05 April 2011

Geografi SMA XII RPP2




GEOGRAFI XII RPP 2

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Satuan Pendidikan                  : SMA ........................................................................
Mata Pelajaran                        : Geografi
Kelas/Semester                        : XII (dua belas)/1 (satu)
Standar Kompetensi               : 1. Mempraktikkan ketrampilan dasar peta dan pemetaan
Kompetensi Dasar                   : 1.1. Mendeskripsikan prinsip-prinsip dasar peta dan pemetaan
Indikator                                 : -     Mengidentifikasi prinsip-prinsip dasar peta dan pemetaan
-          Menganalisis peta dengan baik  
Alokasi Waktu                        : 2 x 3 JP

A.      Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu untuk:
-          Mendeskripsikan prinsip-prinsip dasar peta dan pemetaan
-          Menganalisis peta dengan baik berdasarkan prinsip-prinsip dasar peta dan pemetaan

B.     Materi Pembelajaran
-          Prinsip Dasar Peta dan Pemetaan

C.    Metode Pembelajaran
Ceramah bervariasi, diskusi, tanya jawab, life skills, inquiry, dan penugasan

D.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Ketiga
1.    Kegiatan Pendahuluan: 15 menit
·      Memberi salam dan mengabsen
·      Apersepsi materi: guru menjelaskan secara garis besar mengenai prinsip-prinsip dasar peta dan pemetaan.
2.    Kegiatan Inti: 100 menit
·      Secara mandiri, siswa mencari prinsip-prinsip dasar peta dan pemetaan dari berbagai referensi di perpustakaan.
·      Secara individu, siswa mencermati prinsip-prinsip dasar peta dan pemetaan.
·      Bersama-sama mendiskusikan tentang prinsip-prinsip dasar peta dan pemetaan.
3.    Kegiatan Penutup: 20 menit
·      Siswa bertanya mengenai materi yang kurang dimengerti.
·      Melakukan refleksi materi yang telah dibahas.

Pertemuan Keempat
1.    Kegiatan Pendahuluan: 20 menit
·      Memberi salam dan mengabsen
·      Apersepsi materi: bersama-sama mereview materi yang telah dipelajari pada pertemuan ketiga.
2.    Kegiatan Inti: 90 menit
·      Guru membagi kelas menjadi lima kelompok.
·      Setiap kelompok menganalisis peta persebaran angka kelahiran penduduk dunia tahun 2000 (Analitika hal 14). Setiap kelompok mendiskusikan peta tersebut dan membuat laporan hasil diskusi.
·      Setiap kelompok diberi waktu 7 menit untuk mempresentasikan hasil diskusi masing-masing kelompok. Kelompok lain diminta tanggapannya.
·      Menarik kesimpulan kelompok.
3.    Kegiatan Penutup: 25 menit
·      Guru memberikan penegasan terhadap hasil diskusi siswa.
·      Melakukan refleksi materi yang telah dibahas.
·      Bersama-sama menarik kesimpulan materi.

E.     Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
-          Buku sumber Geografi SMA XII IPS – ESIS
-          Buku-buku penunjang yang relevan
-          Peta, Atlas, dan Globe
-          OHP atau Slide Proyektor
-          Internet

F.     Penilaian
-          Teknik                         : Unjuk kerja (diskusi).
-          Bentuk tagihan            : Laporan hasil diskusi

Rubrik Penilaian Diskusi
Aspek yang dinilai
Nilai
kualitatif
Nilai
kuantitatif
Deskripsi
(Alasan)
Kemampuan mengidentifikasi masalah




Kemampuan merumuskan masalah




Kemampuan menganalisis masalah




Kemampuan memecahkan masalah




Kemampuan mengemukakan pendapat dan menghargai pendapat orang lain




Kemampuan penggunaan bahasa yang baik dalam diskusi




Nilai rata-rata




Komentar




Kriteria Penilaian:
Nilai kualitatif
Nilai kuantitatif
Memuaskan
4
> 80
Baik
3
68 - 79
Cukup
2
56 - 67
Kurang
1
< 55

Mengetahui,                                                                …………., ……………………..
Kepala Sekolah/Yayasan ……………..                     Guru Geografi


____________________________                            _________________________
NIP.                                                                            NIP.

No comments: