05 April 2011

Geografi SMA XI RPP16




GEOGRAFI XI RPP 16
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan                  : ...............................................................................
Mata Pelajaran                        : Geografi
Kelas/Semester                        : XI(sebelas)/1 (satu)
Standar Kompetensi               : 2. Memahami sumber daya alam
Kompetensi Dasar                   : 2.3. Menjelaskan pemanfaatan sumber daya alam secara arif
Indikator                                 : - Menguraikan pemanfaatan sumber daya alam berdasarkan      prinsip ekoefisiensi
Alokasi Waktu                        : 1 x 45 menit

 A. Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu
-          Menjelaskan pemanfaatan sumber daya alam berdasarkan prinsip ekoefisiensi

B.  Materi Pembelajaran
-          Prinsip ekoefisiensi

C.  Metode Pembelajaran
Ceramah, tanya jawab, penugasan

D.  Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
 Pertemuan Kelima belas
1.  Kegiatan Pendahuluan: 5 menit
·         Memberi salam dan mengabsen.
·         Apersepsi materi.
2.  Kegiatan Inti: 30 menit
·         Guru menjelaskan prinsip ekoefisiensi secara garis besar (hal. 79)
·         Secara kelompok siswa mendiskusikan pemanfaatan sumber daya alam berdasarkan prinsip ekoefisiensi.
·         Tanya jawab mengenai contoh pemanfaatan sumber daya alam berdasarkan prinsip ekoefisiensi.
      3.  Kegiatan Penutup: 10 menit
·         Siswa bertanya mengenai materi yang kurang dimengerti.
·         Bersama-sama melakukan refleksi materi yang telah dibahas.

E.  Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
-          Buku sumber Geografi SMA – ESIS
-          Buku-buku penunjang yang relevan
-          Gambar atau foto lingkungan hidup
-          OHP / Slide Proyektor
-          Internet






F.  Penilaian
Jenis tagihan                : Unjuk kerja
Bentuk tagihan            : Diskusi
Bahan diskusi              : Diskusikanlah pemanfaatan sumber daya alam berdasarkan prinsip ekoefisiensi !

Rubrik Penilaian Diskusi Kelompok
Hari/Tanggal               : ……………………………………………………..
Topik diskusi/debat     : ……………………………………………………..
Nama Siswa                : .................................................................................

Aspek yang dinilai
Nilai
kualitatif
Nilai
kuantitatif
Deskripsi
(Alasan)
Kemampuan mengidentifikasi masalah




Kemampuan merumuskan masalah




Kemampuan menganalisis masalah




Kemampuan memecahkan masalah




Kerja sama dalam kelompok




Partisipasi dalam diskusi




Kemampuan mengemukakan pendapat dan menghargai pendapat orang lain




Kemampuan penggunaan bahasa yang baik dalam diskusi




Nilai rata-rata




Komentar


Kriteria Penilaian:
Nilai kualitatif
Nilai kuantitatif
Memuaskan
4
> 80
Baik
3
68 - 79
Cukup
2
56 - 67
Kurang
1
< 55


Mengetahui,                                                                …………., ……………………..
Kepala Sekolah/Yayasan ……………..                     Guru Geografi




____________________________                            _________________________
NIP.                                                                            NIP.

No comments: