Google Web Search Gadget

There was an error in this gadget

05 April 2011

Geografi SMA XI RPP15




GEOGRAFI XI RPP 15
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan                  : ...............................................................................
Mata Pelajaran                        : Geografi
Kelas/Semester                        : XI(sebelas)/1 (satu)
Standar Kompetensi               : 2. Memahami sumber daya alam
Kompetensi Dasar                   : 2.3. Menjelaskan pemanfaatan sumber daya alam secara arif
Indikator                                 : - Membuat opini tentang pembangunan berkelanjutan
Alokasi Waktu                        : 1 x 45 menit

A.  Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu
-          Merumuskan pengertian pembangunan berkelanjutan

B.  Materi Pembelajaran
-          Pengelolaan sumber daya alam
-          Pembangunan berkelanjutan

C.  Metode Pembelajaran
Ceramah, tanya jawab, penugasan

D.  Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Keempat belas
1.  Kegiatan Pendahuluan: 5 menit
·         Memberi salam dan mengabsen.
·         Apersepsi materi.
2.  Kegiatan Inti: 30 menit
·         Guru menjelaskan pengelolaan sumber daya alam yang baik (hal.78 - 79) dari berbagai referensi.
·         Siswa mencari pengertian pembangunan berkelanjutan
·         Secara kelompok siswa membuat karangan mengenai hasil temuan dari berbagai referensi dengan mencantumkan sumbernya.
·         Tanya jawab mengenai hasil temuan dari berbagai referensi dan mencermati contoh pengertian pembangunan berkelanjutan di buku teks  (hal.78)
      3.  Kegiatan Penutup: 10 menit
·         Siswa bertanya mengenai materi yang kurang dimengerti.
·         Bersama-sama melakukan refleksi materi yang telah dibahas.

E.  Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
-          Buku sumber Geografi SMA – ESIS
-          Buku-buku penunjang yang relevan
-          Gambar atau foto lingkungan hidup
-          OHP / Slide Proyektor
-          Internet




F.   Penilaian
-          Penilaian untuk tugas karangan mencari pengertian pembangunan berkelanjutan dari berbagai referensi.
Penilaian berdasarkan pada rubrik penilaian berikut ini.

Rubrik Penilaian Karangan
Aspek yang dinilai
Nilai
kualitatif
Nilai
kuantitatif
Deskripsi
 (Alasan)
Pengantar menunjukkan isi




Pengantar disajikan dengan bahasa yang baik




Isi menunjukkan penjelasan dari kutipan/pendapat tokoh




Isi disajikan dengan bahasa yang baik




Penutup memberi kesimpulan akhir terhadap kutipan/pendapat tokoh




Penutup disajikan dengan bahasa yang baik




Nilai rata-rata




Komentar


Kriteria Penilaian:
Nilai kualitatif
Nilai kuantitatif
Memuaskan
4
> 80
Baik
3
68 - 79
Cukup
2
56 - 67
Kurang
1
< 55


Mengetahui,                                                                …………., ……………………..
Kepala Sekolah/Yayasan ……………..                     Guru Geografi



____________________________                            _________________________
NIP.                                                                            NIP.

No comments: