05 April 2011

Geografi SMA XII RPP3




GEOGRAFI XII RPP 3

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Satuan Pendidikan                  : SMA ........................................................................
Mata Pelajaran                        : Geografi
Kelas/Semester                        : XII (dua belas)/1 (satu)
Standar Kompetensi               : 1. Mempraktikkan ketrampilan dasar peta dan pemetaan
Kompetensi Dasar                   : 1.2. Mempraktikkan ketrampilan dasar peta dan pemetaan
Indikator                                 : -     Membuat laporan hasil pengukuran
-          Merumuskan data hasil pengukuran di lapangan
-          Membuat peta hasil pengukuran di lapangan     
Alokasi Waktu                        : 3 x 3 JP

A.    Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu untuk:
-          Melakukan pengukuran di lapangan
-          Menggunakan alat-alat bantu pemetaan
-          Membuat laporan hasil pengukuran di lapangan
-          Membuat peta wilayah hasil pengukuran di lapangan dengan baik
-          Menginterpretasi peta hasil pengukuran di lapangan

B.     Materi Pembelajaran
-          Membuat Peta
-          Membaca Peta

C.    Metode Pembelajaran
-          Pendekatan model ICT dan life skills
-          Ceramah bervariasi
-          Unjuk kerja dan pemberian tugas

D.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Kelima
1.    Kegiatan Pendahuluan: 10 menit
·      Apersepsi: guru menyampaikan tujuan diadakannya kunjungan ke Bakosurtanal.
2.    Kegiatan Inti: 115 menit
·      Secara berkelompok, siswa melakukan wawancara kepada pegawai Bakosurtanal mengenai proses pembuatan peta.
·      Melakukan pengamatan terhadap peta yang dibuat oleh Bakosurtanal.
·      Mencermati proses pemetaan yang dilakukan oleh Bakosurtanal.
3.    Kegiatan Penutup: 10 menit
·      Memberikan kenang-kenangan kepada Bakosurtanal sebagai ucapan terima kasih.
·      Penugasan kelompok, membuat laporan hasil kunjungan Bakosurtanal.

Pertemuan Keenam
1.    Kegiatan Pendahuluan: 15 menit
·      Memberi salam dan mengabsen.
·      Apersepsi materi: tanya jawab mengenai langkah-langkah pembuatan peta.
2.    Kegiatan Inti: 100 menit
·      Siswa mempresentasikan laporan hasil kunjungan Bakosurtanal.
·      Kelompok lain diminta menanggapi.
·      Setiap kelompok diberi waktu 20 menit untuk presentasi.
·      Setiap kelompok membuat kesimpulan masing-masing.
3.    Kegiatan Penutup: 20 menit
·      Guru memberikan penegasan terhadap hasil diskusi kelompok.
·      Bersama-sama menarik kesimpulan materi.

Pertemuan Ketujuh
1.    Kegiatan Pendahuluan: 10 menit
·      Memberi salam dan mengabsen.
·      Apersepsi materi: guru memberikan pengarahan cara menggunakan alat-alat yang dipakai dalam pembuatan peta.
2.    Kegiatan Inti: 115 menit
·      Guru membagi kelas menjadi empat kelompok.
·      Secara berkelompok, siswa mempraktekkan langkah-langkah pembuatan peta wilayah sekolah dengan menggunakan alat bantu pemetaan.
3.    Kegiatan Penutup: 10 menit
·      Guru memeriksa hasil pengukuran wilayah sekolah yang dilakukan oleh siswa.
·      Penugasan kelompok membuat laporan hasil pengukuran di lapangan dan memetakannya pada kertas kalkir. Tugas ini dipresentasikan pada pertemuan berikutnya.

Pertemuan Kedelapan
1.    Kegiatan Pendahuluan: 15 menit
·      Memberi salam dan mengabsen.
·      Apersepsi materi: guru menanyakan kembali tentang langkah-langkah pembuatan peta.
2.    Kegiatan Inti: 100 menit
·      Setiap kelompok mempresentasikan laporan hasil pengukuran di lapangan dan menayangkan peta hasil pengukuran masing-masing.
·      Setiap kelompok diberi waktu 10 menit untuk presentasi. Kelompok lain diminta menanggapi.
3.    Kegiatan Penutup: 20 menit
·      Guru memberikan penegasan terhadap hasil diskusi kelompok.
·      Bersama-sama menarik kesimpulan materi.

E.     Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
-          Buku sumber Geografi SMA XII IPS – ESIS
-          Buku-buku penunjang yang relevan
-          Bakosurtanal
-          Peta, Atlas, dan Globe
-          Teodolit, kompas, kalkir
-          OHP atau Slide Proyektor
-          Tape recorder
-          Internet

F.     Penilaian
Ø  Teknik                         : Unjuk kerja
Ø  Bentuk tagihan            : Laporan Wawancara
Ø  Topik                           : Wawancarailah pegawai Bakosurtanal mengenai proses pembuatan peta!

Rubrik Penilaian Laporan Wawancara
Aspek yang dinilai
Nilai
kualitatif
Nilai
kuantitatif
Deskripsi
 (Alasan)
Kemampuan menyiapkan daftar pertanyaan




Pertanyaan tepat sasaran dan tidak berputar-putar




Pengembangan pertanyaan saat wawancara




Penggunaan bahasa yang baik dan benar saat wawancara




Pencatatan hasil wawancara yang lengkap dan jelas




Menuliskan hasil wawancara secara ringkas dan padat




Nilai rata-rata




Komentar


Kriteria Penilaian:
Nilai kualitatif
Nilai kuantitatif
Memuaskan
4
> 80
Baik
3
68 - 79
Cukup
2
56 - 67
Kurang
1
< 55


Ø  Teknik                         : Tugas Kelompok
Ø  Bentuk Tagihan           : Laporan Kunjungan ke Bakosurtanal
Ø  Tema                           : Langkah-langkah pemetaan

Rubrik Penilaian Laporan*)
Aspek yang dinilai
Nilai
kualitatif
Nilai
kuantitatif
Deskripsi
(Alasan)
Pengantar menunjukkan isi




Pengantar disajikan dengan bahasa yang baik




Isi menjelaskan langkah-langkah pembuatan peta




Isi menunjukkan data-data berupa gambar, foto, hasil wawancara, dan sebagainya sebagai bukti penjelasan tentang langkah-langkah pembuatan peta




Isi disajikan dengan bahasa yang baik




Penutup memberi kesimpulan akhir terhadap materi




Penutup disajikan dengan bahasa yang baik




Nilai rata-rata




Komentar

* Berilah penilaian sesuai dengan keterangan nilai di bawah rubrik penilaian wawancara!
Ø  Teknik             : Unjuk Kerja
Ø  Tagihan           : Presentasi Laporan Kunjungan Bakosurtanal

Rubrik Penilaian Presentasi
Aspek yang dinilai
Nilai
kualitatif
Nilai
kuantitatif
Deskripsi
(Alasan)
Kemampuan mengidentifikasi masalah




Kemampuan merumuskan masalah




Kemampuan menganalisis masalah




Kemampuan memecahkan masalah




Kemampuan mengemukakan pendapat dan menghargai pendapat orang lain




Kemampuan penggunaan bahasa yang baik dalam presentasi




Kerja sama dalam kelompok




Nilai rata-rata




Komentar

* Berilah penilaian sesuai dengan keterangan nilai di bawah rubrik penilaian laporan!


Ø  Teknik                         : Tugas Kelompok
Ø  Bentuk Tagihan           : Laporan Hasil Pemetaan Wilayah Sekolah
Ø  Tema                           : Langkah-langkah pemetaan

Rubrik Penilaian Laporan*)
Aspek yang dinilai
Nilai
kualitatif
Nilai
kuantitatif
Deskripsi
(Alasan)
Pengantar menunjukkan isi




Pengantar disajikan dengan bahasa yang baik




Isi menjelaskan langkah-langkah pembuatan peta




Isi menunjukkan data-data hasil pengukuran di lapangan




Isi menunjukkan cara menggunakan alat-alat pemetaan




Isi disajikan dengan bahasa yang baik




Penutup memberi kesimpulan akhir terhadap materi




Penutup disajikan dengan bahasa yang baik




Nilai rata-rata




Komentar

* Berilah penilaian sesuai dengan keterangan nilai di bawah rubrik penilaian wawancara!




Ø  Teknik             : Unjuk Kerja
Ø  Tagihan           : Presentasi Laporan Hasil Pemetaan Wilayah Sekolah

Rubrik Penilaian Presentasi*)
Aspek yang dinilai
Nilai
kualitatif
Nilai
kuantitatif
Deskripsi
(Alasan)
Kemampuan mengidentifikasi masalah




Kemampuan merumuskan masalah




Kemampuan menganalisis masalah




Kemampuan memecahkan masalah




Kemampuan mengemukakan pendapat dan menghargai pendapat orang lain




Kemampuan penggunaan bahasa yang baik dalam presentasi




Partisipasi dalam presentasi




Kerja sama dalam kelompok




Nilai rata-rata




Komentar

*Berilah penilaian sesuai dengan keterangan nilai di bawah rubrik penilaian wawancara!


Ø  Penilaian Produk: membuat Peta Wilayah Sekolah

Rubrik Penilaian Produk*)
Aspek yang dinilai
Nilai
kualitatif
Nilai
kuantitatif
Deskripsi
 (Alasan)
Kelengkapan komponen peta




Kerapihan dan kejelasan isi peta




Pemakaian warna yang sesuai




Kebersihan dan kerapihan peta




Nilai rata-rata




Komentar

* Berilah penilaian sesuai dengan keterangan nilai di bawah rubrik penilaian wawancara!

Mengetahui,                                                                …………., ……………………..
Kepala Sekolah/Yayasan ……………..                     Guru Geografi



____________________________                            _________________________
NIP.                                                                            NIP.

No comments: