There was an error in this gadget
There was an error in this gadget

05 April 2011

Geografi SMA XI RPP20




GEOGRAFI XI RPP 20
BAB 4. LINGKUNGAN HIDUP DAN PEMBANGUNAN BERKELANJUTAN
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

SMA                                       : ...............................................................................
Mata Pelajaran                        : Geografi
Kelas/Semester                        : XI (sebelas)/2 (dua)
Standar Kompetensi               :3. Menganalisis pemanfaatan dan pelestarian lingkungan hidup
Kompetensi Dasar                   :3.1. Mendeskripsikan pemanfaatan lingkungan hidup dalam kaitannya dengan pembangunan berkelanjutan
Indikator                                 : -    Merumuskan pengertian lingkungan hidup
-          Mengidentifikasi komponen-komponen ekosistem
Alokasi Waktu                        : 1 x 45 menit

A.    Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu
-          Menjelaskan pengertian lingkungan hidup
-          Menguraikan komponen-komponen ekosistem

B.     Materi Pembelajaran
-          Lingkungan
-          Lingkungan Hidup
-          Ekosistem

C.    Metode Pembelajaran
Ceramah, tanya jawab, penugasan

D.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Pertama
1.      Kegiatan Pendahuluan: 5 menit
·         Memberi salam dan mengabsen.
·         Apersepsi materi.
2.      Kegiatan Inti: 30 menit
·           Guru menjelaskan pengertian lingkungan hidup secara garis besar dengan menggunakan gambar  (hal 87-90).
·           Penugasan secara individu, siswa mencari pengertian lingkungan hidup dari berbagai situs internet dan media lainnya.
·           Siswa membuat karangan secara individu mengenai hasil temuan dari situs internet dengan mencantumkan sumbernya.
·           Tanya-jawab berdasarkan hasil temuan siswa dari internet dan mencermati contoh  pengertian lingkungan hidup di buku sumber (hal 87).
3.      Kegiatan Penutup: 10 menit
·           Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya mengenai materi yang kurang dimengerti.
·           Melakukan refleksi materi yang telah dibahas.
·           Penugasan secara kelompok, membuat makalah tentang kerusakan lingkungan yang terjadi, baik di Indonesia maupun di dunia. Dikumpulkan pada pertemuan berikutnya.




E.     Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
-          Buku sumber Geografi SMA – ESIS
-          Buku-buku penunjang yang relevan
-          Gambar atau foto lingkungan hidup
-          OHP / Slide Proyektor
-          Internet

F.     Penilaian
-          Penilaian untuk tugas karangan mencari pengertian lingkungan hidup dari berbagai situs internet dan media lainnya.
Penilaian berdasarkan pada rubrik penilaian berikut ini.

Rubrik Penilaian Karangan
Aspek yang dinilai
Nilai
kualitatif
Nilai
kuantitatif
Deskripsi
(Alasan)
Pengantar menunjukkan isi




Pengantar disajikan dengan bahasa yang baik




Isi menunjukkan penjelasan dari kutipan/pendapat tokoh




Isi menunjukkan data curah hujan dan perhitungannya




Isi menunjukkan ketepatan hasil perhitungan dan penentuan klasifikasi iklim




Isi disajikan dengan bahasa yang baik




Penutup memberi kesimpulan akhir terhadap kutipan/pendapat tokoh




Penutup disajikan dengan bahasa yang baik




Nilai rata-rata




Komentar

















Rubrik Penilaian Makalah
Aspek yang dinilai
Nilai
kualitatif
Nilai
kuantitatif
Deskripsi
(Alasan)
Pengantar menunjukkan isi




Pengantar disajikan dengan bahasa yang baik




Isi menunjukkan penjelasan dari masalah yang dibahas




Isi disajikan dengan bahasa yang baik




Penutup memberi kesimpulan akhir terhadap materi




Penutup disajikan dengan bahasa yang baik




Nilai rata-rata




Komentar




Kriteria Penilaian:
Nilai kualitatif
Nilai kuantitatif
Memuaskan
4
> 80
Baik
3
68 - 79
Cukup
2
56 - 67
Kurang
1
< 55



Mengetahui,                                                                …………., ……………………..
Kepala Sekolah/Yayasan ……………..                     Guru Geografi




____________________________                            _________________________
NIP.                                                                            NIP.

No comments: