Google Web Search Gadget

There was an error in this gadget

05 April 2011

Geografi SMA X RPP15




GEOGRAFI X RPP 15

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

SMA                                       : ...............................................................................
Mata Pelajaran                        : Geografi
Kelas/Semester                        : X (sepuluh)/2 (dua)
Standar Kompetensi               : 3. Menganalisis unsur-unsur geosfer
Kompetensi Dasar                   : 3.1. Menganalisis dinamika dan kecenderungan perubahan
         litosfer dan pedosfer serta dampaknya terhadap
         kehidupan di muka bumi
Indikator                                 : -    Mendeskripsikan tentang bentuk muka bumi akibat
     proses vulkanisme
-   Mengidentifikasikan tipe-tipe letusan dan bahan yang
dikeluarkan gunung api
A.    Memaparkan tentang proses terjadinya gempa bumi
Alokasi Waktu                        : 1 x 45 menit

A.    Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu
A.    Menjelaskan tentang bentuk-bentuk muka bumi akibat proses vulkanisme
B.     Menjelaskan tipe-tipe letusan dan bahan yang dikeluarkan gunung api
C.     Mendeskripsikan tentang terjadinya gempa bumi

B.     Materi Pembelajaran
  1. Bentuk Muka Bumi Akibat Tenaga Endogen
1.      Proses Vulkanisme
2.      Proses Seisme

C.    Metode Pembelajaran
Diskusi, life skills, penugasan

D.    Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
I.       Kurikulum KTSP dan perangkatnya
II.    Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMA - ESIS
III. Buku sumber Geografi SMA – ESIS
IV. Buku-buku penunjang yang relevan
V.    OHP / Slide Proyektor
VI. Internet

E.     Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Kedua
      1. Kegiatan Pendahuluan
·         Apersepsi: guru menyapa siswa, kemudian mengabsen.
·         Guru mengumpulkan tugas ringkasan materi dan soal evaluasi akhir bab mengenai “Perubahan Litosfer dan Dampaknya terhadap Kehidupan”.
      1. Kegiatan Inti
·         Peserta didik dibagi menjadi beberapa kelompok.
·         Peserta didik mendiskusikan mengenai apa dan bagaimana bentuk muka bumi terjadi akibat proses vulkanisme dan seisme (hal 79 – 83).
·         Setiap kelompok membuat kesimpulan hasil diskusi.
      1. Kegiatan Penutup
A.    Bersama-sama menyimpulkan materi yang telah dibahas.
B.     Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya mengenai materi yang kurang dimengerti.

F.     Penilaian
Jenis tagihan                : Unjuk kerja
Bentuk tagihan            : Diskusi
Bahan diskusi              : Diskusikanlah mengenai apa dan bagaimana bentuk muka bumi terjadi akibat proses vulkanisme dan seisme.

Lembar Penilaian diskusi

Hari/Tanggal               : …………………………………………………….
Topik diskusi/debat     : ……………………………………………………..
No
Sikap/Aspek yang dinilai
Nama Kelompok/ Nama peserta didik
Nilai Kualitatif
Nilai Kuantitatif
Penilaian kelompok
1.
Menyelesaikan tugas kelompok dengan baik



2.
Kerjasama kelompok



3.
Hasil tugas



4.
Penggunaan bahasa yang baik



Jumlah Nilai Kelompok


Penilaian Individu Peserta didik
1.
Berani mengemukakan pendapat



2.
Berani menjawab pertanyaan



3.
Inisiatif



4.
Ketelitian



Jumlah Nilai Individu


Kriteria Penilaian:
Nilai kualitatif
Nilai kuantitatif
Memuaskan
4
> 80
Baik
3
68 - 79
Cukup
2
56 - 67
Kurang
1
< 55

Kunci Jawaban
 I. Pilihan Ganda

  1. e
  2. b
  3. e
  4. b
  5. a
  6. b
  7. d
  8. a
  9. c
  10. d


II. Essai
C.     Sesar atau sering pula disebut patahan adalah suatu rekahan pada batuan yang telah mengalami pergeseran. Jika rekahan tidak menimbulkan pergeseran, tidak dikatakan sebagai sesar.
Lipatan adalah suatu kerutan pada kulit bumi akibat pergerakan dua lempeng yang saling bertumbukan secara mendatar dari dua arah berlawanan.
D.    Gempa merupakan gerakan kulit bumi secara tiba-tiba akibat adanya patahan atau letusan yang diikuti serangkaian getaran yang dirambatkan hingga ke permukaan bumi. Bentuk muka bumi yang ditimbulkannya adalah pegunungan lipatan, patahan, dan rekahan.
E.     Dilihat dari ketinggiannya, wilayah kikisan dapat dikelompokkan menjadi beberapa bagian, yaitu:
1.      Wilayah dataran rendah, berada di atas wilayah endapan sampai sekitar 100 m di atas muka laut.
2.      Wilayah pertengahan, terletak antara 100 – 500 m di atas permukaan laut
3.      Bagian wilayah pegunungan, berada pada ketinggian 500 – 1000 m di atas muka laut.
4.      Bagian wilayah pegunungan tinggi, berada di atas 1000 m di atas muka laut.
F.      Degradasi lahan berarti hilangnya manfaat atau potensi manfaat dari suatu lahan. Degradasi lahan dapat juga diartikan sebagai peristiwa terjadinya penurunan kualitas lahan, hilang, atau berubahnya berbagai organisme pada lahan yang tidak dapat digantikan.
G.    Faktor-faktor yang memengaruhi bentuk gunung antara lain sebagai berikut.
1.      Proses pengikisan oleh angin menyebabkan puncak gunung menjadi lebih lebar dan kaki gunung semakin luas akibat pengendapan material-material dari puncak gunung.
2.      Faktor manusia: kegiatan penambangan di daerah pegunungan dapat merombak bentuk gunung.

III. Soal Terapan
              1. Karena adanya pergeseran sesar yang terletak di bawah daerah kota Yogya yang terkena rambatan gempa yang episentrumnya terletak pada 38 kilometer dari selatan Yogyakarta pada kedalaman 33 kilometer.
              2. Melakukan perbaikan lahan dengan berbagai metode yang disesuaikan dengan kondisi dan kerusakan lahan. Selain itu, melakukan upaya mengurangi kerusakan tanah dengan menjaga lingkungan.
              3. Tambang yang berpotensi merusak lingkungan antara lain tambang batu bara, minyak bumi, gas alam, marmer, dan logam mulia. Bahan tambang tersebut dapat merusak bumi karena dapat merombak bentuk muka bumi, merusak ekosistem, dan limbah buangan pengolahan tambang dapat mencemari lingkungan.






H.                Skala Sikap
Rubrik Penilaian Skala Sikap
Indikator
Nilai kualitatif
Nilai kuantitatif
Deskripsi (Alasan)
Pengetahuan tentang fenomena geosfer




Pemahaman tentang materi




Kemampuan melakukan analisis atas pernyataan/kutipan tersebut




Sikap terhadap pernyataan/kutipan tersebut




Alasan terhadap sikap atas pernyataan/kutipan tersebut




Kemampuan penggunaan bahasa yang baik dalam analisis




Nilai rata-rata




Komentar


Kriteria Penilaian:
Nilai kualitatif
Nilai kuantitatif
Memuaskan
4
> 80
Baik
3
68 - 79
Cukup
2
56 - 67
Kurang
1
< 55



…………., ………………….
Guru Mata Pelajaran Geografi




                                                                                   
NIP. ...…………………….

No comments: