GEOGRAFI XII RPP 2
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan Pendidikan : SMA ........................................................................
Mata Pelajaran : Geografi
Kelas/Semester : XII (dua belas)/1 (satu)
Standar Kompetensi : 1. Mempraktikkan ketrampilan dasar peta dan pemetaan
Kompetensi Dasar : 1.1. Mendeskripsikan prinsip-prinsip dasar peta dan pemetaan
Indikator : - Mengidentifikasi prinsip-prinsip dasar peta dan pemetaan
- Menganalisis peta dengan baik
Alokasi Waktu : 2 x 3 JP
A. Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu untuk:
- Mendeskripsikan prinsip-prinsip dasar peta dan pemetaan
- Menganalisis peta dengan baik berdasarkan prinsip-prinsip dasar peta dan pemetaan
B. Materi Pembelajaran
- Prinsip Dasar Peta dan Pemetaan
C. Metode Pembelajaran
Ceramah bervariasi, diskusi, tanya jawab, life skills, inquiry, dan penugasan
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Ketiga
1. Kegiatan Pendahuluan: 15 menit
· Memberi salam dan mengabsen
· Apersepsi materi: guru menjelaskan secara garis besar mengenai prinsip-prinsip dasar peta dan pemetaan.
2. Kegiatan Inti: 100 menit
· Secara mandiri, siswa mencari prinsip-prinsip dasar peta dan pemetaan dari berbagai referensi di perpustakaan.
· Secara individu, siswa mencermati prinsip-prinsip dasar peta dan pemetaan.
· Bersama-sama mendiskusikan tentang prinsip-prinsip dasar peta dan pemetaan.
3. Kegiatan Penutup: 20 menit
· Siswa bertanya mengenai materi yang kurang dimengerti.
· Melakukan refleksi materi yang telah dibahas.
Pertemuan Keempat
1. Kegiatan Pendahuluan: 20 menit
· Memberi salam dan mengabsen
· Apersepsi materi: bersama-sama mereview materi yang telah dipelajari pada pertemuan ketiga.
2. Kegiatan Inti: 90 menit
· Guru membagi kelas menjadi lima kelompok.
· Setiap kelompok menganalisis peta persebaran angka kelahiran penduduk dunia tahun 2000 (Analitika hal 14). Setiap kelompok mendiskusikan peta tersebut dan membuat laporan hasil diskusi.
· Setiap kelompok diberi waktu 7 menit untuk mempresentasikan hasil diskusi masing-masing kelompok. Kelompok lain diminta tanggapannya.
· Menarik kesimpulan kelompok.
3. Kegiatan Penutup: 25 menit
· Guru memberikan penegasan terhadap hasil diskusi siswa.
· Melakukan refleksi materi yang telah dibahas.
· Bersama-sama menarik kesimpulan materi.
E. Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
- Buku sumber Geografi SMA XII IPS – ESIS
- Buku-buku penunjang yang relevan
- Peta, Atlas, dan Globe
- OHP atau Slide Proyektor
- Internet
F. Penilaian
- Teknik : Unjuk kerja (diskusi).
- Bentuk tagihan : Laporan hasil diskusi
Rubrik Penilaian Diskusi
Aspek yang dinilai | Nilai kualitatif | Nilai kuantitatif | Deskripsi (Alasan) | |
Kemampuan mengidentifikasi masalah | ||||
Kemampuan merumuskan masalah | ||||
Kemampuan menganalisis masalah | ||||
Kemampuan memecahkan masalah | ||||
Kemampuan mengemukakan pendapat dan menghargai pendapat orang lain | ||||
Kemampuan penggunaan bahasa yang baik dalam diskusi | ||||
Nilai rata-rata | ||||
Komentar |
Kriteria Penilaian:
Nilai kualitatif | Nilai kuantitatif | |
Memuaskan | 4 | > 80 |
Baik | 3 | 68 - 79 |
Cukup | 2 | 56 - 67 |
Kurang | 1 | < 55 |
Mengetahui, …………., ……………………..
Kepala Sekolah/Yayasan …………….. Guru Geografi
____________________________ _________________________
NIP. NIP.
No comments:
Post a Comment