Google Web Search Gadget

There was an error in this gadget

05 April 2011

Geografi SMA X RPP4




GEOGRAFI X RPP 4

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

SMA                                       : ...............................................................................
Mata Pelajaran                        : Geografi
Kelas/Semester                        : X (sepuluh)/1 (satu)
Standar Kompetensi               : 1. Memahami konsep, pendekatan, prinsip, dan aspek
     geografi
Kompetensi Dasar                   : 1.3. Menjelaskan Prinsip-prinsip Geografi
Indikator                                 : -    Mengidentifikasi prinsip-prinsip geografi
-          Menjelaskan perbedaan prinsip-prinsip geografi
-          Menerapkan prinsip geografi dalam kajian gejala geosfer
Alokasi Waktu                        : 1 x 45 menit
A.    Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu
-          Menjelaskan prinsip-prinsip geografi
-          Mengidentifikasikan prinsip-prinsip geografi dalam mengkaji fenomena geosfer
-          Mengaplikasikan prinsip-prinsip geografi dalam mengkaji fenomena geosfer

B.     Materi Pembelajaran
-          Prinsip-Prinsip Geografi
1.      Prinsip persebaran
2.      Prinsip timbal balik
3.      Prinsip korologi
4.      Prinsip penggambaran

C.    Metode Pembelajaran
Tanya jawab, diskusi, dan pemberian tugas

D.    Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
-          Kurikulum KTSP dan perangkatnya
-          Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMA - ESIS
-          Buku sumber Geografi SMA – ESIS
-          Buku-buku penunjang yang relevan
-          Gambar/foto fenomena geosfer
-          OHP / Slide Proyektor
-          Internet
E.     Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Keempat
1.      Kegiatan Pendahuluan
·         Apersepsi: guru menyapa siswa dan mengabsen. Guru menanyakan fenomena geosfer terbaru yang terjadi di Indonesia.
2.      Kegiatan Inti
·         Guru memberi gambar/foto fenomena geosfer sebagai contoh untuk mengaplikasikan prinsip-prinsip geografi yang digunakan dalam mengkaji fenomena geosfer.
·         Siswa mengamati gambar/foto tersebut sambil membuat catatan analisisnya, kemudian disampaikan di depan kelas.
·         Mendiskusikan dan menganalisis fenomena geosfer pada gambar/foto tersebut dengan menerapkan prinsip-prinsip geografi.
·         Guru menarik kesimpulan analisis siswa.
3.      Kegiatan Penutup
·         Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya mengenai materi yang kurang dimengerti.
·         Bersama-sama menarik kesimpulan materi.
·         Guru memberi tugas kelompok untuk membuat makalah mengenai fenomena geosfer yang terjadi di Indonesia. Analisislah berdasarkan prinsip geografi dan metode/pendekatan geografi dalam mengkaji fenomena geosfer tersebut. Tugas dikumpulkan pada pertemuan berikutnya.

F.     Penilaian
Penilaian Performance/Sikap
-          Penilaian saat diskusi dan makalah, lihat rubrik penilaian berikut ini.

Rubrik Penilaian Diskusi
Sikap/Aspek yang dinilai
Nilai kualitatif
Nilai kuantitatif
Deskripsi (Alasan)
Pengetahuan tentang fenomena geosfer




Pemahaman tentang prinsip-prinsip geografi




Kemampuan melakukan analisis




Kemampuan menyampaikan pendapat




Partisipasi dalam diskusi




Kemampuan penggunaan bahasa yang baik dalam analisis




Nilai rata-rata




Komentar


Rubrik Penilaian Makalah
Sikap/Aspek yang dinilai
Nilai kualitatif
Nilai kuantitatif
Deskripsi (Alasan)
Pengantar menunjukkan isi




Pengantar disajikan dengan bahasa yang baik




Isi menunjukkan penjelasan mengenai fenomena geosfer




Isi menunjukkan prinsip dan pendekatan geografi




Isi menunjukkan analisis terhadap fenomena geosfer yang terjadi di Indonesia




Isi disajikan dengan bahasa yang baik




Penutup memberi kesimpulan akhir terhadap isi




Penutup disajikan dengan bahasa yang baik




Nilai rata-rata




Komentar


Kriteria Penilaian:
Nilai kualitatif
Nilai kuantitatif
Memuaskan
4
> 80
Baik
3
68 - 79
Cukup
2
56 - 67
Kurang
1
< 55



…………., ………………….
Guru Mata Pelajaran Geografi




                                                                                   
NIP. ...…………………….

No comments: