05 April 2011

Geografi SMA X RPP5




GEOGRAFI X RPP 5

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

SMA                                       : ...............................................................................
Mata Pelajaran                        : Geografi
Kelas/Semester                        : X (sepuluh)/1 (satu)
Standar Kompetensi               : 1. Memahami konsep, pendekatan, prinsip, dan aspek
     geografi
Kompetensi Dasar                   : 1.4. Menjelaskan Aspek-aspek Geografi
Indikator                                 : -    Mengidentifikasi aspek-aspek geografi
-          Menjelaskan perbedaan aspek-aspek geografi
-          Menerapkan aspek-aspek dalam kajian gejala geosfer
Alokasi Waktu                        : 1 x 45 menit

A.    Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu
-          Mengidentifikasikan aspek-aspek geografi
-          Mengaplikasikan aspek-aspek geografi dalam mengkaji fenomena geosfer

B.     Materi Pembelajaran
-          Aspek-Aspek Geografi
1.      Aspek fisik (alamiah)
2.      Aspek sosial (kehidupan)

C.    Metode Pembelajaran
Ceramah, tanya jawab, diskusi, dan penugasan.

D.    Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
-          Kurikulum KTSP dan perangkatnya
-          Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMA - ESIS
-          Buku sumber Geografi SMA – ESIS
-          Buku-buku penunjang yang relevan
-          OHP / Slide Proyektor
-          Gambar fenomena geosfer
-          Internet

E.     Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Kelima
1.      Kegiatan Pendahuluan
·         Apersepsi: guru menyapa siswa dan mengabsen.
·         Guru menanyakan fenomena geosfer terbaru yang terjadi di Indonesia.
·         Guru mengumpulkan tugas kelompok (makalah) yang diberikan pada pertemuan sebelumnya mengenai fenomena geosfer yang terjadi di Indonesia.
2.      Kegiatan Inti
·         Guru menjelaskan aspek-aspek geografi dalam objek geografis (hal 5).
·         Tanya jawab mengenai perbedaan antara aspek fisik dan aspek sosial geografi dalam mengkaji fenomena geosfer beserta contohnya.
3.      Kegiatan Penutup
·         Bersama-sama melakukan refleksi materi yang telah dibahas.
·         Penugasan mengerjakan soal-soal evaluasi akhir bab mengenai Hakikat Geografi (hal 12 – 13).

F.     Penilaian
Penilaian tertulis
-          Soal-soal evaluasi pada akhir bab.
Penilaian Performance/Sikap
-          Penilaian saat diskusi, lihat rubrik penilaian berikut ini.
Rubrik Penilaian
Indikator
Nilai kualitatif
Nilai kuantitatif
Deskripsi (Alasan)
Pengetahuan tentang fenomena geosfer




Pemahaman tentang aspek-aspek geografi




Kemampuan melakukan analisis terhadap pernyataan




Kemampuan menyampaikan pendapat




Partisipasi dalam diskusi




Kemampuan penggunaan bahasa yang baik dalam analisis




Nilai rata-rata




Komentar


Keterangan:
Nilai kualitatif
Nilai kuantitatif
Memuaskan
4
> 80
Baik
3
68 - 79
Cukup
2
56 - 67
Kurang
1
< 55

Kunci Jawaban Soal Evaluasi Bab 1. Hakikat Geografi
I.                   Pilihan Ganda

  1. e
  2. b
  3. a
  4. b
  5. d
  6. b
  7. e
  8. c
  9. b
  10. c


II.                Essai
  1. Ruang lingkup Geografi tidak lepas dari apa yang menjadi objek material geografi. Ruang lingkup geografi mencakup fenomena permukaan bumi (gejala geosfer), yang terdiri atas gejala alam (fisik) dan gejala manusia (sosial). Gejala-gejala ini menganalisis persebaran, hubungan, dan interaksi dalam ruang muka bumi. Geografi harus mampu menjawab pertanyaan 3WH, yaitu what – where – why – how tentang segala hal yang terjadi di muka bumi.
  2. Ilmu Geologi merupakan cabang ilmu geografi yang mempelajari bumi secara keseluruhan; yang berkenaan dengan kejadian, struktur, komposisi, dan proses pembentukan bumi.
Peranan ilmu geologi terhadap geografi adalah membantu menjelaskan fenomena yang terjadi di bumi secara keseluruhan. Misalnya, fenomena gempa, dalam ilmu geologi akan dijelaskan mengenai sebab-sebab kejadian, kekuatan gempa, dan struktur penyusunnya. Melalui bantuan ilmu geologi, maka penjelasan geografi mengenai fenomena yang terjadi di bumi akan lebih jelas dan menyeluruh.
  1. Bahan kajian geografi yang berkaitan dengan aspek sosial, antara lain adat istiadat, tradisi, kepercayaan, kultur masyarakat, nilai-nilai dan norma hukum, serta hubungan antarmanusia dan lingkungan.
  2. Maksud objek formal dan material geografi adalah sebagai berikut.
·         Objek formal geografi merupakan cara atau metode dalam mengkaji dan menganalisis masalah-masalah objek material geografi. Analisis masalah objek material geografi tersebut dapat dilakukan melalui pendekatan keruangan, lingkungan, dan kompleks kewilayahan.
·         Objek material geografi merupakan bahan (isi) kajian geografi berupa fenomena permukaan bumi (geosfer), yang meliputi litosfer, atmosfer, hidrosfer, dan biosfer dengan segala variasi dan agihannya, serta antroposfer sebagai tema sentral.
  1. Fenomena banjir dapat dianalisis dengan menggunakan prinsip-prinsip geografi. Pengamatan daerah banjir melalui prinsip persebaran, dapat diketahui daerah-daerah yang terkena banjir untuk segera dilakukan antisipasi. Melalui prinsip timbal balik, kita dapat mencari tahu penyebab terjadinya banjir, adakah faktor alam dan faktor manusia yang memengaruhinya. Dalam mengkaji banjir selalu diperhatikan persebarannya dalam ruang, hubungannya dengan faktor-faktor penyebab banjir, dan seterusnya. Dengan demikian, melalui prinsip korologi kita akan mampu menjelaskan karakteristik banjir tersebut. Kemudian melalui prinsip penggambaran, dapat diuraikan sebab dan akibat serta persebaran fenomena banjir dengan penggunaan peta, diagram, dan grafik.

III.             Soal Terapan
1.      Mendirikan toko kelontong dekat dengan perumahan, strategis, mudah dijangkau (aksesibilitasnya tinggi), sehingga para konsumen dapat dengan mudah mendatangi tokonya.
2.      Pembuatan terasering dan tanaman penutup.
3.      Topografinya yang tinggi (daerah pegunungan) terkadang banyak binatang buas yang datang ke rumah-rumah penduduk atau peristiwa alam seperti banjir.








IV.             Skala Sikap
Rubrik Penilaian Skala Sikap
Indikator
Nilai kualitatif
Nilai kuantitatif
Deskripsi (Alasan)
Pengetahuan tentang fenomena geosfer




Pemahaman tentang materi




Kemampuan melakukan analisis atas pernyataan/kutipan tersebut




Sikap terhadap pernyataan/kutipan tersebut




Alasan terhadap sikap atas pernyataan/kutipan tersebut




Kemampuan penggunaan bahasa yang baik dalam analisis




Nilai rata-rata




Komentar


Kriteria Penilaian:
Nilai kualitatif
Nilai kuantitatif
Memuaskan
4
> 80
Baik
3
68 - 79
Cukup
2
56 - 67
Kurang
1
< 55




…………., ………………….
Guru Mata Pelajaran Geografi




                                                                                   
NIP. ...…………………….

No comments: