GEOGRAFI XI RPP 20
BAB 4. LINGKUNGAN HIDUP DAN PEMBANGUNAN BERKELANJUTAN
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
SMA : ...............................................................................
Mata Pelajaran : Geografi
Kelas/Semester : XI (sebelas)/2 (dua)
Standar Kompetensi :3. Menganalisis pemanfaatan dan pelestarian lingkungan hidup
Kompetensi Dasar :3.1. Mendeskripsikan pemanfaatan lingkungan hidup dalam kaitannya dengan pembangunan berkelanjutan
Indikator : - Merumuskan pengertian lingkungan hidup
- Mengidentifikasi komponen-komponen ekosistem
Alokasi Waktu : 1 x 45 menit
A. Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu
- Menjelaskan pengertian lingkungan hidup
- Menguraikan komponen-komponen ekosistem
B. Materi Pembelajaran
- Lingkungan
- Lingkungan Hidup
- Ekosistem
C. Metode Pembelajaran
Ceramah, tanya jawab, penugasan
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Pertama
1. Kegiatan Pendahuluan: 5 menit
· Memberi salam dan mengabsen.
· Apersepsi materi.
2. Kegiatan Inti: 30 menit
· Guru menjelaskan pengertian lingkungan hidup secara garis besar dengan menggunakan gambar (hal 87-90).
· Penugasan secara individu, siswa mencari pengertian lingkungan hidup dari berbagai situs internet dan media lainnya.
· Siswa membuat karangan secara individu mengenai hasil temuan dari situs internet dengan mencantumkan sumbernya.
· Tanya-jawab berdasarkan hasil temuan siswa dari internet dan mencermati contoh pengertian lingkungan hidup di buku sumber (hal 87).
3. Kegiatan Penutup: 10 menit
· Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya mengenai materi yang kurang dimengerti.
· Melakukan refleksi materi yang telah dibahas.
· Penugasan secara kelompok, membuat makalah tentang kerusakan lingkungan yang terjadi, baik di Indonesia maupun di dunia. Dikumpulkan pada pertemuan berikutnya.
E. Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
- Buku sumber Geografi SMA – ESIS
- Buku-buku penunjang yang relevan
- Gambar atau foto lingkungan hidup
- OHP / Slide Proyektor
- Internet
F. Penilaian
- Penilaian untuk tugas karangan mencari pengertian lingkungan hidup dari berbagai situs internet dan media lainnya.
Penilaian berdasarkan pada rubrik penilaian berikut ini.
Rubrik Penilaian Karangan
Aspek yang dinilai | Nilai kualitatif | Nilai kuantitatif | Deskripsi (Alasan) | |
Pengantar menunjukkan isi | ||||
Pengantar disajikan dengan bahasa yang baik | ||||
Isi menunjukkan penjelasan dari kutipan/pendapat tokoh | ||||
Isi menunjukkan data curah hujan dan perhitungannya | ||||
Isi menunjukkan ketepatan hasil perhitungan dan penentuan klasifikasi iklim | ||||
Isi disajikan dengan bahasa yang baik | ||||
Penutup memberi kesimpulan akhir terhadap kutipan/pendapat tokoh | ||||
Penutup disajikan dengan bahasa yang baik | ||||
Nilai rata-rata | ||||
Komentar |
Rubrik Penilaian Makalah
Aspek yang dinilai | Nilai kualitatif | Nilai kuantitatif | Deskripsi (Alasan) | |
Pengantar menunjukkan isi | ||||
Pengantar disajikan dengan bahasa yang baik | ||||
Isi menunjukkan penjelasan dari masalah yang dibahas | ||||
Isi disajikan dengan bahasa yang baik | ||||
Penutup memberi kesimpulan akhir terhadap materi | ||||
Penutup disajikan dengan bahasa yang baik | ||||
Nilai rata-rata | ||||
Komentar |
Kriteria Penilaian:
Nilai kualitatif | Nilai kuantitatif | |
Memuaskan | 4 | > 80 |
Baik | 3 | 68 - 79 |
Cukup | 2 | 56 - 67 |
Kurang | 1 | < 55 |
Mengetahui, …………., ……………………..
Kepala Sekolah/Yayasan …………….. Guru Geografi
____________________________ _________________________
NIP. NIP.
No comments:
Post a Comment