05 April 2011

Geografi SMA XI RPP2




GEOGRAFI XI RPP 2
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan                  : ...............................................................................
Mata Pelajaran                        : Geografi
Kelas/Semester                        : XI (sebelas)/1 (satu)
Standar Kompetensi               : 1. Menganalisis fenomena biosfer dan antroposfer
Kompetensi Dasar                   : 1.1. Menjelaskan pengertian fenomena biosfer
Indikator                                 : - Mengidentifikasi faktor-faktor yang berpengaruh terhadap keberadaan flora dan fauna
Alokasi Waktu                        : 1 x 45 menit

A.    Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu
-          Mengidentifikasikan faktor-faktor yang berpengaruh terhadap keberadaan flora dan fauna

B.     Materi Pembelajaran
Faktor-faktor yang berpengaruh terhadap keberadaan flora dan fauna
-          Faktor lingkungan
-          Faktor sejarah geologi

C.    Metode Pembelajaran
Diskusi, tanya jawab, penugasan

D.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Kedua
1.      Kegiatan Pendahuluan: 5 menit
·         Memberi salam dan mengabsen
·        Siswa mengumpulkan karangan tentang pengertian biosfer dari situs internet dan makalah kelompok, kemudian guru memilih dua makalah terbaik untuk dipresentasikan oleh masing-masing kelompok.
·         Apersepsi materi
2.      Kegiatan Inti: 30 menit
·      Siswa mempresentasikan makalah kelompok mengenai faktor-faktor yang berpengaruh terhadap keberadaan flora dan fauna.Kelompok lain diminta menanggapi.
·      Siswa mendiskusikan mengenai faktor-faktor yang berpengaruh terhadap keberadaan flora dan fauna.
·       Bersama-sama membuat kesimpulan hasil diskusi.
3.      Kegiatan Penutup: 10 menit
·         Siswa bertanya mengenai materi yang kurang dimengerti.
·         Penugasan: siswa secara kelompok mengumpulkan CD mengenai flora dan fauna di muka bumi. CD tersebut akan ditonton pada pertemuan berikutnya

E.     Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
-          Buku sumber Geografi SMA – ESIS
-          Buku-buku penunjang yang relevan

-          OHP / Slide Proyektor
-          Internet


F.     Penilaian
Jenis tagihan                :Unjuk kerja
Bentuk tagihan            :Diskusi
Bahan diskusi              :Diskusikanlah faktor-faktor yang berpengaruh terhadap keberadaan flora dan fauna!


Rubrik Penilaian Makalah
Aspek yang dinilai
Nilai
kualitatif
Nilai
kuantitatif
Deskripsi
(Alasan)
Pengantar menunjukkan isi




Pengantar disajikan dengan bahasa yang baik




Isi menunjukkan penjelasan dari masalah yang dibahas




Isi disajikan dengan bahasa yang baik




Penutup memberi kesimpulan akhir terhadap materi




Penutup disajikan dengan bahasa yang baik




Nilai rata-rata




Komentar















Rubrik Penilaian Diskusi Kelompok
Hari/Tanggal               : ……………………………………………………..
Topik diskusi/debat     : ……………………………………………………..
Nama Siswa                : .................................................................................

Aspek yang dinilai
Nilai
kualitatif
Nilai
kuantitatif
Deskripsi
(Alasan)
Kemampuan mengidentifikasi masalah




Kemampuan merumuskan masalah




Kemampuan menganalisis masalah




Kemampuan memecahkan masalah




Kerja sama dalam kelompok




Partisipasi dalam diskusi




Kemampuan mengemukakan pendapat dan menghargai pendapat orang lain




Kemampuan penggunaan bahasa yang baik dalam diskusi




Nilai rata-rata




Komentar


Kriteria Penilaian:
Nilai kualitatif
Nilai kuantitatif
Memuaskan
4
> 80
Baik
3
68 - 79
Cukup
2
56 - 67
Kurang
1
< 55


Mengetahui,                                                                …………., ……………………..
Kepala Sekolah/Yayasan ……………..                     Guru Geografi




____________________________                            _________________________
NIP.                                                                            NIP.

No comments: