05 April 2011

Geografi SMA X RPP14




GEOGRAFI X RPP 14

BAB 5. PERUBAHAN LITOSFER DAN DAMPAKNYA TERHADAP KEHIDUPAN
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

SMA                                       : ...............................................................................
Mata Pelajaran                        : Geografi
Kelas/Semester                        : X (sepuluh)/2 (dua)
Standar Kompetensi               : 3. Menganalisis unsur-unsur geosfer
Kompetensi Dasar                   : 3.1. Menganalisis dinamika dan kecenderungan perubahan
         litosfer dan pedosfer serta dampaknya terhadap
         kehidupan di muka bumi
Indikator                                 : -    Mengidentifikasi struktur dan pemanfaatan litosfer
A.    Menjelaskan berbagai bentuk muka bumi akibat tenaga endogen
Alokasi Waktu                        : 1 x 45 menit

A.    Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu
A.    Menganalisis struktur litosfer
B.     Mendeskripsikan pemanfaatan litosfer
C.     Menjelaskan berbagai bentuk muka bumi

B.     Materi Pembelajaran
  1. Struktur Litosfer
  2. Pemanfaatan Litosfer
  3. Bentuk Muka Bumi Akibat Proses Diatropisme

C.    Metode Pembelajaran
Ceramah, tanya jawab, diskusi

D.    Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
I.       Kurikulum KTSP dan perangkatnya
II.    Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMA - ESIS
III. Buku sumber Geografi SMA – ESIS
IV. Buku-buku penunjang yang relevan
V.    OHP / Slide Proyektor
VI. Gambar/foto bentuk muka bumi
VII.                      Internet

E.     Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Pertama
1.      Kegiatan Pendahuluan
·         Apersepsi: guru menyapa siswa, kemudian mengabsen.
·         Guru menyuruh siswa menyebutkan bentuk-bentuk muka bumi.
2.      Kegiatan Inti
·         Guru menjelaskan pengertian litosfer dan strukturnya (hal 77).
·         Mendiskusikan jenis pemanfaatan litosfer bagi kehidupan (hal 78).
·         Tanya jawab mengenai pengertian tenaga endogen dan macam-macam tenaga endogen.
·         Mendiskusikan bentuk-bentuk muka bumi akibat proses diatropisme (hal 84 – 88)
3.      Kegiatan Penutup
A.    Bersama-sama menyimpulkan materi yang telah dibahas, kemudian guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya mengenai materi yang kurang dimengerti.
B.     Guru memberi tugas individu untuk membuat ringkasan materi “Perubahan Litosfer dan Dampaknya terhadap Kehidupan” dan mengerjakan soal evaluasi akhir bab. Tugas ini dikumpulkan pada pertemuan berikutnya.
F.     Penilaian
VIII.                   Penilaian untuk keaktifan siswa dalam berdiskusi mengenai pemanfaatan litosfer dan bentuk muka bumi akibat proses diatropisme.
Penilaian berdasarkan pada rubrik penilaian berikut ini.
Rubrik Penilaian Diskusi
Sikap/Aspek yang dinilai
Nilai kualitatif
Nilai kuantitatif
Deskripsi (Alasan)
Pemahaman materi pembahasan




Kemampuan melakukan analisis




Kemampuan menyampaikan pendapat




Partisipasi dalam diskusi




Kemampuan penggunaan bahasa yang baik dalam diskusi




Nilai rata-rata




Komentar
Kriteria Penilaian:
Nilai kualitatif
Nilai kuantitatif
Memuaskan
4
> 80
Baik
3
68 - 79
Cukup
2
56 - 67
Kurang
1
< 55
…………., ………………….
Guru Mata Pelajaran Geografi


                                                                                   
NIP. ...…………………….

No comments: