                        : Geografi
Kelas/Semester                        : X (sepuluh)/2 (dua)
Standar Kompetensi               : 3. Menganalisis unsur-unsur geosfer
Kompetensi Dasar                   : 3.2. Menganalisis atmosfer dan dampaknya terhadap
         kehidupan di muka bumi
Indikator                                 : -   Mengklasifikasikan berbagai tipe iklim
                                                  -   Menunjukkan persebaran iklim di dunia
-  Menjelaskan informasi tentang persebaran curah hujan
   di Indonesia
Alokasi Waktu                        : 1 x 45 menit

·         Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu
A.    Menjelaskan klasifikasi iklim
B.     Menganalisis persebaran curah hujan
C.     Menyajikan informasi tentang persebaran curah hujan di Indonesia

·         Materi Pembelajaran
  1. Klasifikasi iklim
  2. Persebaran curah hujan

·         Metode Pembelajaran
Life skills, unjuk kerja, penugasan

·         Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
I.       Kurikulum KTSP dan perangkatnya
II.    Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMA - ESIS
III. Buku sumber Geografi SMA – ESIS
IV. Buku-buku penunjang yang relevan
V.    Peta konsep
VI. OHP / Slide Proyektor
VII.                      Data curah hujan
VIII.                   Internet

·         Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Kedelapan
      1. Kegiatan Pendahuluan
·         Apersepsi: guru menyapa siswa, kemudian mengabsen.
·         Guru menanyakan pengertian iklim, hujan dan curah hujan.
      1. Kegiatan Inti
·         Guru menjelaskan pengertian iklim dan persebaran curah hujan secara garis besar (hal 131 - 137).
·         Penugasan secara kelompok, siswa mencari klasifikasi iklim dari berbagai pakar dari situs di www.yahoo.com,  www.wikipedia.com, www.google.com.
·         Penugasan secara kelompok, menentukan klasifikasi iklim menurut Schmidt – Ferguson berdasarkan data curah hujan (lihat kolom Aktivitas hal 137 – 138) dan membuat grafik curah hujan.
·         Tanya-jawab berdasarkan hasil temuan siswa dari internet dan hasil perhitungan curah hujan.
      1. Kegiatan Penutup
A.    Melakukan refleksi materi yang telah dibahas.
B.     Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya mengenai materi yang kurang dimengerti.

·         Penilaian
·         Penilaian untuk tugas karangan mencari klasifikasi iklim dari berbagai pakar dari situs internet dengan menulis sumber situs dan menentukan klasifikasi iklim dari data curah hujan.
Penilaian berdasarkan pada rubrik penilaian berikut ini.

Rubrik Penilaian Karangan
Sikap/Aspek yang dinilai
Nilai kualitatif
Nilai kuantitatif
Deskripsi (Alasan)
Pengantar menunjukkan isi




Pengantar disajikan dengan bahasa yang baik




Isi menunjukkan penjelasan dari kutipan/pendapat tokoh




Isi menunjukkan data curah hujan dan perhitungannya




Isi menunjukkan ketepatan hasil perhitungan dan penentuan klasifikasi iklim




Isi disajikan dengan bahasa yang baik




Penutup memberi kesimpulan akhir terhadap kutipan/pendapat tokoh




Penutup disajikan dengan bahasa yang baik




Nilai rata-rata




Komentar





Rubrik Penilaian Individu
Sikap/Aspek yang dinilai
Nilai kualitatif
Nilai kuantitatif
Deskripsi (Alasan)
Pemahaman materi pembahasan




Kemampuan melakukan analisis




Kemampuan menyampaikan pendapat




Kemampuan bekerja sama




Partisipasi dan inisiatif




Ketelitian




Nilai rata-rata




Komentar


Kriteria Penilaian:
Nilai kualitatif
Nilai kuantitatif
Memuaskan
4
> 80
Baik
3
68 - 79
Cukup
2
56 - 67
Kurang
1
< 55


…………., ………………….
Guru Mata Pelajaran Geografi




                                                                                   
NIP. ...…………………….

No comments: