Google Web Search Gadget

There was an error in this gadget

05 April 2011

Geografi SMA XI RPP18




GEOGRAFI XI RPP 18
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan                  : ...............................................................................
Mata Pelajaran                        : Geografi
Kelas/Semester                        : XI(sebelas)/1 (satu)
Standar Kompetensi               : 2. Memahami sumber daya alam
Kompetensi Dasar                   : 2.3. Menjelaskan pemanfaatan sumber daya alam secara arif
Indikator                                 : - Merumuskan konsep pembangunan berwawasan lingkungan
- Mengidentifikasi ciri-ciri konsep pembangunan berwawasan   lingkungan
Alokasi Waktu                        : 1 x 45 menit

A.  Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu
-          Merumuskan pengertian pembangunan berwawasan lingkungan
-          Menjelaskan konsep pembangunan berwawasa lingkungan
-          Menjelaskan ciri-ciri konsep pembangunan berwawasan lingkungan

B.  Materi Pembelajaran
-          Pembangunan berwawasan lingkungan

C.  Metode Pembelajaran
Ceramah, tanya jawab, diskusi, penugasan

D.  Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Ketujuh belas
1.  Kegiatan Pendahuluan: 5 menit
·         Memberi salam dan mengabsen.
·         Apersepsi materi.
2.  Kegiatan Inti: 30 menit
·         Guru menjelaskan pembangunan berwawasan lingkungan dari berbagai referensi.
·         Siswa mencari pengertian pembangunan berwawasan lingkungan
·         Secara kelompok siswa membuat karangan mengenai hasil temuan dari berbagai referensi dengan mencantumkan sumbernya.
·         Tanya jawab mengenai hasil temuan dari berbagai referensi dan mencermati contoh pengertian pembangunan berwawasan lingkungan di buku teks  (hal.78)
      3.  Kegiatan Penutup: 10 menit
·         Siswa bertanya mengenai materi yang kurang dimengerti.
·         Bersama-sama melakukan refleksi materi yang telah dibahas.

E.  Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
-          Buku sumber Geografi SMA – ESIS
-          Buku-buku penunjang yang relevan
-          Gambar atau foto lingkungan hidup
-          OHP / Slide Proyektor
-          Internet


F.  Penilaian
-          Penilaian untuk tugas karangan mencari pengertian pembangunan berwawasan lingkungan dari berbagai referensi.
Penilaian berdasarkan pada rubrik penilaian berikut ini.

Rubrik Penilaian Karangan
Aspek yang dinilai
Nilai
kualitatif
Nilai
kuantitatif
Deskripsi
 (Alasan)
Pengantar menunjukkan isi




Pengantar disajikan dengan bahasa yang baik




Isi menunjukkan penjelasan dari kutipan/pendapat tokoh




Isi disajikan dengan bahasa yang baik




Penutup memberi kesimpulan akhir terhadap kutipan/pendapat tokoh




Penutup disajikan dengan bahasa yang baik




Nilai rata-rata




Komentar


Kriteria Penilaian:
Nilai kualitatif
Nilai kuantitatif
Memuaskan
4
> 80
Baik
3
68 - 79
Cukup
2
56 - 67
Kurang
1
< 55


Mengetahui,                                                                …………., ……………………..
Kepala Sekolah/Yayasan ……………..                     Guru Geografi



____________________________                            _________________________
NIP.                                                                            NIP.


No comments: