GEOGRAFI XI RPP 15
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : ...............................................................................
Mata Pelajaran : Geografi
Kelas/Semester : XI(sebelas)/1 (satu)
Standar Kompetensi : 2. Memahami sumber daya alam
Kompetensi Dasar : 2.3. Menjelaskan pemanfaatan sumber daya alam secara arif
Indikator : - Membuat opini tentang pembangunan berkelanjutan
Alokasi Waktu : 1 x 45 menit
A. Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu
- Merumuskan pengertian pembangunan berkelanjutan
B. Materi Pembelajaran
- Pengelolaan sumber daya alam
- Pembangunan berkelanjutan
C. Metode Pembelajaran
Ceramah, tanya jawab, penugasan
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Keempat belas
1. Kegiatan Pendahuluan: 5 menit
· Memberi salam dan mengabsen.
· Apersepsi materi.
2. Kegiatan Inti: 30 menit
· Guru menjelaskan pengelolaan sumber daya alam yang baik (hal.78 - 79) dari berbagai referensi.
· Siswa mencari pengertian pembangunan berkelanjutan
· Secara kelompok siswa membuat karangan mengenai hasil temuan dari berbagai referensi dengan mencantumkan sumbernya.
· Tanya jawab mengenai hasil temuan dari berbagai referensi dan mencermati contoh pengertian pembangunan berkelanjutan di buku teks (hal.78)
3. Kegiatan Penutup: 10 menit
· Siswa bertanya mengenai materi yang kurang dimengerti.
· Bersama-sama melakukan refleksi materi yang telah dibahas.
E. Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
- Buku sumber Geografi SMA – ESIS
- Buku-buku penunjang yang relevan
- Gambar atau foto lingkungan hidup
- OHP / Slide Proyektor
- Internet
F. Penilaian
- Penilaian untuk tugas karangan mencari pengertian pembangunan berkelanjutan dari berbagai referensi.
Penilaian berdasarkan pada rubrik penilaian berikut ini.
Rubrik Penilaian Karangan
Aspek yang dinilai | Nilai kualitatif | Nilai kuantitatif | Deskripsi (Alasan) | |
Pengantar menunjukkan isi | ||||
Pengantar disajikan dengan bahasa yang baik | ||||
Isi menunjukkan penjelasan dari kutipan/pendapat tokoh | ||||
Isi disajikan dengan bahasa yang baik | ||||
Penutup memberi kesimpulan akhir terhadap kutipan/pendapat tokoh | ||||
Penutup disajikan dengan bahasa yang baik | ||||
Nilai rata-rata | ||||
Komentar |
Kriteria Penilaian:
Nilai kualitatif | Nilai kuantitatif | |
Memuaskan | 4 | > 80 |
Baik | 3 | 68 - 79 |
Cukup | 2 | 56 - 67 |
Kurang | 1 | < 55 |
Mengetahui, …………., ……………………..
Kepala Sekolah/Yayasan …………….. Guru Geografi
____________________________ _________________________
NIP. NIP.
No comments:
Post a Comment