Google Web Search Gadget

There was an error in this gadget

05 April 2011

Geografi SMA X RPP18




GEOGRAFI X RPP 18

BAB 6. PEDOSFER
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

SMA                                       : ...............................................................................
Mata Pelajaran                        : Geografi
Kelas/Semester                        : X (sepuluh)/2 (dua)
Standar Kompetensi               : 3. Menganalisis unsur-unsur geosfer
Kompetensi Dasar                   : 3.1. Menganalisis dinamika dan kecenderungan perubahan
         litosfer dan pedosfer serta dampaknya terhadap
         kehidupan di muka bumi
Indikator                                 : -    Menjelaskan proses pembentukan tanah di Indonesia
-  Menunjukkan jenis dan persebaran tanah pada peta Indonesia
A.    Mengklasifikasi jenis dan ciri tanah di Indonesia
Alokasi Waktu                        : 1 x 45 menit

-          Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu
A.    Menjelaskan ciri dan proses pembentukan tanah
B.     Menjelaskan unsur fisik dan kimia tanah
C.     Menjelaskan klasifikasi tanah

-          Materi Pembelajaran
  1. Proses dan Ciri Pembentukan Tanah
1.      Proses Pembentukan Tanah
2.      Sifat Fisik dan Kimia Tanah
-          Klasifikasi Tanah

-          Metode Pembelajaran
Ceramah, diskusi, life skills, penugasan

-          Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
I.       Kurikulum KTSP dan perangkatnya
II.    Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMA - ESIS
III. Buku sumber Geografi SMA – ESIS
IV. Buku-buku penunjang yang relevan
V.    OHP / Slide Proyektor
VI. Internet

-          Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Kelima
1.      Kegiatan Pendahuluan
·         Apersepsi: guru menyapa siswa, kemudian mengabsen.
·         Guru menanyakan pengertian tanah (soil).
2.      Kegiatan Inti
·         Guru menjelaskan pengertian, proses pembentukan, sifat fisik dan kimia, serta klasifikasi tanah secara garis besar (hal 103 – 108).
·         Peserta didik mengamati sampel tanah dari halaman rumah masing-masing, kemudian menganalisis lapisan-lapisan serta sifat fisik tanah tersebut.
·         Mendiskusikan hasil pengamatan siswa mengenai sifat fisik dan lapisan tanah.
3.      Kegiatan Penutup
A.    Melakukan refleksi materi yang telah dibahas.
B.     Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya mengenai materi yang kurang dimengerti.
C.     Menugaskan siswa melakukan pengamatan secara berkelompok mengenai proses terjadinya erosi tanah akibat air hujan (jika ada), atau dengan menyiram tanah secara terus menerus. Laporan hasil pengamatan dikumpulkan pada pertemuan berikutnya.
-          Penilaian
Jenis tagihan                : Unjuk kerja
Bentuk tagihan            : Pengamatan tanah
Bahan diskusi              : Cobalah kamu gali tanah di sekitar rumahmu! Amati dan tentukanlah sifat fisik dan lapisan-lapisan tanah tersebut!

Rubrik Penilaian
Indikator
Nilai kualitatif
Nilai kuantitatif
Deskripsi (Alasan)
Penguasaan materi




Kemampuan melakukan analisis




Kemampuan menyampaikan pendapat




Partisipasi dalam diskusi




Kemampuan penggunaan bahasa yang baik dalam analisis




Nilai rata-rata




Komentar

Kriteria Penilaian:
Nilai kualitatif
Nilai kuantitatif
Memuaskan
4
> 80
Baik
3
68 - 79
Cukup
2
56 - 67
Kurang
1
< 55
………., ………………….
Guru Mata Pelajaran Geografi


                                                                                   
NIP. ...…………………….

No comments: