GEOGRAFI X RPP 13
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
SMA : ...............................................................................
Mata Pelajaran : Geografi
Kelas/Semester : X (sepuluh)/1 (satu)
Standar Kompetensi : 2. Memahami sejarah pembentukan bumi
Kompetensi Dasar : 2.2. Menjelaskan sejarah pembentukan bumi
Indikator : - Menjelaskan perkembangan bentuk muka bumi
- Menganalisis teori tektonik lempeng
Alokasi Waktu : 1 x 45 menit
A. Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu
- Menjelaskan secara kronologis mengenai perkembangan bentuk muka bumi
- Menjelaskan teori tektonik lempeng dan kaitannya dengan persebaran gunung api dan gempa bumi
B. Materi Pembelajaran
- Perkembangan Bentuk Muka Bumi
- Teori Tektonik Lempeng
C. Metode Pembelajaran
Ceramah, tanya jawab, diskusi, penugasan
D. Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
- Kurikulum KTSP dan perangkatnya
- Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMA - ESIS
- Buku sumber Geografi SMA – ESIS
- Buku-buku penunjang yang relevan
- OHP / Slide Proyektor
- Internet
E. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Ketiga belas
1. Kegiatan Pendahuluan
· Apersepsi: guru menyapa siswa dan mengabsen.
· Guru menanyakan tentang pengertian lempeng.
2. Kegiatan Inti
· Guru menjelaskan secara kronologis mengenai perkembangan bentuk muka bumi dan teori tektonik lempeng (hal 60 - 65) dari berbagai referensi.
· Tanya jawab mengenai perkembangan bentuk muka bumi dan teori tektonik lempeng dan kaitannya dengan persebaran gunung api dan gempa bumi.
· Penugasan secara kelompok, mendiskusikan posisi kepulauan Indonesia dikaitkan dengan lempeng tektonik (Aktivitas hal 65, kegiatan no. 4).
3. Kegiatan Penutup
· Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya mengenai materi yang kurang dimengerti.
· Bersama-sama melakukan refleksi materi yang telah dibahas.
F. Penilaian
Jenis tagihan : Unjuk kerja
Bentuk tagihan : Diskusi
Bahan diskusi : Bagaimana kaitan antara posisi Kepulauan Indonesia dengan lempeng tektonik? Apa keuntungan dan kerugian yang diperoleh Indonesia?
Lembar Penilaian diskusi
Hari/Tanggal : …………………………………………………….
Topik diskusi/debat : ……………………………………………………..
No | Sikap/Aspek yang dinilai | Nama Kelompok/ Nama peserta didik | Nilai Kualitatif | Nilai Kuantitatif |
Penilaian kelompok | ||||
1. | Menyelesaikan tugas kelompok dengan baik | | | |
2. | Kerjasama kelompok | | | |
3. | Hasil tugas | | | |
4. | Penggunaan bahasa yang baik | | | |
Jumlah Nilai Kelompok | | | ||
Penilaian Individu Peserta didik | ||||
1. | Berani mengemukakan pendapat | | | |
2. | Berani menjawab pertanyaan | | | |
3. | Inisiatif | | | |
4. | Ketelitian | | | |
Jumlah Nilai Individu | | |
Kriteria Penilaian:
Nilai kualitatif | Nilai kuantitatif | |
Memuaskan | 4 | > 80 |
Baik | 3 | 68 - 79 |
Cukup | 2 | 56 - 67 |
Kurang | 1 | < 55 |
Kunci Jawaban Soal Evaluasi Semester 1
I. Pilihan Ganda
- b/c
- a
- a/d
- c
- c
- a
- b
- a
- d
- b
- a
- b
- b
- a
- a
- b
- d
- a
- c
- e
- d
- c
- c
- e
- b
II. Essai
1. Perbedaan antara planet dalam dan planet luar adalah sebagaiberikut.
· Planet dalam merupakan planet-planet yang lintasannya terletak di antara Bumi dan Matahari atau planet-planet yang jarak rata-ratanya ke Matahari lebih pendek dari jarak rata-rata Bumi ke Matahari. Planet dalam antara lain Bumi, Merkurius, dan Venus.
· Planet luar merupakan planet-planet yang lintasannya di luar Bumi dan Matahari atau planet-planet yang jarak rata-ratanya ke Matahari lebih panjang dari jarak rata-rata Bumi ke Matahari. Planet luar antara lain Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus.
2. Karena Jupiter terdiri atas unsur-unsur yang ringan.
3. Karena ekor komet terbentuk dari gas-gas tipis serta pecahan benda-benda kecil yang disebut debu.
4. Pada saat planet dalam terlihat beberapa saat setelah matahari terbenam di horizon barat.
5. Dalam menganalisis gejala geografis yang dipelajari, geografi harus mampu menjawab gejala alam atau manusia yang terjadi, persebarannya, hubungannya, dan bentuk kualitas dan kuantitas gejala dan hubungannya dalam ruang.
6. Karena pengkajian suatu fenomena geosfer tidak mungkin mengabaikan salah satu atau beberapa prinsip geografi, sehingga tidak dapat dipisahkan satu sama lain.
7. Bahwa benua memang benar terapung.
8. Karena kajian geografi mempelajari corak kehidupan manusia dan sebab akibat yang mengikutinya.
9. Karena kepadatan batuan penyusun kerak bumi lebih rendah dari kepadatan batuan penyusun lapisan bumi yang lebih dalam, yaitu mantel.
10. Lempeng Eurasia, lempeng Indo-Australia, dan lempeng Pasifik.
…………., ………………….
Guru Mata Pelajaran Geografi
NIP. ...…………………….
No comments:
Post a Comment