05 April 2011

Geografi SMA XI RPP26




GEOGRAFI XI RPP 26
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

SMA                                       : ...............................................................................
Mata Pelajaran                        : Geografi
Kelas/Semester                        : XI (sebelas)/2 (dua)
Standar Kompetensi               :3. Menganalisis pemanfaatan dan pelestarian lingkungan hidup
Kompetensi Dasar                   :3.1. Mendeskripsikan pemanfaatan lingkungan hidup dalam kaitannya dengan pembangunan berkelanjutan
Indikator                                 : -  Merumuskan konsep pelestarian lingkungan hidup
Alokasi Waktu                        : 1 x 45 menit

A.    Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu
-          Menjelaskan konsep pelestarian hidup

B.     Materi Pembelajaran
-          Pelestarian lingkungan hidup

C.    Metode Pembelajaran
Ceramah, diskusi, tanya jawa, penugasan

D.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Ketujuh
1.      Kegiatan Pendahuluan: 15 menit
·         Apersepsi: guru menyapa siswa, kemudian mengabsen.
·         Guru menanyakan tentang konsep pelestarian lingkungan hidup dan dijawab secara tertulis oleh siswa
2.      Kegiatan Inti: 25 menit
·         Secara berkelompok, siswa mendiskusikan mengenai kelestarian lingkungan hidup (Aktivitas hal.95).
·         Setelah selesai, siswa mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya. Kelompok lain diminta menanggapi.
3.      Kegiatan Penutup: 5 menit
·         Melakukan refleksi materi yang telah dibahas.
·         Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya mengenai materi yang kurang dimengerti.
·         Penugasan: membuat analisis pada suatu kasus (Analitika hal 95-96)

E.     Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
-          Buku sumber Geografi SMA – ESIS
-          Buku-buku penunjang yang relevan
-          Gambar atau foto lingkungan hidup
-          OHP / Slide Proyektor
-          Internet






F.     Penilaian
Jenis tagihan                : Unjuk kerja
Bentuk tagihan            : Diskusi
Bahan diskusi              : Analitika (hal.95-96)dan Aktivitas (hal. 95)

Lembar Penilaian Diskusi

Hari/Tanggal               : …………………………………………………….
Topik Diskusi              : …………………………………………………….

No
Aspek yang dinilai
Nama Kelompok/ Nama siswa
Nilai Kualitatif
Nilai Kuantitatif
Penilaian kelompok
1.
Menyelesaikan tugas kelompok dengan baik



2.
Kerjasama kelompok



3.
Hasil tugas



4.
Penggunaan bahasa yang baik



Jumlah Nilai Kelompok


Penilaian Individu Siswa
1.
Partisipasi dalam kegiatan



2.
Berani menjawab pertanyaan



3.
Inisiatif



4.
Ketelitian



Jumlah Nilai Individu



Kriteria Penilaian:
Nilai kualitatif
Nilai kuantitatif
Memuaskan
4
> 80
Baik
3
68 - 79
Cukup
2
56 - 67
Kurang
1
< 55


Mengetahui,                                                                …………., ……………………..
Kepala Sekolah/Yayasan ……………..                     Guru Geografi




____________________________                            _________________________
NIP.                                                                            NIP.

No comments: