GEOGRAFI XI RPP 26
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
SMA : ...............................................................................
Mata Pelajaran : Geografi
Kelas/Semester : XI (sebelas)/2 (dua)
Standar Kompetensi :3. Menganalisis pemanfaatan dan pelestarian lingkungan hidup
Kompetensi Dasar :3.1. Mendeskripsikan pemanfaatan lingkungan hidup dalam kaitannya dengan pembangunan berkelanjutan
Indikator : - Merumuskan konsep pelestarian lingkungan hidup
Alokasi Waktu : 1 x 45 menit
A. Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu
- Menjelaskan konsep pelestarian hidup
B. Materi Pembelajaran
- Pelestarian lingkungan hidup
C. Metode Pembelajaran
Ceramah, diskusi, tanya jawa, penugasan
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Ketujuh
1. Kegiatan Pendahuluan: 15 menit
· Apersepsi: guru menyapa siswa, kemudian mengabsen.
· Guru menanyakan tentang konsep pelestarian lingkungan hidup dan dijawab secara tertulis oleh siswa
2. Kegiatan Inti: 25 menit
· Secara berkelompok, siswa mendiskusikan mengenai kelestarian lingkungan hidup (Aktivitas hal.95).
· Setelah selesai, siswa mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya. Kelompok lain diminta menanggapi.
3. Kegiatan Penutup: 5 menit
· Melakukan refleksi materi yang telah dibahas.
· Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya mengenai materi yang kurang dimengerti.
· Penugasan: membuat analisis pada suatu kasus (Analitika hal 95-96)
E. Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
- Buku sumber Geografi SMA – ESIS
- Buku-buku penunjang yang relevan
- Gambar atau foto lingkungan hidup
- OHP / Slide Proyektor
- Internet
F. Penilaian
Jenis tagihan : Unjuk kerja
Bentuk tagihan : Diskusi
Bahan diskusi : Analitika (hal.95-96)dan Aktivitas (hal. 95)
Lembar Penilaian Diskusi
Hari/Tanggal : …………………………………………………….
Topik Diskusi : …………………………………………………….
No | Aspek yang dinilai | Nama Kelompok/ Nama siswa | Nilai Kualitatif | Nilai Kuantitatif |
Penilaian kelompok | ||||
1. | Menyelesaikan tugas kelompok dengan baik | |||
2. | Kerjasama kelompok | |||
3. | Hasil tugas | |||
4. | Penggunaan bahasa yang baik | |||
Jumlah Nilai Kelompok | ||||
Penilaian Individu Siswa | ||||
1. | Partisipasi dalam kegiatan | |||
2. | Berani menjawab pertanyaan | |||
3. | Inisiatif | |||
4. | Ketelitian | |||
Jumlah Nilai Individu |
Kriteria Penilaian:
Nilai kualitatif | Nilai kuantitatif | |
Memuaskan | 4 | > 80 |
Baik | 3 | 68 - 79 |
Cukup | 2 | 56 - 67 |
Kurang | 1 | < 55 |
Mengetahui, …………., ……………………..
Kepala Sekolah/Yayasan …………….. Guru Geografi
____________________________ _________________________
NIP. NIP.
No comments:
Post a Comment