Google Web Search Gadget

There was an error in this gadget

05 April 2011

Geografi SMA XI RPP5




GEOGRAFI XI RPP 5
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan                  : ...............................................................................
Mata Pelajaran                        : Geografi
Kelas/Semester                        : XI (sebelas)/1 (satu)
Standar Kompetensi               : 1. Menganalisis fenomena biosfer dan antroposfer
Kompetensi Dasar                   : 1.2. Menganalisis sebaran flora dan fauna
Indikator                                 : -   Menganalisis persebaran flora dan fauna di Indonesia
                                                  - Menjelaskan hubungan sebaran flora dan fauna dengan kondisi fisik      
Alokasi Waktu                        : 1 x 45 menit

A.    Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu
-          Mengidentifikasikan persebaran flora dan fauna di Indonesia
-          Menjelaskan hubungan sebaran flora dan fauna dengan kondisi fisiknya

B.     Materi Pembelajaran
-          Flora dan fauna di Indonesia
-          Kondisi lingkungan yang memengaruhinya

C.    Metode Pembelajaran
Ceramah, tanya jawab, diskusi, dan penugasan.

D.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Kelima
1.      Kegiatan Pendahuluan: 5 menit
·         Apersepsi: guru menyapa siswa dan mengabsen.
·         Siswa mengumpulkan tugas membuat peta persebaran flora dan fauna di Indonesia.
2.      Kegiatan Inti: 30 menit
·         Guru menjelaskan persebaran flora dan fauna di Indonesia secara garis besar     (hal. 17 - 20).
·           Siswa mengamati peta persebaran flora dan fauna di Indonesia, kemudian membuat catatan analisisnya.
·           Tanya jawab tentang persebaran flora dan fauna di Indonesia.
·           Mendiskusikan secara kelompok hubungan sebaran flora dan fauna dengan kondisi fisik lingkungannya
·           Secara individu, siswa mengerjakan Uji Penguasaan Materi pada buku sumber (hal. 10 dan 17)
3.      Kegiatan Penutup: 10 menit
·           Bersama-sama melakukan refleksi materi yang telah dibahas.
·           Siswa bertanya mengenai materi yang kurang dimengerti.

E.     Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
-          Buku sumber Geografi SMA – ESIS
-          Buku-buku penunjang yang relevan
-          Peta persebaran flora dan fauna di Indonesia


-          OHP / Slide Proyektor
-          Gambar fenomena geosfer
-          Internet

F.     Penilaian
Jenis tagihan                : Unjuk kerja
Bentuk tagihan            : Pengamatan dan Diskusi
Bahan diskusi              : Hubungan sebaran flora dan fauna dengan kondisi fisik lingkungannya

Lembar Penilaian Pengamatan dan Diskusi

Hari/Tanggal               : …………………………………………………….
Topik Pengamatan      : …………………………………………………….

No
Aspek yang dinilai
Nama Kelompok/ Nama siswa
Nilai Kualitatif
Nilai Kuantitatif
Penilaian kelompok
1.
Menyelesaikan tugas kelompok dengan baik



2.
Kerjasama kelompok



3.
Hasil tugas



4.
Penggunaan bahasa yang baik



Jumlah Nilai Kelompok


Penilaian Individu Siswa
1.
Partisipasi dalam kegiatan



2.
Berani menjawab pertanyaan



3.
Inisiatif



4.
Ketelitian



Jumlah Nilai Individu



Kriteria Penilaian:
Nilai kualitatif
Nilai kuantitatif
Memuaskan
4
> 80
Baik
3
68 - 79
Cukup
2
56 - 67
Kurang
1
< 55

Mengetahui,                                                                …………., ……………………..
Kepala Sekolah/Yayasan ……………..                     Guru Geografi



____________________________                            _________________________
NIP.                                                                            NIP.

No comments: